Ruang Keluarga by Pixers

11 Tip Menjaga Kebersihan yang Sederhana dan Mudah Dilakukan

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Apakah Anda suka membersihkan rumah? 

Pekerjaan membersihkan rumah, memang terlihat sangat sederhana jika Anda tidak masuk dan terlibat langsung di dalamnya. Dan untuk membuat sebuah rumah selalu bersih, rapi dan teratur, sejatinya akan menghabiskan banyak waktu, dan perlu dilakukan secara terus-menerus. 

Meskipun tidak sedikit orang yang teliti dalam membersihkan rumah, tapi kegiatan bersih-bersih yang konstan atau terus-menerus, adalah hal yang melelahkan. Karena itulah di sini kami telah membuat sebuah panduan untuk menjaga kebersihan, yang sangat berguna untuk membuat hidup Anda menjadi lebih mudah lagi. 

Silahkan disimak dan langsung dipraktekkan.

1. Selalu Sediakan Perlengkapan Kebersihan Rumah

Penting untuk memiliki alat-alat yang Anda butuhkan untuk menjaga kebersihan lingkungan Anda. Tentu saja Anda tidak perlu menyimpan alat-alat kebersihan itu di setiap ruangan, cukup letakkan barang-barang seperti pembersih debu, perlengkapan kebersihan kamar mandi dan pembersih tangan dapur, di ruang keluarga.

2. Jangan Tunda-tunda Pekerjaan Anda

Anda tahu bahwa mencuci piring – atau menggunakan mesin pencuci piring – hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit. Jadi, mengapa Anda masih tetap saja menumpuk semuanya di bak cuci Anda, yang malah bisa menimbulkan bau tak sedap? Apalagi jika ada sisa makanan di piring yang kemudian mengering, dan menjadi lebih sulit untuk dicuci. Jangan biarkan pekerjaan Anda menumpuk, dan menjadi lebih banyak di keesokan hari.

3. Mulailah dengan Mencuci Pakaian

  by Creazione Interiors
Creazione Interiors

Washing area in Living Room

Creazione Interiors

Saat Anda mulai membersihkan rumah, awalilah dengan memasukkan pakaian ke mesin cuci, sebelum melakukan hal yang lain. Jadi saat pekerjaan lain itu sudah selesai, pakaian Anda juga sudah selesai dibersihkan.

4. Hindari Penumpukan

 Dapur by ELIX
ELIX

Cocina promoción ELIX Aragó, 35

ELIX

Jika Anda termasuk orang yang suka menumpuk barang, maka pekerjaan bersih-bersih Anda, akan menjadi lebih sulit. Karena hal ini, hanya akan membuat segala sesuatunya menjadi lebih berantakan. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan suatu hari guna memberesi tumpukan-tumpukan itu, dan jangan lakukan hal yang lainnya di hari itu. Anda bisa memberikan barang-barang yang sudah tidak Anda gunakan, sukai atau butuhkan lagi ke orang lain, dan hasilnya, rumah Anda akan terasa ringan.

5. Bersihkan Semua Layar

 Study/office by swinging monkey designs
swinging monkey designs

Industrial office Desk

swinging monkey designs

Hal ini sederhana, namun seringkali dilupakan. Ya. Layar komputer, tablet dan ponsel kita seringkali terlihat berminyak dan berdebu, dan oleh karena itu, perlu untuk membersihkannya secara teratur. Minimal, seminggu sekali.

6. Jaga Kebersihan Area Dapur dan Makan

 Dapur by Blankstone
Blankstone

Kensal Rise House

Blankstone

Sangat mudah untuk memiliki kantong plastik, sehingga Anda bisa memasukkan semua sampah setelah Anda gunakan di dapur. Dan jika Anda ingin lebih teratur dan well-organized, belilah banyak-banyak kantong plastik sampah itu, sehingga Anda bisa dengan cepat juga memasukkannya ke tempat sampah di depan rumah, untuk kemudian dibawa pergi oleh petugas kebersihan.

7. Ganti Treadmill Anda

Yup. Anda harus lebih mengembangkan kebiasaan mengangkat dan merenggangkan tubuh Anda untuk membersihkan seprai Anda. Jadi saat pulang ke rumah dalam kondisi lelah di malam hari, Anda akan menemukan kamar tidur yang bersih, rapi, dan nyaman.

8. Selalu Kosongkan Mesin Pencuci Piring Anda

 Dapur by homify

Jangan malas atau bahkan berpikir bahwa mesin pencuci piring adalah ruang atau tempat penyimpanan barang yang baru. Ingat, saat Anda menumpuk segala sesuatunya di sana dalam waktu yang lama, Anda malah bisa membuatnya menjadi kotor.

9. Beli Seprai Putih

Saran ini agak curang memang, tapi seperti yang kita tahu, noda akan cepat terlihat di kain yang putih. Dan dengan begini, maka Anda tidak akan bermalas-malasan untuk mencuci seprai Anda. Betul kan? Hehehe…

10. Jangan Pernah Meninggalkan Ruangan dengan Tangan Kosong

 Ruang Keluarga by Pixers
Pixers

Power of Nature

Pixers

Ini adalah saran yang bagus untuk membuat Anda memiliki kebiasaan baru yang positif. Sebelum meninggalkan ruangan, lakukan quick scan untuk melihat apakah ada sesuatu yang perlu dikeluarkan seperti piring kotor, koran-koran lama atau sampah-sampah. Jadi saat Anda keluar dari ruangan, di saat itu pula Anda sudah membersihkannya.

11. Kenakan Sandal di Rumah

 Bathroom by King of Cotton
King of Cotton

LUXURY WAFFLE WEAVE SLIPPERS

King of Cotton

Banyak tempat, terutama karpet, yang dipenuhi oleh bakteri, atau saat Anda bersentuhan dengan lantai yang basah, maka Anda akan membuat noda di sekitarnya – hal-hal yang membuat Anda harus melindungi kaki Anda sendiri. Sandal memiliki banyak keuntungan, antara lain membuat kaki terasa lebih hangat dan juga lebih higienis.

Apakah Anda mempunyai saran lain yang bisa ditambahkan?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!