Ruang Makan by 공상플래닛

Rumah Korea yang Kecil Namun Multifungsi

Homify.co.id Homify.co.id

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Korea Selatan saat ini telah menjelma menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki banyak sekali desain rumah yang mengagumkan dan seringkali mencuri perhatian. Salah satunya adalah rumah di Seoul, yang memiliki lanskap menarik untuk disimak bersama-sama. Fitur utama yang membedakan rumah ini dengan rumah lainnya adalah dekatnya rumah tersebut dengan pusat kota dan juga bagian interior rumah yang serba multi-fungsi.

Rumah multifungsi yang digunakan oleh banyak keluarga ini menggunakan bata merah sebagai material untuk dindingnya. Dengan begini, lengkap sudah semua keunggulan dari rumah di tengah kota yang menyatu dengan gedung-gedung perkantoran di Korea Selatan tersebut. Penasaran bagaimana bagian dalam dari rumah hasil karya Gongsang Planet ini? Yuk simak selengkapnya bersama homify!

1. Tampilan bangunan dengan batu bata dan bahan baru yang tahan lama

Pertama, kita akan langsung melihat bagaimana desain rumah ini dari kejauhan, sebelum nantinya masuk ke dalam dan memeriksa tiap bagian interior. Rumah ini berada di sebuah perumahan yang kebetulan merupakan rumah singgah untuk para tamu. Masing-masing bagian rumah begitu besar, hingga mencapai 14,8 meter persegi! Tampak pula dari luar, jika rumah ini memiliki dua lantai, yang cukup untuk ditempati beberapa generasi keluarga.

Selain itu, eksterior rumah ini berfokus pada tampilan bangunan yang memperlihatkan bangunan ekpspos dengan tema industrial. Namun jangan salah, walaupun begitu, dinding bata merah ini cukup tebal. Sehingga, dapat menghalau udara dingin yang segera menyergap ruangan. Dengan begitu, warna putih tidak akan tersia-siakan dan dapat menunjukkan keindahan rumah dengan lebih sempurna!

2. Desain teras rumah dihiasi dengan suasana eksotis

Pada rumah tradisional Korea, tangga di teras menuju ke lantai dua merupakan hal yang sudah biasa dilakukan. Akan tetapi, ada yang tidak biasa dengan rumah yang satu ini! Teras dibuat dengan lebih eksotis berkat adanya pintu masuk berwarna halus yang dilengkapi dua pilar putih yang menciptakan suasana berbeda di depan rumah. Paduan pintu masuk ini dengan bata merah ternyata juga menciptakan efek visual yang cukup menakjubkan. Dengan begini, kesan eye-catching langsung terpancar ketika tamu akan berkunjung ke rumah. Jangan lupakan pula jendela ambang yang terlihat di teras. Tak dipungkiri lagi, elemen eksotis dapat tercipta dari paduan desain yang sederhana sekali pun.

3. Tangga menawan layaknya sihir dari masa lalu

Ketika Anda masuk ke dalam rumah dan menuruni tangga, langsung terlihat rak besar yang digunakan untuk menyimpan buku-buku pelajaran dan juga pernak-pernik lucu milik salah satu anggota keluarga. Awalnya, bagian ini dibiarkan kosong begitu saja. Namun kini, ruang ini tak ubahnya seperti sarang kecil yang sangat nyaman untuk digunakan.

Pada bagian dinding, Anda tetap dapat melihat bata merah yang dibiarkan terekspos. Sementara di tengah ruangan, lampu gantung besar membuat ruangan tampak lebih hidup dan membuat bagian dalam rumah lebih bercahaya! Penerangan ini jga memudahkan pemilik untuk membaca dengan lebih nyaman di ruangan perpustakaan kecil di bawah tangga.

4. Lantai satu yang terlihat bebas dan lapang sekali!

Kita menuju ke lantai satu, di mana pada bagian dalamnya terdapat beberapa ruangan seperti ruang keluarga, dapur, dan juga ruang makan. Akan tetapi, ada yang berbeda pada bagian ruangan ini, karena terdapat penempatan menggunakan geotinde yang biasanya digunakan untuk menciptakan lapisan yang membuat sebuah ruangan terlihat lebih luas dan juga efisien dalam kehidupan sehari-hari. 

Secara keseluruhan, interior ruangan menggunakan pencahayaan yang jelas dan terang dengan warna dinding yang tidak mencolok. Pada gambar berikut ini, Anda juga dapat melihat sebuat meja berukuran tidak terlampau besar ditempatkan sebagai meja makan yang dapat digunakan oleh pemilik dan keluarganya Dengan begitu, desain interior tidak hanya mementingkan keindahan, tetapi juga kenyamanan efisiensi penggunaannya sehari-hari

5. Sudut baca dengan desain sangat nyaman

Saat ini, kita tentunya harus cerdas menyiasati lahan yang sempit di dalam rumah. Terutama jika rumah Anda juga tidak terlalu besar, tentunya diperlukan sebuah cara untuk memanfaatkan tiap sudut yang ada. Untuk itu, desainer interior membuat rak buku built-in yang ditempatkan di sudut ruangan, yang dilengkapi pula dengan sofa nyaman di depannya. Dengan begitu, pemilik atau juga keluarga dan temannya dapat menyelinap sesekali ke sudut ini untuk sekedar membaca dengan suasana yang nyaman setiap saat.

Jadi, apakah menurut Anda ide perpustakaan ini menarik? Jika jawabannya adalah IYA, maka Anda juga perlu membaca artikel berikut ini!

6. Dinding interior yang menciptakan suasana ala galeri seni

Bagaimana jika Anda ingin mendekorasi rumah dengan nuansa yang lebih halus dan elegan layaknya galeri seni? Jangan khawatir, karena hal tersebut sangat memungkinkan! Pada rumah ini, desainer berhasil membangun tembok temporer yang berfungsi pula sebagai sekat antara ruang tamu, ruang makan, dan juga perpustakaan kecil di sudut ruangan. Dengan begini, pemilik dapat memisahkan ruangan yang berbeda tanpa perlu membangun dindin tebal yang membuat rumah terlihat seni.

Dinding tersebut juga dapat digunakan sebagai tempat memajang lukisan yang dapat diganti setiap beberapa tahun sekali. Tidak tanggung-tanggung, pencahayaan juga dilakukan dengan lebih maksimal agar terlihat benar-benar seperti pameran seni. Tertarik mencobanya?

7. Beberapa jendela yang dapat menangkap keindahan pedesaan dari balik kamar

Lanjut ke ruang selanjutnya, yang sejatinya merupakan kamar tidur untuk tamu yang berpasangan. Ruangan ini dibuat sangat pribadi dengan menempatkan cahaya remang untuk menciptakan suasana yang lebih rileks di lantai dua. Selain itu, lantai dua juga sudah dilengkapi dengan kamar tidur, perpustakaan, kamar mandi, ruang ganti, dan juga ruang cuci. Jendela yang langsung menghadap ke kota juga terlihat begitu menarik, karena menampilkan gedung-gedung tinggi yang berpadu indah dengan pepohonan rindang di sekitar rumah. Wow!

8. Ide interior untuk kamar anak yang lebih mandiri

Nah, saatnya beralih ke kamar anak yang didesain layaknya ruang angkasa bagi remaja. Maka dari itu, ruangan disesuaikan dengan kebutuhan sang anak yang telah beranjak dewasa. Di dalamnya terdapat 2 bagian ruangan, yang pertama merupakan ruangan kedap udara yang disesuaikan dengan gaya hidup anak sang pemilik yang merupakan guru vokal, dan yang kedua adalah ruang yang dilengkapi ruang tamu, dapur dan juga tempat tidur. Dengan begini, anak pun dapat lebih mandiri dan dapat lebih terjaga privasinya untuk berlatih menyanyi dan nongkrong bersama temannya.

9. Desain sederhana dan rapi untuk kamar anak lainnya

Tidak seperti kamar anak lainnya yang pengap dan gelap, kamar tidur anak lainnya pada rumah ini dibuat lebih terang dengan desain yang menarik perhatian. Hal ini dapat tercapai berkat adanya dinding putih dang pencahayaan yang halus di atas kamar. Dinding kamar pun didesain dengan sangat sederhana tanpa adanya dekorasi yang terlampau banyak. Selain itu, kamar ini juga dilengkapi pula dengan kloset built-in yang dapat digunakan untuk menyimpan pakaian. Pada bagian samping tempat tidur juga terdapat lampur tidur dengan pencahayaan tidak langsung yang menenangkan. Sempurna!

10. Manfaatkan lahan yang terbatas dengan menggunakan pintu geser

Ruang cuci di lantai dua yang dekat dengan kamar membuat tamu dapat lebih nyaman untuk tinggal lebih lama. Dengan memanfaatkan ruangan kecil di sudut yang dilengkapi pintu geser, ruang cuci ini tersembunyi dengan baik di antara kamar. Pada langit-langitnya, dipasangkan lampu terang yang membuat pemilik dan keluarganya dapat dengan mudah mencuci. Namun, jangan lupakan pula dinding bata putih yang dibentuk sedemikian rupa. Dengan begitu, suasana mencuci pun menjadi tidak biasa. Apalagi, mesin cuci dan pengering otomatis sudah disediakan di sana. Tinggal cuci saja, deh!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!