Dapur by Ekaterina Donde Design

10 Cara Membuat Rumah Anda Lebih Ramah Lingkungan

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Bagi planet dengan penduduk lebih dari 7 miliar orang, kelelahan, adalah salah satu isu utama. Namun sayangnya, penggunaan sumber-sumber energi alternatif, tidak terlalu digarap dengan baik. Tapi meski begitu, kita masih tetap dapat membantu melindungi bumi. Jangan berpikir dalam skala besar dulu, kita bisa memulainya dari rumah, tempat tinggal kita. 

Ya. Jika Anda ingin menyegarkan atau memperbaiki rumah Anda, artikel ini akan memberikan tip-tip yang berguna untuk membuat rumah Anda hemat energi – yang juga berarti, bisa meminimalkan tagihan listrik bulanan Anda. So, mari sama-sama kita selamatkan bumi kita ini!

1. Langit-langit (yang) Tinggi

Langit-langit rumah yang tinggi, akan membantu sirkulasi udara. Jadi meskipun suhu di luar rumah panas, tapi hawa di dalam rumah akan selalu sejuk, meski tidak menggunakan AC. Ini bagian dari penghematan daya, bukan?

2. Gunakan Barang-barang Elektronik di dalam Rumah dengan Efektif dan Cerdas

Tren penggunaan TV LED untuk menggantikan TV tradisional, terus meningkat. Dan selain itu, penggunaan LED pada lampu neon juga sangat dianjurkan, karena LED dengan kapasitas 60 watt, dapat bertahan hingga 22 bulan. Dan jika rumah Anda selalu dalam keadaan panas, maka gunakanlah kipas angin di atas ruangan, untuk menghemat lebih banyak daya listrik.

3. Jendela

Penting untuk melengkapi ruang kerja atau ruang baca dengan jendela. Sehingga, Anda tidak perlu menggunakan lampu hingga malam hari. Sangat menghemat, kan?

4. Gunakan Peralatan Dapur dengan Label Energy Star

Jika Anda bertanya-tanya mengapa peralatan dapur seperti lemari es, microwave, mesin jus buah diberi label Energy Star, ini untuk memastikan bahwa Anda sudah menggunakan peralatan yang dapat menghemat hingga 15% daya listrik, dibandingkan perangkat atau peralatan konvensional.

5. Gunakan Jendela dengan Kemampuan Mengendalikan Energi Sinar Matahari

 Jendela by Maxlight
Maxlight

Pivot door and Side Return Glass Box Extrensin

Maxlight

Saat ini, jendela yang bisa mengontrol sinar matahari, semakin populer digunakan. Meski harganya tidak murah, tapi jenis pintu ini sangat berguna dengan kemampuannya mengendalikan intensitas sinar matahari dan mengatur energi di dalam ruangan, yang akan membuat lingkungan Anda selalu sejuk.

6. Tanam Pepohonan di Sekitar Rumah

 Taman by ROJI Japanische Gärten
ROJI Japanische Gärten

tsubo niwa – japanischer Hofgarten

ROJI Japanische Gärten

Menanam pohon rindang di halaman, akan membuat rumah Anda terlihat lebih sejuk. Dan selain itu, menanam pohon di sekitar rumah, juga akan memproduksi banyak oksigen, yang dapat membuat ruang rumah Anda menjadi sejuk dan nyaman. Dan jika Anda tidak memiliki cukup ruang di sekitar rumah untuk menanam pohon, maka membuat kebun-kebun di balkon atau teras, juga sudah sangat baik untuk dilakukan.

7. Tidak Ada Teras dan Balkon, Lalu Bagaimana Caranya Menanam Pohon?

Jangan khawatir, Anda bisa menumbuhkan kebun vertikal pada dinding rumah. Taman seperti ini akan membawa nuansa menyegarkan, membuat ruang menjadi sejuk, dan hati lebih penuh kasih-sayang (ehem!).

8. Buat Wastafel dengan Ukuran Kecil

 Kitchen by AD3 Design Limited
AD3 Design Limited

Sink with drain grooves on the worktop

AD3 Design Limited

Ya. Dengan wastafel kecil, Anda bisa mengendalikan jumlah air yang benar-benar Anda butuhkan. Misalnya, saat mencuci piring di dapur.

9. Pasang Sistem Tenaga Surya

Sinar matahari adalah sumber energi tanpa henti, terutama di negara tropis seperti Indonesia, di mana matahari bersinar sepanjang tahun. Jadi, mengapa tidak memanfaatkan berkah alam itu? Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memasang panel surya photovoltaic. Dan yang terbaik bagi sebuah keluarga adalah, memasang sistem kecil tenaga surya dengan daya dari 500 hingga 1000WP, untuk peralatan penerangan, komputer, atau TV.

10. Buat Tangki Penyimpanan Air Hujan

Negara tropis seperti Indonesia, dengan curah hujan rata-rata 1500-2000 mm per tahun, menggunakan air hujan, adalah hal atau pekerjaan yang sangat baik. Namun sayangnya, hal ini belum mendapat banyak perhatian. Padahal yang perlu Anda ketahui, pembangunan sebuah waduk besar dapat mengurangi resiko banjir, dan membantu menciptakan sumber air minum gratis. Contoh konstruksi tangki-tangki air hujan yang bagus, dapat banyak Anda temui di Jepang.

Bagaimana? Cara-cara ini sangat berguna, kan? 

Jika Anda ingin menambahkan ide baru, jangan ragu-ragu dan jelaskan lebih banyak di kolom bawah ini.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!