Taman by Pflanzenfreude.de

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Taman

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Segala sesuatu yang kita miliki sebaiknya dirawat agar terus mendatangkan kebahagiaan. Itu juga berlaku untuk taman kita. Tak ada salahnya meluangkan waktu sehari dalam 1-2 minggu untuk memperhatikan sekitar taman. Agar perawatan taman lebih efektif, coba lakukan 6 hal berikut ini. 

1. Rumput

Selain harus tampak terpotong rapi, rumput sebaiknya bebas dari tanaman liar atau gulma. Penghujung musim hujan seperti saat ini sebaiknya dimanfaatkan untuk menanami bagian halaman yang tidak tertutup rumput sepenuhnya. Jika rumput jepang tampak tidak tumbuh subur di halaman, bisa diganti dengan jenis rumput yang lebih mudah perawatannya, misalnya rumput gajah mini. 

2. Memotong akar tanaman saat mengganti pot

Tanah tanaman dalam pot atau bak tanaman harus diganti secara teratur paling tidak 1 kali setiap bulan. Pot juga harus diganti sesuai dengan tinggi tanaman. Saat memindah tanaman, potong sedikit akar utama (di bagian tengah tanaman) sebelum menanamnya kembali. 

3. Jemur tanaman dalam ruangan

 Taman by Pflanzenfreude.de
Pflanzenfreude.de

Zarte Schneeball-Blüten in Kombination mit Töpfen in Lavendel

Pflanzenfreude.de

Tanaman dalam ruangan membuat suasana di dalam rumah lebih segar. Namun tanaman dalam ruangan perlu dijemur di bawah matahari langsung secara teratur sesuai lebutuhannya.

Baca juga: 

7 Cara Mudah dan Murah Memiliki Taman Indoor 

4. Menjaga bentuk tanaman

 Taman by Planungsbüro STEFAN LAPORT
Planungsbüro STEFAN LAPORT

Der romantische Landhausgarten

Planungsbüro STEFAN LAPORT

Tanaman yang ditanam di tanah lebih cepat tinggi dan rimbun daripada tanaman dalam pot. Ranting tanaman perlu diipangkas secara rutin agar taman tampak menarik dan menyenangkan untuk dilihat. Bersihkan juga tanaman dari daun-daun kering. Daun-daun kering ini bisa dikumpulkan dalam wadah plastik atau lubang untuk dijadikan pupuk kompos. 

5. Memoles ulang furnitur taman

Bangku dan meja kayu, serta furnitur taman dari kayu lainnya harus dirawat secara berkala karena terus terpapar panas dan hujan. Lapisi dengan politur anti rayap dan furnish ulang agar tampak mengkilap seperti baru. 

Baca selengkapnya tentang cara menjauhkan rayap dari rumah di: 

9 Tips Agar Rumah Kayu Tidak Diserang Rayap

6. Periksa wadah tanaman air

 Taman by Unique Landscapes
Unique Landscapes

Stainless Steel Metal Water Feature

Unique Landscapes

Pot atau bejana tanaman air perlu diperiksa sesering mungkin untuk mengetahui adanya kebocoran. Jika pot telah bocor, coba tambal atau ganti dengan yang baru. Ini perlu segera dilakukan agar tanaman tidak kekurangan air, serta mencegah air merembes ke mana-mana. 

7. Hanya gunakan pupuk jika benar-benar diperlukan

Pupuk kimia bisa menurunkan tingkat kesuburan tanah jika digunakan secara jangka panjang. Hanya gunakan pupuk ketika tanaman tampak kurang sehat, atau baru saja dipindahkan ke media tanam baru. 

Baca juga: 

21 Tips Mempercantik Taman Kecil Anda

Berapa kali dalam sebulan Anda merawat taman Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!