Rumah by Planungsgruppe Korb GmbH Architekten & Ingenieure

Hunian Modern di Balik Fasad Unik

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah yang dapat menyesuaikan diri dengan sekitarnya adalah sebuah daya tarik tersendiri. Alam yang tenang, udara sejuk, dan hijaunya dedaunan meliputi rumah ini. Para penghuninya pun akan berbahagia sepanjang masa. Di Meiningen, arsitek homify Planungsgruppe Korb GmbH telah merancang sebuah rumah yang mampu bersinergi dengan lingkungan sekitar namun nyaman berkat penggunaan material modern. 

1. Eksterior

Dilihat dari depan, rumah ini tampak serasi dengan sekelilingnya. Rumah ini dibangun di belakang sebatang pohon dan dihiasi dedaunan menghijau. Ada hamparan rumput di sekitar pintu masuk, sehingga transisi antara bagian dalam dan luar terasa meski samar. Satu sisi atap pelana memanjang nyaris menyentuh tanah, tepat di atas area parkir bernuansa alami. Area masuk rumah dan garasi tidak dikeraskan dengan semen, namun ditutup hamparan batu kerikil. Atap abu-abu adalah kontras yang elegan di atas dinding putih. Komposisi warna yang sederhana ini jadi menonjol dengan adanya lis kayu berfurnish cerah.  

Berencana membangun garasi? Baca dulu: 

10 Kesalahan Saat Membangun Garasi 

2. Pergola di halaman belakang

Fasad belakang juga dicat putih polos. Dari sisi ini terlihat bahwa rumah terdiri dari dua lantai. Padahal dari sisi depan, rumah ini terlihat hanya memiliki satu lantai. Bagaimana mungkin? Rumah ini dibangun di sebuah lereng perbukitan, di mana permukaan tanah tidak rata. Area masuk rumah telah dirancang agar berada di lantai atas, sedikit berbeda dengan rumah pada umumnya. Sebuah pergola melindungi semua jendela yang menghadap ke halaman belakang. Pergola ini dibangun sebagai tempat tanaman merambat, yang nantinya bisa berfungsi sebagai tirai alami.  

3. Ruangan tanpa sekat plus perapian

Dinding bagian dalam rumah seluruhnya berlapis kayu. Balok beton dalam contoh ini sejatinya adalah meja tengah dapur yang terbuat dari beton. Ditempatkan persis di dekat dinding putih tanpa pelapis meja dapur atau elemen lainnya. Polos dan sederhana, seperti lingkungan sekitar yang apa adanya. Elemen beton digunakan untuk membedakan antara area ruang keluarga dengan dapur. Meja beton ini terintegrasi dengan perapian modern, lengkap dengan pipa hitam yang berfungsi sebagai cerobong asap sekaligus hiasan. Bersantai di kursi berlengan hitam dekat perapian lis hitam sambil memandangi lukisan hitam, sempurna untuk menemani malam yang hitam. 

4. Keindahan di balik jendela

Dari sudut ini kita bisa melihat area terbuka ruang keluarga, juga pemandangan indah di luar jendela. Dinding dan plafon ruangan dilapisi panel kayu berwarna natural yang cerah. Tampak kontras dengan lantai beton abu-abu, membuat interior tampak modern dan menyenangkan. 

Ingin melihat contoh rumah dengan dinding dan panel kayu semacam ini? Bacalah: 

Sebuah Rumah Kayu Dengan Dua Wajah 

5. Paduan cerdas bahan natural dan modern

Lantai beton menutup seluruh ruangan di rumah ini. Demikian juga panel kayu di dinding, kecuali area dapur. Transisi antar ruangan tampak kaya dengan suasana modern dan kontemporer. Sebuah paduan yang kita butuhkan untuk hidup tentram selama usia.  

Baca juga: 

Ide Cerdas Membagi Ruangan di Rumah Sempit 

Tertarikkah Anda memiliki lantai beton di rumah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!