Ruang Makan by Maria Helena Caetano _ Arquitetura e Interiores

Desain Unik Rumah 1 Lantai dengan Tampak Luar Seperti 2 Lantai!

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengunjungi sebuah rumah yang unik dan menarik karya Maria Helena Caetano, seorang arsitek yang berbasis di Goiânia, Brasil. Dibangun untuk keluarga dengan dua anak, rumah ini memiliki luas 312 m². Semua ruangan dalam project ini dirancang dengan prinsip agar dapat dipergunakan oleh semua anggota keluarga. Dengan kata lain, desainer menghindari adanya area kosong tanpa fungsi di dalam hunian ini. Hal ini tercapai dengan menciptakan ruang penuh aktivitas yang dapat digunakan oleh semua penghuni dan anggota keluarga pada waktu yang berbeda.

Solusi yang ditawarkan dalam proyek ini benar-benar modern. Alhasil strategi ini menciptakan suasana hunian yang cerah. Tambahan pilihan perabot bergaya kontemporer menjadikan suasana keluarga menjadi semakin unik.

Mari kita telusuri proyek ini lebih lanjut!

Desain Eksterior Luar yang Tampak Seperti Rumah 2 Lantai

Meskipun tampak seperti rumah berlantai dua, rumah ini sebenarnya hanya terdiri dari satu lantai saja. Efek ini muncul dari kontur tanah yang tidak rata yang kemudian digunakan dengan cermat oleh desainer. Garasi pada rumah ini dibuat setengah terpendam (basement) sehingga area lahan diatasnya dapat dimanfaatkan dengan lebih baik. Solusi ini juga menciptakan keuntungan tambahan karena mobil pribadi kemudian dapat disimpan dengan aman, bahkan tanpa gerbang.

Untuk mengakses pintu masuk, anda perlu melewati tangga tangga kayu di halaman taman depan yang merupakan salah satu elemen lansekap yang manis. Desain lansekap kontemporer yang sederhana dan didominasi oleh vegetasi tropis berhasil menggabungkan dengan fasad netral dan tradisional sebagai satu kesatuan.

Ruang Teras yang Indah dengan Konsep Terbuka

Bagian belakang rumah dimanfaatkan sebagai tempat duduk terbuka dengan efek yang menakjubkan. Desainer melihat area yang cukup lapang ini berpotensi untuk digunakan sebagai tempat berkumpul bagi teman-teman dan keluarga, sehingga area ini dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut dengan senyaman mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menciptakan koneksi yang dekat dengan dapur gourmet, kolam renang maupun ruang multimedia.

Perabot yang dipilih memberikan suasana rustic namun modern melalui dominasi kayu solid, warna natural dan desain pencahayaan yang baik. Untuk memperkaya suasana dengan ketenangan dan damai, desainer menambahkan air terjun pada bidang dinding yang berbalut nuansa biru di sisi kolam renang.

Dapur Gourmet

Perjalanan kita dalam hunian ini akan dimulai dari area dapur, sebuah ruangan yang dibuat dengan kesan lapang dan cerah. Bagian dalam rumah ini memiliki jarak 4.80 M antar dinding, yang memberikan suasana lapang untuk area sosialisasi dan interaksi keluarga. Pada siang hari, jendela yang besar memberikan akses untuk cahaya alami, sementara pada malam hari pencahayaan dalam ruangan juga didesain untuk dapat memberikan kualitas penerangan yang sama baiknya.

Pemilihan warna putih untuk dinding, lantai dan langit-langit dipadu dengan counter tops hitam dan lapisan dinding tembaga menghasilkan efek kontras yang menarik dalam ruangan ini.

Kombinasi Desain yang Terpadu

Seperti terlihat, sekarang kita sudah berada pada ruang makan. Suasana desain yang terpadu adalah solusi yang tepat bagi anda yang ingin menciptakan kesinambungan dalam pergerakan dari satu ruang ke ruang lain. Pintu balkon yang lebar dan dapat sepenuhnya terbuka berhasil mengintegrasikan ruang dalam dan luar dengan sangat baik.

Rasa kontinuitas semakin terasa dengan penggunaan material lantai yang seragam untuk semua area sosialisasi keluarga, dari balkon hingga kamar. Keselarasan visual adalah salah satu hal yang penting untuk memastikan keterpaduan suasana dalam desain.

Ruang Makan yang Elegan

Ruang makan pada rumah ini terdiri dari satu set meja dan kursi dengan desain modern yang tentunya memberikan kenyamanan penggunanya. Meja makan dengan kaca gelap memberikan sentuhan elegan. Suasana ini juga kemudian dilengkapi dengan lampu gantung klasik.

Di bagian dinding belakang terdapat sebuah lemari klasik yang di atasnya terpajang sebuah karya seni. Karya seni ini adalah representasi dari meja tengah yang besar dan kecil lainnya di sekitar. Pilihan warna yang sepadan dalam ruangan ini menggabungkan elemen yang satu dengan lainnya serta menciptakan keseimbangan dan keseragaman desain.

Ruang Keluarga

Sekarang ini kita sudah sampai pada ruang keluarga. Dinding utama pada ruangan ini dibalut dengan pilihan batu alam dalam nuansa krem. Pencahayaan yang diarahkan dari langit – langit menyoroti tekstur material alami ini dan memberikan nilai lebih bagi suasana ruangan yang tercipta. Pilihan perabot yang mengabungkan desain unik dalam nada netral menciptakan suasana hangat dan nyaman. Alhasil, ruangan ini berhasil menjadi lingkungan yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Untuk lebih menghidupkan suasana dalam ruangan ini, desainer juga menambahkan tanaman indoor sebagai pemanis.

Ruang Kerja

Ruangan ini dirancang sebagai sebuah area yang dapat digunakan oleh semua anggota keluarga, termasuk anak-anak. Meja kerja dibuat cukup besar untuk menampung empat kursi, sehingga setiap anggota keluarga dapat duduk pada saat yang sama, meskipun mengerjakan tugas-tugas yang berbeda.

Warna gelap yang mendominasi perabot dalam ruangan ini, menciptakan suasana yang cenderung serius tapi tetap santai. Rak buku didesain mengikuti ketinggian ruangan, memaksimalkan area penyimpanan buku. Untuk memberikan kemudahan dalam akses, desainer kemudian menambahkan tangga yang dapat digeser sepanjang rak buku.

Toilet yang Cantik dan Menawan

Akhirnya, kita sampai pada ruangan toilet, yang dihiasi dengan suasana yang indah nan menarik. Salah satu strategi yang digunakan desainer untuk memanfaatkan ruangan secara maksimal adalah dengan membuat desain countertop untuk wastafel yang tidak terlalu lebar. Untuk mempercantik ruangan, desainer menambahkan dekorasi seperti bunga di atas dan di bawah meja, gelas-gelas cantik dan parfum berwarna-warni dan kotak khusus yang dapat digunakan untuk menyimpan beberapa produk.

Terinspirasi untuk mempunyai rumah seperti proyek ini, pastikan untuk menghubungi salah satu arsitek profesional kami ketika merencanakan rumah Anda!

Nikmati juga artikel berikut:

Bagaimana Cara Mendesain Teras Mungil? Ini Dia 15 Inspirasi untuk Anda!

18 Ide Tangga yang Ideal Untuk Rumah Berukuran Kecil

Apakah desain rumah ini menarik untuk anda? Secara keseluruhan atau ruangan tertentu saja? Bagikan pendapat anda pada kolom di bawah ini.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!