by ADVD atelier arquitectura e design

Dari Reruntuhan Jadi Hunian Baru bagi Keluarga Besar

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Memang benar kalau bangunan lama yang terawat selalu memiliki daya tarik tersendiri. Namun, dalam kasus yang satu ini, sayangnya, bangunan lama justru memiliki banyak sekali kekurangan. Jika Anda menemukan kasus bangunan serupa, jangan terburu-buru berpikir ingin menghancurkan bangunan yang memiliki nilai historis, dan tirulah cara arsitek berikut yang memberikan kehidupan kedua pada bangunan tua. Dari fasilitas yang sudah tua dan usang, tercipta bangunan baru yang dirombak total dengan mempertahankan desain orisinilnya.

1. Tampilan depan bangunan

Bangunan inilah yang tampak di depan mata sebelum renovasi berjalan. Bangunan ini dibangun di abad ke-18 sehingga cukup tidak biasa bangunan ini sanggup berdiri kokoh hingga sekarang dan wajar saja keindahan masa lalunya sudah terkikis. Atap yang bocor dan jendela yang rusak hanyalah beberapa dari hal yang perlu diperbaiki.

Dinding luarnya jelas tampak menyeramkan karena dimakan usia.

2. Tampilan luar bangunan setelah direnovasi

Beginilah penampakan bangunan tersebut setelah bermetamorfosisi. Spesialis eksterior mempertahankan bentuk orisinal dari fasilitas bersejarah ini, tapi dengan tampilan yang jauh lebih segar. Bangunan dicat kembali, jendela reyot-nya diganti dan bagian atap bangunan direnovasi total. Perhatian khusus pun diberikan dengan adanya elemen batu yang diikutsertakan untuk melengkapi seluruh tampilan luar bangunan sehingga menarik mata.

Kini, tampilan balkon juga tampak berbeda karena terbuat dari bahan baja sehingga menambah ketahanan terhadap kondisi cuaca apapun.

3. Tampilan modern penuh gaya

Bagian belakang dari rumah ini sudah mendapatkan sentuhan aksen modern. Dapat dilihat juga penggunaan baja campuran untuk menjadi kerangka gedung agar lebih tahan lama, dikombinasikan pula dengan batu, menciptakan komposisi yang benar-benar hebat.

Para ahli yang menangani interior bangunan ini sudah tidak asing dengan kenyamanan yang diciptakan oleh cukupnya pencahayaan alami dari matahari. Dengan tambahan desainnya, bangunan setelah direnovasi kini memiliki akses terhadap sinar matahari hangat.

4. Bagian interior depan

Pada pandangan pertama, dapat disimpulkan langsung bahwa interior lama dari bangunan ini tidaklah cukup mengundang. Kekacauan merupakan kata yang tepat mewakili kondisi bangunan yang penuh sampah, debu dan kebocoran di sana sini.

Adanya peninggalan religius pada interior bangunan ini juga bukan suatu kebetulan karena ternyata pemilik sebelumnya merupakan sosok yang religius dan memiliki kapel pribadi.

5. Interior yang tidak biasa

Bangunan ini memiliki pesona yang tidak biasa setelah direnovasi. Di dalam ruangan yang tadi, kini terpancar kehidupan dan kehangatan.

Bagian tengah rumah ini pun didesain berdasarkan warna-warna pudar. Warna hitam dan putih menciptakan komposisi yang berkombinasi dengan indah bersama warna kayu. Terdapat juga tempat untuk perapian modern di ruangan tamu.

6. Dapur

Arsitek memilih furnitur bagi interior rumah ini yang memiliki bentuk sederhana namun elegan. Hasilnya, terdapat kesan dimensi minimalis dalam rumah ini. Sebuah island modern tempat memasak di dapur ditambahkan pada dapur baru, menambah gaya keseluruhan ruangan. Para ahlinya juga tidak melupakan area penyimpanan dalam kabinet yang lebar dan cukup memuat semua keperluan memasak sang empunya rumah.

7. Anak-anak tangga

Anak-anak tangga yang terlihat ini menghubungkan berbagai level yang berbeda dari objek keseluruhan. Jeruji besi baja hitamnya menambah kesan bergaya pada anak tangga. Semua konstruksi, termasuk yang satu ini sengaja dibuat agar tahan lama.

Perhatikan juga bahwa area ini dipertahankan dari bentuk orisinalnya sehingga sejarah tetap abadi.

8. Pemandangan modern

Properti orisinal ini terletak di area yang sangat cantik. Para spesialis arsitektur tahu bahwa tampilan yang demikian dapat menyejukkan dan membuat rileks siapa saja yang ada di area bangunan ini. Karenanya, pemandangan dibuat lebih modern sehingga semua yang hijau menyejukkan tetap dapat dinikmati.

9. Solusi yang ringkas

Untuk furniturnya, telah diputuskan oleh para profesional untuk memilih jenis furnitur yang sangat pintar dan ringkas serta fungsional sehingga ruangan dijaga tetap lebar dan leluasa untuk bergerak.

10. Kamar mandi

Pada kamar mandinya, bangunan ini juga sudah disusun dengan konsep sederhana dan modern. Kombinasi kontras antara ubin hitam dengan mosaik putih menghasilkan tampilan indah. Pilih dua warna ini untuk desain kamar mandi yang chic.

11. Tempat berdoa atau altar kuno

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemilik bangunan ini sebelumnya merupakan orang yang sangat religius dan dalam bangunan bahkan terdapat kapel. Arsitek bangunan memutuskan untuk merenovasinya dan mempertahankannya.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!