Rumah by 五藤久佳デザインオフィス有限会社

Kombinasi Gaya Desain Modern Minimalis dan Tradisional Jepang yang Seimbang dan Inspiratif

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Bagi Anda para penggemar Anime atau Manga, tentunya sudah tidak asing lagi dengan gambaran rumah tradisional Jepang. Dipadu dengan desain lansekap yang asri, siapapun tidak akan menolak untuk tinggal di rumah gaya tradisional Jepang yang kerap disebut sebagai Minka ini. Meski memiliki daya tarik kultur yang kuat, kami menyadari bahwa tidak semua aspek dari Minka dapat diterapkan dalam kehidupan modern saat ini, khususnya Indonesia.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan insiprasi bagi anda yang sedang mempertimbangkan desain gaya jepang untuk rumah idaman anda namun ragu dengan kepraktisannya dalam kehidupan sehari-hari. Iwakura House, salah satu proyek rumah dari professional kami, Goto Hiyahoshi Design Office adalah contoh proyek yang berhasil mendemonstrasikan keseimbangan antara gaya desain tradisional yang terpadu dengan gaya hidup masyarakat modern.

Yuk, mari kita simak buku ide ini lebih lanjut untuk mengetahui detailnya.

Kesederhanaan Area Pintu Masuk

Area pintu masuk merupakan area yang unik pada rumah – rumah Jepang. Berbeda dengan rumah di Indonesia yang pada umumnya memiliki pintu masuk yang dibuat terkesan megah, pintu masuk pada rumah – rumah di Jepang lebih menekankan pada unsur kesederhanaan. Hal ini terlihat dari ukuran dan skala area penerimaan yang cenderung lebih kecil namun memberikan rasa nyaman sekaligus kesan ramah bagi pengunjung.

Desain Lansekap Zen

Minimalis dengan dominasi batu alam adalah salah satu ciri lansekap gaya jepang yang bisa kita pelajari dan terapkan di Indonesia. Selain enak dipandang, strategi ini juga menjadikan perawatan taman lebih mudah Kelebihan lainnya dari lansekap seperti ini adalah area yang dibutuhkan tidak selalu harus besar dan luas karena penerapan ide pada area kecilpun juga dapat memberikan hasil yang menawan.

Paduan Warna Netral dan Alami yang Bersih

Pilihan warna netral seperti putih serta material – material alam seperti kayu merupakan salah satu tips untuk menciptakan kesan Jepang dalam rumah anda. Kebersihan dan kesederhanaan desain yang dipadu dengan pencahayaan alami akan menciptakan suasana zen yang kerap disamakan sebagai suasana damai dalam rumah anda. 

Bagi anda pencinta budaya Jepang, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan desain ruangan dengan alas Tatami yang dapat digunakan sebagai ruang serbaguna, layaknya Washitsu dalam rumah tradisional Jepang. Jangan lewatkan juga ide Ruang Tamu ala jepang.

Penerapan Unsur Modern yang Selaras

Meski terlihat sangat tradisional dari sisi luar, bagian dalam rumah ini sebenarnya sangat modern. Terlihat dari adanya dapur gourmet di tengah ruangan serta pilihan sanitary pada area kamar mandi. Hal ini mencerminkan adanya keseimbangan antara unsur – unsur tradisional yang dipadukan dengan cermat untuk menciptakan kenyamanan hidup di era modern ini.

Konnektivitas Ruang Dalam dan Luar

Strategi lain dari rumah Jepang yang unik adalah keterbukaan serta kesinambungan area dalam dan luar ruangan. Bukaan yang lebar didesain oleh Hiyahoshi untuk mencapai ide ini. Prinsip ini tentunya sejalan dengan prinsip arsitektur iklim tropis sehingga layak untuk diterapkan di Indonesia. Keterbukaan pada area luar pada akhirnya juga mendekatkan kita pada alam dan memberikan efek psikologis yang positif bagi penghuni.

Ide manakah yang paling menarik dan inspiratif bagi anda? Bagikan kepada kami.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!