Taman by Estudio de Arquitectura Clariá & Clariá

12 Desain Jendela yang Menakjubkan

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Menata tampilan luar rumah bukanlah perkara mudah. Selain dukungan arsitektur, tanpa disadari ternyata elemen jendela juga memiliki peran yang tak kalah penting untuk mewujudkan tampilan luar rumah yang apik dan sedap dipandang mata. Jika Anda ingin mengulik sisi elemen ini, maka Anda akan menemukan banyak cara jika Anda mencarinya dari berbagai sumber. Namun jika Anda tak cukup banyak waktu untuk berpindah-pindah sumber, maka dalam buku ide kali ini kami akan menghadirkan ke 12 ide cerdas dalam menata jendela rumah. Untuk lebih detailnya lagi mari kita ikuti penjabaran ke 12 contoh ide jendela kreatif tersebut dalam list berikut ini.

1. Jendela pada area tangga

Jika Anda memiliki bangunan rumah dua lantai, maka ide ini sangat mudah untuk dilakukan. Seperti yang terlihat pada gambar, tampilan depan rumah ini terlihat sangat transparan, terutama pada area tangga. Ide ini cukup brilian untuk menghasilkan efek terbuka di sebuah hunian modern.

2. Jendela memanjang dari lantai hingga langit-langit

Desain jendela lain yang cukup populer belakangan ini adalah konsep jendela memanjang yang satu ini. Kesan terbuka dan efek cerah akan penghuni rumah dapatkan, apalagi jika jendela jenis ini dihadapkan ke sebuah pekarangan atau taman hijau yang lapang.

3. Jendela sudut

Jika rumah Anda memiliki posisi ruang tamu yang menyudut, maka penggunaan jenis jendela yang satu ini dapat Anda aplikasikan ke ruangan tersebut untuk menghasilkan sebuah view yang nyaman dan pencahayaan yang maksimal.

4. Jendela separuh terbuka

Jika Anda tak ingin menggunakan jendela dengan view yang terlalu lebar, maka ide jendela separuh ini dapat jadi pilihan Anda. Maksimalkan fungsi jendela dengan rongga sirkulasi udara, agar tampilan jendela tetap terlihat apik dari segi estetika.

5. Jendela kaca

Kaca bening adalah pilihan jendela yang cukup tepat jika Anda ingin mendapatkan cahaya maksimal dari luar. Jendela jenis ini sangat tepat diletakkan pada bagian depan, atau sudut rumah lain yang sering tersorot oleh pantulan sinar matahari.

6. Jendela lebar

Jika hunian Anda memiliki pemandangan alam yang eksotis, maka pilihan jendela yang tepat untuk sekeliling rumah Anda adalah tipe yang ini. Kenapa? Karena dengannya, Anda akan merasakan kedekatan view yang lebih nyata dari dimensi lebar yang ditawarkannya.

7. Jendela dengan sudut pandang unik

Tak selamanya jendela harus dihadapkan dengan pemandangan lanskap yang indah. Seperti halnya sudut jendela yang satu ini, pemandangan jendela dapat pula diarahkan ke sudut luar rumah lain seperti taman maupun ruang bersantai outdoor.

8. Jendela lengkung

Jika Anda ingin menghadirkan kesan simpel pada tampilan luar rumah Anda, maka konsep jendela yang satu ini adalah pilihannya. Panel jendela lengkung merupakan ide yang cerdas untuk menghadirkan kesan hangat pada sebuah tampilan hunian yang eksotis.

9. Jendela semi kembar panjang

 Rumah by Casas inHAUS
Casas inHAUS

Fachada con iluminación nocturna modelo Chipiona Casas inHaus

Casas inHAUS

Jika sebelumnya kita sudah membahas jendela panjang dari lantai hingga ke langit-langit, maka dalam tipe jendela ke-9 ini adalah bagian variasinya. Dalam ide ini kita akan disuguhkan sebuah jendela memanjang yang tak lagi menggunakan frame tipis. Seperti yang terlihat pada gambar, frame tipis yang sebelumnya digunakan secara merata, maka kini wujudnya justru dikolaborasikan dengan jendela berframe tebal untuk menghadirkan kesan modern yang elegan dari sebuah tampilan rumah.

10. Jendela frame kayu

Salah satu jenis jendela klasik adalah jendela yang menggunakan frame kayu sebagai penopangnya. Pilihan material paling fenomenal ini memang telah menjadi pilihan banyak orang untuk memudahkan pemilik rumah dalam menata sebuah tampilan rumah yang unik dan natural.

11. Jendela dengan material kaca dan kayu

Memang tak berbeda jauh dari contoh sebelumnya, namun dalam wujud jendela kayu yang satu ini unsur kaca sengaja dimensinya dilebarkan guna menghadirkan kesan terang dan menyatu dengan alam.

12. Jendela sinar matahari

Pengkolaborasian cahaya alami dan unsur jendela adalah sebuah ide dasar penempatan celah cahaya pada konstruksi sebuah rumah. Untuk itu, maka tak heran jika beragam model jendela hadir untuk menangkap refleksi sinar alami tersebut hingga masuk ke dalam sebuah ruangan. Namun jika sinar tersebut terasa berlebihan pada situasi cuaca tertentu, maka Anda dapat menyiasatinya dengan penggunaan kerai atau gorden untuk membatasi masuknya cahaya ke dalam rumah. Pilihlah kerai atau gorden dengan corak senada, agar tampilan jendela Anda semakin terlihat menarik dari dalam maupun luar ruangan.

Jenis jendela mana yang Anda minati?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!