by Blue Interiors

10 Lemari Fungsional Untuk Dapur Anda

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Tempat penyimpanan itu penting, tapi ada satu tempat di rumah yang paling membutuhkannya. Yaitu, dapur. Bayangkan, berapa jenis bumbu yang dibutuhkan untuk memasak satu resep makanan? Semakin suka kita memasak, semakin banyak pula bahan dan bumbu yang kita butuhkan. Untuk itu, Anda membutuhkan tempat penyimpanan agar semua tersimpan rapi dan terorganisir. Dapur pun tampak lebih bersih dan menggoda untuk 'ditinggali' lebih lama. 

Berikut ini adalah beberapa ide lemari dapur keren dan inovatif karya sejumlah desainer homify. 

1. Rak dinding logam

Rak dinding tidak makan tempat, dan memudahkan jangkauan meraih benda yang dibutuhkan. Rak modular seperti contoh bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Kita bisa menambahkan ruang di sisi-sisinya dengan cara dilas. Selain itu, rak piring dari logam lebih tahan lama dan tak mudah berkarat akibat tetesan air. 

2. Laci peralatan dapur

 Dapur by Rencraft
Rencraft

Classic, yet Contemporary

Rencraft

Peralatan makan untuk acara makan resmi atau pesta sebaiknya tidak disimpan bersama peralatan makan untuk sehari-hari. Laci kayu berpembatas seperti contoh cocok untuk menyimpan peralatan makan untuk pesta sesuai jenisnya. Mungkin sulit ditemukan di pasaran, jadi Anda harus memesannya pada tukang kayu langganan. 

3. Rak di balik lemari

 Dapur by Rencraft
Rencraft

Classic, yet Contemporary

Rencraft

Bukan hanya lemari es yang punya rak di balik pintu, lemari dapur biasa pun bisa. Tentukan pilihan dengan cermat saat Anda membeli furnitur dapur. Selalu utamakan fungsi, bukan penampilan luarnya saja. 

4. Rak buku di bawah meja tengah dapur

modern Living room by Fraher Architects Ltd
Fraher Architects Ltd

Shelving beneath the concrete work surface

Fraher Architects Ltd

Ada meja tengah dapur (kitchen island) di rumah? Tambahkan beberapa lembar plywood di bawahnya untuk membuat rak buku. Di sini kita bisa menyimpan buku-buku resep masakan agar mudah diambil dan dibaca kembali saat kita hendak mencoba resep baru. 

Baca juga: 

8 Desain Meja Dapur Serbaguna dan Fungsional 

5. Rak di kanan-kiri kompor

Pagi hari adalah saat sibuk untuk semua orang di rumah. Memasak pun harus cepat agar sarapan atau bekal makan siang lekas tersedia. Ini sulit dilakukan jika botol kecap, saus, minyak, bumbu cair, dll berada jauh dari jangkauan. Rak dinding di samping kompor bisa memudahkan aktivitas masak. Penyedot asap mutlak dibutuhkan agar botol-botol saus dan bumbu tidak mudah lengket karena asap dari masakan yang mengandung minyak. 

6. Lemari tanpa pintu

Jika tak suka rak piring dari logam, letakkan piring dan gelas sehari-hari di area terbuka di lemari dapur. Contohnya bisa kita lihat dalam gambar ini. Jika lemari terbuat dari kayu, Anda harus mengeringkan piring dan gelas yang telah dicuci sebelum menyimpannya di lemari. 

7. Celah talenan kayu

 Dapur by NAKED Kitchens
NAKED Kitchens

Innovative Kitchen Storage Solutions

NAKED Kitchens

Kita biasanya menyimpan talenan di rak piring dan gelas. Meski ringkas, terkesan kurang rapi dan tumpang tindih. Bagaimana kalau disimpan dalam celah di bawah meja dapur seperti contoh? Pasti lebih praktis dan manis! 

8. Sudut orang tua dan anak

Memasak sambil menggendong anak atau bayi itu berbahaya, karena si kecil berisiko terkena percikan minyak atau air panas. Agar si kecil betah bermain sendiri sementara kita memasak, buat sebuah sudut yang menyenangkan untuknya. Isi dengan mainan kesukaannya, misalnya seperti contoh ini. Rak di atas lemari bisa digunakan untuk menyimpan peralatan memasak yang tidak mudah pecah, seperti lap piring atau peralatan makan plastik. 

9. Rak di atas kulkas

Furnitur dapur modern memungkinkan kita meletakkan kulkas di dalam bufet besar seperti contoh. Bufet semacam ini juga bisa Anda lihat di beberapa artikel homify. Lihat selengkapnya di sini. Rak paling atas bisa dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan dapur yang jarang digunakan, misalnya perangkat cangkir dan cawan untuk minum teh. 

10. Rak mesin cuci

Sering kali kita harus menyelesaikan dua atau lebih pekerjaan rumah tangga dalam satu waktu. Mencuci sambil memasak bisa menghemat waktu, sehingga harus dipikirkan bagaimana cara menggabungkan keduanya dalam satu tempat. Meletakkan mesin cuci di dapur bisa jadi pilihan. Namun mesin cuci harus merupakan mesin cuci jenis front load (bukaan samping) agar bisa diletakkan di bawah meja dapur. 

Baca juga: 

45 Lemari Dapur Praktis yang Bisa Anda Bangun di Rumah 

Manakah lemari dapur yang paling ingin Anda miliki? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!