Ruang Keluarga by 有限会社 宮本建築アトリエ

Rumah ini Mengakomodasi Kebutuhan Setiap Anggota Keluarga

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kadang kita tidak harus pergi jauh dari rumah untuk mengatasi stres. Cukup lakukan apa yang kita sukai beberapa menit, asal teratur. Aktivitas semacam ini disebut hobi dan baik untuk kesehatan otak. Emosi pun akan lebih stabil menghadapi kerasnya gelombang kehidupan. Tinggal bagaimana cara mengkondisikan lingkungan terdekat kita, yaitu rumah, agar dapat mendukung keseharian dan hobi kita. Rumah di Prefektur Ibaraki, Jepang, karya ahli homify Mr. Miyamoto Building Studio Limited Company adalah sebuah contoh sempurna bagaimana mengintegrasikan rutinitas dan hobi dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Fasad simpel

Penampilan fasad rumah tampak berkarakter dengan banyak jendela dan perbedaan ketinggian antara lantai satu dan dua. Lahan di kanan kiri rumah dibiarkan kosong agar rumah bisa diperluas di kemudian hari. Sebagaimana rumah tradisional Jepang, halaman terletak di tengah rumah dengan ruangan-ruangan mengelilinginya. Bentuk rumah seperti ini melancarkan sirkulasi cahaya dan membuat udara di dalam rumah sejuk setiap hari. 

2. Halaman dengan dek kayu

Sebagian halaman tertutup oleh lantai atau dek kayu yang sama tingginya dengan lantai satu. Mudah diakses dari semua sudut ruangan di lantai satu. Bagi anggota keluarga yang suka berolahraga, area ini cocok untuk melakukan pemanasan sebelum aktivitas olahraga inti. Cocok juga sebagai tempat berkumpul menikmati akhir pekan bersama keluarga. 

Baca juga: 

Panduan Membangun Dek Kayu Langkah Demi Langkah 

3. Area masuk rumah

Deretan ubin abu-abu menutupi area masuk rumah, sedangkan atap dan tempat penyimpanan terbuat dari kayu berwarna cerah. Tempat penyimpanan di sisi kanan bisa digunakan untuk menyimpan sepatu dan jaket. Sedangkan anggota keluarga yang hobi berkebun bisa menyimpan peralatannya di tempat penyimpanan tertutup di sebelah kiri agar mudah dijangkau setiap saat dibutuhkan. 

4. Interior terbuka

Hobi melukis, menggambar, membuat patung, keramik, atau benda seni lainnya membutuhkan ruangan khusus di dalm rumah. Tujuannya agar penghuni rumah lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakannya. Selain itu, aktivitas seni rupa membutuhkan banyak peralatan dan bahan, beberapa di antaranya bisa mengotori area sekeliling. Misalnya, cat, tanah liat, dll. Koridor ini menghubungkan antara pintu depan dengan studio, sehingga penghuni rumah bisa membawa masuk peralatan dan bahan tanpa melintasi ruangan utama di dalam rumah. 

5. Dapur, ruang makan, ruang tamu untuk pecinta masak

Dapur lantai kayu yang lapang ini pasti disukai para istri yang hobi memasak. Kitchen counter kayu besar dan lemari logam adalah perlengkapan yang dibutuhkan agar acara masak bersama semakin seru dan akrab. Ada banyak ruang untuk berkumpul, bisa digunakan sebagai ruang makan dan ruang tamu. Dari jendela kita bisa mengamati keseluruhan rumah dan penghuni rumah lain yang sedang asyik dengan hobinya. 

Baca juga: 

5 Kelebihan dan Kekurangan Kitchen Counter Untuk Dapur Tanpa Sekat 

6. Koridor plus perpustakaan dan galeri

Pasangan pemilik rumah tampaknya punya banyak hobi. Selain melukis dan menggambar, mereka juga suka membaca. Ruang kosong menuju ruang tamu disulap menjadi ruang baca, sedangkan rak-rak buku berfungsi sebagai pembatas antara area koridor dengan ruang baca. Dinding di sepanjang koridor bisa dimanfaatkan untuk menggantung lukisan atau sketsa hasil karya sendiri. Memang tidak akan dilihat oleh banyak orang, kecuali diri sendiri. Tapi hati Anda pasti bangga melihatnya bukan? 

Baca juga: 

Rumah Kayu Minimalis Jepang Untuk Keluarga Muda 

Bagaimana cara Anda menghabiskan waktu luang di rumah Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!