Rumah by JUNOR ARQUITECTOS

8 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mendesain Fasad Rumah

Henti Kresdiana Henti Kresdiana

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ketika kita berpikir tentang fasad rumah, biasanya kita membayangkan tentang estetika, warna, tekstur, bahan dan bentuk, namun seringkali kita lupa bahwa kepraktisan dan kenyamanan merupakan bagian dari sebuah desain fasad. 

Hal ini sangat umum terjadi dan kita baru menyadarinya ketika kita mengunjungi sebuah rumah dan bertemu dengan masalah tersebut.

Dalam buku ide kali ini, homify akan memberikan 8 hal yang perlu diperhatikan  saat mendesain fasad rumah, terutama yang berkaitan dengan keselamatan.  Apa saja itu?

1. Pencahayaan

Memasuki area depan rumah, dapat dipastikan bahwa ada berbagai macam desain estetis menarik, tetapi semua hal tersebut harus mempertimbangkan pencahayaan demi keamanan. Jika perlu untuk meningkatkan pencahayaan, Anda dapat menggunakan lampu dengan sensor yang menyala setiap kali terdeteksi adanya gerakan di area depan rumah.

2. Obstruksi cahaya alami

Setiap orang merancang rumah pasti membutuhkan privasi, terutama di bagian depan rumah.Hal ini tergantung bagaimana kondisi jalan di depan rumah. Dalam beberapa kasus seringkali untuk alasan keamanan kita jadi menghalangi cahaya alami dari luar untuk masuk ke dalam rumah, padahal cahaya dari luar seringkali kita butuhkan. Sebagai solusi coba pasang fasad kayu berongga seperti dalam foto di atas, cahaya tetap masuk tanpa memperlihatkan interior keluar rumah.

3. Dekorasi fasad yang berlebihan

 Rumah by 지성하우징
지성하우징

모던함 속에 고급스러움을 간직한 전원주택[충남 천안]

지성하우징

Kita semua pasti menginginkan rumah kita terlihat cantik dengan menambahkan dekorasi. Tetapi memberikan dekorasi yang berlebihan atau memberikan warna yang sangat atraktif  seringkali akan menghancurkan keharmonisan desain.

Jika pemberian dekorasi tujuannya adalah untuk memberikan kepribadian untuk fasad, ini dapat dilakukan melalui penggunaan warna selama itu terbatas rincian seperti pintu, jendela, cetakan dan sebagainya.

4. Tidak adanya cahaya yang menonjol di malam hari

Ketika kita memiliki fasad yang indah, kita melakukan segalanya untuk menjaganyam tetap dalam kondisi yang baik, yang dapat dilihat dengan jelas pada siang hari. Tapi apa yang terjadi di malam hari? Kita sering  mengkesampingkan pencahayaan yang dapat menyorot desain fasad. Kita hanya fokus pada pencahyaan yang mengenai diri kita sendiri dengan hanya memberikan penerangan dari pintu masuk. Tapi ada beberapa poin pada fasad yang harus diberikan cahaya demi kemananan dan desain rumah saat malam hari.

5. Akses dan bel rumah

 Rumah by epb arquitectura
epb arquitectura

Fachada Frente

epb arquitectura

Ketika kita menerima tamu, kita pasti ingin semuanya berjalan dengan baik ketika mereka datang sampai mereka pulang. Bagian ini adalah bagaimana membuat tamu merasa nyaman, yang berarti mereka dapat mengandalkan sebuah bel yang mudah diakses saat mereka datang.  Posisi bel bisa di samping pintu, memastikan bel dalam kondisi bagus, serta terdengar dampai dalam rumah.

6. Nomor rumah

Tukang pos serta kurir akan mencari alamat berdasarkan nama jalan dan nomor rumah. Tapi penomoran sering diabaikan ketika merencanakan fasad.  Pencahyaan diperlukan untuk menyoroti angka-angka pada fasad, yang dapat dilakukan dengan kontras angka dengan dinding bawah dan dalam format yang paling berbeda dan gaya sehingga dapat menyelaraskan dengan desain.

7. Nyaman atau aman

Terlepas dari gaya rumah, jalan masuk – semen, taman atau campuran keduanya, jalan menuju pintu rumah harus nyaman dan aman sehingga tidak ada yang menderita jatuh dan kecelakaan. Ini berarti bahwa jalan ini tidak dapat dilakukan dalam materi geser, sebisa mungkin tidak memiliki kesenjangan dan lubang dalam struktur dan pastikan aman saat hujan. Hal ini juga harus diingat bahwa jalan tersebut akan digunakan untuk mengangkut furnitur dan barang-barang lainnya, yang berarti bahwa struktur lantai perlu diperkuat.

8. Kehadiran poin yang tidak aman

Bagi kita tampaknya bahwa mereka tidak berbahaya, tetapi untuk orang lain sebagai titik-titik tertentu juga berbahaya dari rumah adalah pintu gerbang untuk mencari barang-barang berharga. Ini adalah kasus yang miring jendela di dapur atau binatu di mana orang kecil bisa pergi dan membuka rumah. Atau bahwa pintu tanpa perlindungan yang dapat dibuka dengan mudah. Atau pohon yang mengarah langsung ke lantai atas kamar tidur utama. Dalam hal ini, semua hal ini harus memiliki keamanan yang ditingkatkan, termasuk penggunaan alarm.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!