Teras by Erika Winters® Design

11 Desain Dapur Terbuka Untuk Inspirasi Anda

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Patio atau halaman belakang luas, siapa sih yang tak menginginkannya? Kita bisa memanfaatkannya sebagai ruang duduk, kolam renang, atau taman. Ada juga alternatif lain, yaitu sebagai dapur dan ruang makan terbuka. Memasak di luar ruangan mendatangkan sensasi berbeda. Keluar dari zona nyaman untuk mencari pencerahan tidak perlu jauh-jauh. Cukup dengan melakukan hal yang sama dengan cara lain dari biasanya.

Berikut adalah 11 ide dapur terbuka yang tidak sulit diterapkan dengan segera.  

1. Dapur terbuka atap kayu

Dapur terbuka ini menggunakan desain basic atau desain yang paling umum digunakan. Dua meja dapur mengapit sebuah pemanggang bercerobong dan dikelilingi dinding batu bata merah. Warna coklat tampak dominan agar serasi dengan atap kayu vertikal. Backsplash putih merupakan sentuhan kontras yang menarik perhatian sekaligus fungsional. 

2. Simpel dan stylish

Dapur terbuka ini terletak di sebuah halaman belakang dengan kolam renang, lengkap dengan meja dapur dan tempat penyimpanan di bawahnya. Konstruksinya sederhana, namun detil keramik mosaik dan elemen lainnya membuat area ini tampak sempurna. 

Baca juga: 

9 Tips Agar Halaman Belakang Sempurna Untuk Bersantai 

3. Material beton

Dapur terbuka ini seluruhnya terbuat dari beton yang simpel. Finishing atau sentuhan akhir membuat beton tampil lebih menarik dan rapi. Selain itu, beton memiliki sifat tahan lama meski terpapar panas dan hujan setiap saat. 

4. Dapur terbuka mungil dari batu bata

Batu bata adalah material yang paling mudah digunakan untuk dapur terbuka. Bentuknya sederhana dan mudah dipadukan dengan furnitur atau hiasan dari material yang berbeda. Paling tepat untuk desain linear. Penggunaan elemen hias dengan detil rumit sebaiknya dihindari di dapur ini.  

5. Kayu dan batu bata merah

Contoh ini menggunakan furnitur dapur kayu yang dipadukan dengan pemanggang dari batu bata merah. Praktis dan mudah diterapkan karena furnitur dapur bisa didapatkan di toko furnitur langganan. Dapur ini juga tidak besar dan memanfaatkan dengan cerdas ketersediaan ruang. 

6. Warna-warni di bawah pergola

Meja dapur ala bar ini bisa digunakan untuk menyiapkan makanan sekaligus makan bersama. Aspek estetika tetap terjaga dengan adanya keramik berornamen warna-warni di bawah kompor. 

7. Meja dapur batu bata putih

Desain dapur ini cocok untuk area halaman belakang atau teras belakang yang sempit memanjang. Lebih panjang dari contoh sebelumnya dan sama-sama dapat digunakan untuk memasak sekaligus makan bersama. Batu bata putih yang merupakan material utama rumah digunakan sebagai bahan dasar dapur terbuka. 

8. Tungku tradisional

Oven dan pemanggang tradisional dari batu bata merah membuat dapur sederhana menarik tanpa banyak pernak-pernik. Meja dapur bisa diletakkan di dekatnya agar dapur terbuka tidak makan banyak tempat. 

Baca juga: 

27 Ide Tempat Panggangan Bertema Rustic yang Indah dan Terjangkau! 

9. Compact dan fungsional

Dapur terbuka tidak harus lebar, hanya beberapa meter pun sudah cukup. Hal yang perlu diperhatikan saat merancangnya adalah memperhitungkan luas lahan dan cara merespon kondisi ruang. Ini perlu dilakukan agar dapur terbuka menjadi lebih fungsional.  

10. Praktis dan sederhana

 Teras by Erika Winters® Design
Erika Winters® Design

Choapan Decor by Erika Winters®Design

Erika Winters® Design

Ingin punya tempat bersantai tapi tinggal di gedung bertingkat, alias apartemen? Desain dapur terbuka ini solusi untuk Anda. Meja dapur beton dibangun di sepanjang dinding balkon, lengkap dengan laci bersusun sebagai tempat penyimpanan. Meja makan payung memungkinkan Anda bersantai di tengah hari tanpa kepanasan.  

Baca juga: 

10 Balkon Kecil Tapi Indah Untuk Inspirasi Anda 

11. Dapur klasik di lantai dua

Dapur terbuka ini juga terletak di lantai dua sebuah apartemen. Kesan alami terlihat jelas berkat penggunaan backsplash lempeng batu alam. Jendela, kompor dan bak cuci pring setengah lingkaran beraksen batu bata merupkan sentuhan Mediterania yang sangat kental di dapur ini.

Tertarikkah Anda memiliki dapur terbuka (di luar ruangan)? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!