Ruang Keluarga by Viviana Pitrolo architetto

8 Trik Agar Ruangan Tampak Lebih Luas

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Bagaimana cara membuat ruangan sempit terlihat lebih luas? Jika memperbesar ruangan tidak mungkin dilakukan, kita bisa mencoba trik berikut ini. Ingatlah bahwa dengan trik visual kita bisa menciptakan kesan apapun sesuai kebutuhan. 

1. Relung strategis

Selain warna cerah sebagai palet atau warna dasar, ceruk-ceruk di dinding juga membuat ruang keluarga ini tampil menawan. Ceruk-ceruk ini memang berfungsi sebagai rak untuk hiasan dan buku, namun bentuknya istimewa. Lebih menarik dari rak modular biasa meski memiliki fungsi yang sama. Mungkin Anda penasaran, terbuat dari apakah ceruk-ceruk ini? Bisa dibuat dari susunan batu bata plus adukan semen, bisa juga rak kayu yang dibuat secara kustom. Yang jelas, agak sulit menemukan rak semacam ini di toko. 

2. Dinding batu

Sedikit sentuhan akhir di dinding juga bisa membuat ruangan sempit terlihat luas. Agar ruangan tidak terasa hampa ditambahkan aksen dinding batu di ruangan ini. Anda pun bisa memilikinya, tentu bukan dengan meruntuhkan dinding ruangan dan membuat dinding batu yang baru. Cukup tempelkan lempengan batu alam atau keramik bertekstur batu menggunakan semen pada dinding ruangan sempit Anda. 

Baca juga: 

7 Ide Desain Dinding Fantastis

3. Simetris

 Ruang Keluarga by Tarimas de Autor
Tarimas de Autor

TARIMA DE ROBLE STORM – Proyecto Madrid

Tarimas de Autor

Menata furnitur secara simetris menghasilkan efek luar biasa. Semua elemen diletakkan di tengah ruangan dengan pertemuan atap pelana sebagai pusatnya. Keseimbangan antara sisi kanan dan kiri rasanya menentramkan, dilihat juga menyenangkan. 

4. Linear

 Ruang Keluarga by wohnly

Tampak pada penggunaan sofa berkontur lurus yang ditata searah dengan garis jendela. Trik visual ini bisa membuat ruangan tampak lebih luas karena menempatkan benda-benda besar dalam arah yang sama. Interior Nordic khas dengan warna-warna yang tidak gelap, namun juga tidak terlalu menyilaukan, menghasilkan efek lapang. 

Baca juga: 

Cara Jitu Menata Ulang Rumah Tanpa Furnitur Baru 

5. Paralel

Mengintegrasikan dua atau tiga area dalam satu ruangan bisa membuat rumah terasa lebih luas. Jika ingin ruangan tampak lebih luas lagi, silakan gunakan trik visual ini. Beberapa furnitur ditata dalam satu garis yang sama, baik besar atau kecil. Dalam gambar ini ada sofa panjang dan meja hias, serta seperangkat furnitur makan. Semuanya ditata memanjang mengikuti arah sinar matahari yang masuk dari jendela. Rak televisi di depan sofa dibuat secara kustom mengikuti bentuk ruangan, begitu pula rak modular di atasnya. Trik ini cocok untuk ruangan sempit memanjang. 

6. Monokrom

Netralitas warna putih telah teruji sepanjang jaman. Selain cocok disandingkan dengan warna apapun, mendekorasi ruangan yang didominasi warna putih juga bisa membuat ruangan tampak lebih luas. Agar tidak pucat, ditambahkan tanaman hias dan lukisan bercorak gelap. 

7. Asesoris kecil berwarna cerah

Asesoris kecil berwarna menyolok bisa mengubah suasana ruangan yang tadinya biasa-biasa saja. Merah, ungu, dan metalik mampu mengusir kebosanan di dalamnya. Dekorasi yang terinspirasi gaya Arab pada contoh memberikan sentuhan ekletik yang enerjik. 

8. Furnitur warna pastel

Kesan luas dan tidaknya ruangan juga ditentukan oleh warna furnitur. Furnitur warna pastel polos tanpa ornamen menghasilkan efek cerah, namun tidak terlalu menarik perhatian atau menyilaukan mata. Elemen hias lain sebaiknya juga berwarna pastel agar tercipta keserasian. Tak ada satu warna yang mengalahkan warna lainnya, agar rumah nyaman untuk semua. 

Baca juga: 

10 Warna Agar Ruangan Sempit Tampak Luas 

Manakah trik yang akan segera Anda terapkan setelah membaca artikel ini? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!