by Form Us With Love

5 Tip Praktis untuk Membuat Rumah Lebih Menyenangkan!

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Rumah, adalah tempat di mana kita ingin kembali setiap hari, atau pintu keluar dari segala masalah. Baik berbentuk apartemen, vila, atau bahkan sewaan sekali pun, rumah akan membuat kita merasa nyaman, terlindungi, aman, dan menenangkan. Tapi kadang-kadang kekacauan datang menyusup, dan di saat kita menyadarinya, kita sudah memiliki lebih banyak pekerjaan daripada semestinya. 

Tapi tenang, ada trik-trik kecil yang dapat membantu rumah menjadi lebih bersih, lebih leluasa, dan lebih menyenangkan. Dan hari ini, kami telah memilih lima tip praktis untuk membuat kehidupan sehari-hari Anda di rumah, menjadi lebih mudah dan lebih menyenangkan. 

Mari kita simak satu per satu, lalu praktekkan. Beri tahu kami bagaimana hasilnya nanti.

1. Jangan Biarkan Kotoran Jalan Masuk ke dalam Rumah

industrial Corridor, hallway & stairs by Loaf
Loaf

Mish-Mesh storage

Loaf

Yup. Kotoran dari jalanan, harus tetap tinggal di luar sana. Hindari masuk ke dalam rumah dengan sepatu yang Anda kenakan di jalan. Ingat, sepatu Anda telah menginjak berbagai jenis kotoran dan sampah di luar sana – hal-hal yang tentu tidak ingin kita bawa masuk ke dalam rumah kita. Apalagi jika di rumah ada anak-anak yang suka merangkak dan berguling di lantai. Big no!

Untuk membuatnya menjadi lebih mudah, Anda dapat menempatkan rak sepatu di pintu masuk Anda, dan menggunakan sandal khusus rumah. Begitu juga jaket yang biasa Anda gunakan di luar rumah, tidak seharusnya Anda tempatkan di dalam lemari pakaian Anda. Akan lebih baik jika Anda memiliki tempat untuk menggantung jaket, mantel, dan lain sebagainya, di area pintu masuk. 

Ps. Tentu tamu-tamu akan datang dengan sepatu mereka. Tapi, usahakanlah untuk menerapkan hal-hal ini, dan ajarkan keluarga Anda untuk melakukan hal yang sama.

2. Jaga Kebersihan dan Kerapian Dapur

 Dapur by in-toto Amersham
in-toto Amersham

in-toto Amersham

in-toto Amersham

Salah satu tempat di rumah yang seringkali kacau adalah: dapur dan tempat penyimpanan barang. Betul, tidak?

Tas, paket, kotak, guci, pasta, beras, tepung, kentang, stoples, saus, kaleng, banyak sekali barang-barang yang biasanya kita tempatkan dan simpan di area dapur, dengan berbagai ukuran dan bentuk yang beragam. Dan sering juga terjadi tiba-tiba barang-barang kita berlimpah, dan kita tidak dapat melihat produk mana yang sudah lama dan harus dikonsumsi secepatnya.  So, aturlah dapur Anda sesering mungkin, dan jangan pernah biarkan kekacauan menetap di sana! 

Lepaskan kemasan asli, dan tempatkan produk-produk kering dalam kotak kedap udara. Dan jika itu adalah produk yang harus dikonsumsi lebih cepat, maka pastikan Anda tandai, bisa dengan label atau tulisan di produk tersebut. Anda juga dapat mengatur barang-barang sesuai kategori, dan ketika Anda membeli produk yang baru, maka letakkan produk yang lama lebih maju ke depan, untuk dikonsumsi terlebih dulu. 

Sebagai rekomendasi, Anda dapat menggunakan tempat penyimpanan barang seperti di atas, yang dibuat oleh In-Toto Amersham, dan mulai bekerja!

3. Jangan Biarkan Pakaian Mengacaukan Segalanya!

 Koridor dan lorong by Clean Design
Clean Design

Laundry Room

Clean Design

Ketika kita hidup sendiri, maka mudah untuk menjaga pakaian berada di bawah kendali kita. Cuci per minggu, hanya butuh beberapa menit untuk melipat, dan selesai. Tapi ketika sudah ada bayi dan anak-anak, maka gambaran kedamaian itu akan berubah secara dramatis, dan pekerjaan bertambah berkali-kali lipat. Saran kami sederhana: jangan biarkan pakaian mengacaukan segalanya. 

Yang ideal, kita memiliki mesin cuci dan juga pengering portabel yang dapat diletakkan di mana pun Anda mau – barang-barang ini sangat dibutuhkan, terutama di musim hujan, di mana kita tidak dapat mengeringkan pakaian di luar rumah. Tapi paling tidak, belilah keranjang cucian besar, agar pakaian kotor tidak tergeletak di mana-mana.

Dan, jangan lupa untuk menyediakan tempat yang tepat agar deterjen aman dari jangkauan anak-anak. Biasanya anak-anak suka penasaran, dan kekacauan pun segera terjadi. Anda tahu ini.

4. Cari Wadah untuk Pernak-Pernik

Ini, masalah klasik di semua rumah: laci yang berantakan!  

Adalah normal untuk mengumpulkan sampah seperti klip, tali, sekrup, stiker yang kita kumpulkan sejak jaman baheula dan lain-lain, tapi, hindarilah akumulasi dari bertumpuknya barang-barang seperti ini. 

Ya. Semakin banyak printilan yang Anda kumpulkan di rumah, maka akan semakin sulit untuk menjaga ruangan tetap terorganisir, teratur. Carilah wadah-wadah simple untuk meletakkan barang-barang itu. Sebuah laci atau kotak sudah cukup untuk mengakhiri kekacauan seperti ini. Tapi, banyak juga solusi unik dan menarik lainnya, seperti pada gambar di atas. Selain berguna, tampilannya juga menyenangkan!

5. Jaga Suhu Ruangan Anda

 Walls & flooring by Form Us With Love
Form Us With Love

Mr perswall – Temperature Wallpaper Collection

Form Us With Love

Mempertahankan suhu yang stabil di dalam rumah, mungkin memerlukan bukan hanya satu, tapi serangkaian langkah-langkah, dan juga mungkin melibatkan beberapa pembelian, atau investasi. 

Cobalah untuk menjaga kenyamanan suhu ruangan antara 18ºC sampai 22ºC di musim panas, dan 25ºC di musim dingin. Anda juga dapat mengontrol suhu melalui termometer atau termo-hygrometer, atau wallpaper seperti di atas. Ya. kertas wallpaper termosensitif di atas, dapat berubah warna sesuai dengan kondisi suhu lingkungan, yang akan membuat kita aware terhadap kondisi ruangan.

Sudahkah Anda memiliki barang-barang di atas untuk melengkapi kehidupan sehari-hari Anda di rumah?

Sebutkan tip andalan Anda dalam mendekorasi rumah di kolom komentar?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!