Dapur by Laura Gompertz Interiors Ltd

Tips Jitu Menyiapkan Rumah dari Serangan Badai!

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Bencana alam bisa saja terjadi, dan tidak ada yang dapat kita lakukan untuk menghentikannya. Tapi, kita bisa menyiapkan langkah-langkah praktis sebelum hal buruk itu terjadi. 

Biasanya, para arsitek akan mendesain atau merancang rumah, yang mampu bertahan menghadapi kondisi cuaca yang buruk, terutama di daerah rawan bencana. Tapi kita juga perlu memperhatikan langkah-langkah praktis untuk meminimalkan dampak yang bisa terjadi dari hal yang mengerikan, dan bisa terjadi kapan saja itu. Dan, karena itulah kami menyusun panduan praktis ini, untuk menghadapi serangan badai. 

Perhatikan benar-benar tips kami dan pastikan Anda sudah siap, karena, tidak ada satu pun yang benar-benar ingin berada di kejadian yang tak terduga. Betul, kan?! 

1. Periksa dan Perbaiki

Jika Anda melihat peringatan cuaca dan ada potensi datangnya badai, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan, adalah keluar dan periksa keadaan umum rumah Anda. Carilah atap-atap yang bocor, jendela-jendela yang pecah atau retak, dan pintu-pintu yang tipis, dan lakukan apa yang Anda bisa lakukan untuk menutup atau menyumbat celah-celah atau lubang-lubang yang ada, untuk meminimalkan dampak yang bisa terjadi jika badai datang. Ada baiknya juga Anda menyiapkan beberapa lembar kayu, yang bisa digunakan untuk menutup jendela dan pintu.

2. Pindahkan Perabotan dan Peralatan Anda

modern Kitchen by Hehku
Hehku

White Miele Appliances

Hehku

Jika Anda memiliki rumah dua lantai, hal terbaik yang dapat Anda lakukan, adalah memindahkan sebanyak-banyaknya barang ke lantai dua. Tapi jika tidak mungkin, setidaknya, cobalah untuk memindahkannya dari lantai dasar. Ya. Asuransi memang bisa meng-cover kerusakan atau kerugian, tapi rasa sakit hati karena kehilangan barang-barang berharga, juga sulit ditanggungkan. Paling tidak, pindahkanlah peralatan-peralatan listrik Anda dari lantai bawah.

3. Siapkan Persediaan Makanan Tahan Lama

Berpikirlah jauh ke depan, sehingga setiap kali Anda pergi ke supermarket, belilah beberapa makanan yang mudah dimasak, dan memiliki masa simpan atau kadaluarsa yang lama. Siapkan tempat di dapur untuk makanan dan minuman darurat, dan lebih baik, letakkan di rak yang tinggi.

4. Sediakan Perangkat Darurat yang Mudah Dijangkau

 Corridor, hallway & stairs by Vanpey
Vanpey

HandschuhBox HBK | Flurkommode

Vanpey

Setiap rumah harus memiliki peralatan darurat yang siap dipakai, dan mudah dijangkau. Lemari di lorong rumah atau kaitan di dinding, adalah tempat yang tepat untuk menyimpan atau meletakkan peralatan darurat Anda. Tapi, jangan berpikir Anda harus menyiapkan banyak barang. Cukup sebuah ransel sederhana yang diisi dengan alat-alat pertolongan pertama, obor, baterai cadangan, lilin, korek api dan hal-hal lain yang menurut Anda akan berguna, sehingga Anda tidak perlu meraba-raba mencarinya di dalam kegelapan.

5. Isi Penuh Tenaga Peralatan Listrik/Elektronik Anda

modern Study/office by Holly Francesca
Holly Francesca

Wildflowers – Phone Case

Holly Francesca

Jika Anda sudah tahu kapan badai akan datang, maka bawalah semua perangkat komunikasi elektronik Anda ke lantai atas, dan isilah baterainya. Pastikan Anda memiliki nomer-nomer darurat yang sudah disimpan, dan matikan data roaming Anda, sehingga Anda tidak perlu membuang-buang daya baterai untuk aplikasi-aplikasi yang tidak perlu. Semakin banyak ponsel yang bisa Anda gunakan, maka akan semakin baik. Ingat, charge semuanya hingga full!

6. Matikan Sumber Listrik Utama Anda

 Multimedia room by DirectTradeSupplies
DirectTradeSupplies

LIGHTWAVERF 2 GANG 13A SOCKET (STAINLESS STEEL)

DirectTradeSupplies

Saat telepon Anda di-charge dan badai akan segera datang, matikanlah suplai listrik utama Anda di rumah. Ini akan membantu meminimalkan kerusakan, dan akan sulit untuk memperbaiki kerusakan saat semuanya sudah lewat atau mereda. Lalu kini waktunya Anda untuk pergi ke tempat yang aman dan mulai berjongkok. Tenang, kami yakin, Anda masih bisa hidup kok tanpa televisi selama beberapa jam! Yang penting, keselamatan Anda!

Sudahkah Anda siap jika terjadi hal yang terburuk?

Apa yang Anda lakukan di rumah saat badai tiba?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!