Dapur by Egue y Seta

9 Tips Interior Untuk Apartemen Kecil

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kita semua memiliki kebebasan untuk bermimpi dan bercita-cita. Tidak harus sesuatu yang megah dan fenomenal, pencapaian atas hal sederhana pun juga berharga. Yang diperlukan hanyalah kepiawaian kita dalam menyikapinya. Ahli kami Egue And Seta melaksanakan proyek menata ruang sebuah apartemen kecil di Barcelona, Spanyol, sedemikian rupa agar pemiliknya merasa telah mencapai apa yang diimpikannya. Bagaimana caranya? Mari kita kunjungi kota laskar Blaugrana (Barcelona FC) sekarang!  

1. Mengintegrasikan ruang

Seperti yang terlihat pada gambar, apartemen ini memiliki sentuhan industrial dengan struktur seperti gudang. Lengkap dengan ruas-ruas atap logam dan plafon serta dinding batu bata. Mengintegrasikan tiga ruang, yaitu dapur, ruang tamu dan ruang makan, adalah cara yang biasa dilakukan agar interior hunian sempit terlihat luas. Kayu adalah elemen yang menambah kehangatan dalam ruang, diselingi elemen hitam pada langit-langit ruangan. Tata cahaya ruangan disesuaikan, lampu-lampu spot diletakkan di titik tertentu untuk menonjolkan titik tersebut.  

2. Perbedaan warna

Lihat, ada keharmonisan yang begitu cerdas di ruangan ini. Desainer menggunakan warna cerah untuk menonjolkan satu area sekaligus sebagai penanda batas antar area apartemen. Area kubus bercat biru pastel menandakan batas ruang tamu sekaligus menunjukkan fungsinya sebagai pintu masuk apartemen. Lantai ruangan ini berbeda-beda sesuai fungsi masing-masing. Lantai mosaik pada ruang tamu dan dapur, lantai kayu untuk ruang makan. 

Baca juga: 

10 Warna Agar Ruangan Sempit Tampak Luas 

3. Banyak ruang penyimpanan di dapur

Lemari atau ruang penyimpanan mutlak dimiliki hunian berdimensi kecil. Dapur berbentuk U ini dilengkapi dengan lemari putih memanjang, serta rak-rak terbuka dengan tampilan segar dan kekinian. Tampilan ini didukung oleh penggunaan material kayu dan lampu LED gaya industrial, serasi dengan dinding batu bata di balik kitchen counter. Penggunaan furnitur ruang makan beraksen ringan dan berdetil sederhana membuat area ini fungsional sekaligus artistik. 

4. Furnitur dan elemen hias simpel

Sangat disarankan membatasi penggunaan furnitur dan hiasan di area berukuran kecil. Di sini digunakan sofa abu-abu bergaya retro-chic yang kontras dengan dinding biru. Efek optis lantai mosaik dan potret David Bowie mengundang atmosfer 80-an dalam apartemen industrial ini. 

5. Warna cerah di kamar tidur

Warna cerah bisa menimbulkan suasana hati yang juga cerah. Di kamar tidur ini dinding batu bata berfungsi sebagai latar belakang untuk kepala tempat tidur berwarna putih. Warna yang sama juga diterapkan pada karpet, dinding, dan meja rias. 

Baca juga: 

7 Kesalahan Saat Menata Tempat Tidur 

6. Tidak hanya satu jendela

Apartemen memang hanya punya satu pintu masuk, tapi tidak demikian dengan jendela. Sudut ini masih berada di kamar tidur, bagian yang tidak tampak pada gambar sebelumnya. Sudut ini digunakan sebagai lemari pakaian dengan jendela kaca di belakangnya. Sebuah cara cerdas membatasi area kamar tidur dan ruangan lain dengan memanfaatkan rangka penyangga plafon.  

7. Aksen dinding

Warna biru juga digunakan di kamar tidur, sama seperti dinding di sekitar pintu masuk. Di sini warna biru berfungsi sebagai aksen dinding dan pintu masuk kamar tidur dan kamar mandi shower. Lihatlah kerai yang digunakan sebagai penghalang antara kamar mandi dan kamar tidur. Menarik bukan? Aksen dinding juga menjadi elemen hias sederhana yang praktis untuk ruangan sempit. 

8. Menjaga kerapian

Baik hunian besar atau kecil harus dijaga kerapiannya agar terasa nyaman ditinggali. Kepala tempat tidur di sini telah dirancang agar bisa sekaligus berfungsi sebagai meja samping tempat tidur dan tempat penyimpanan. Pemilihan warna furnitur juga harus diperhatikan agar tidak membuat suasana terkesan terlalu ramai. 

9. Kamar mandi shower

Kamar mandi shower adalah solusi sarana kebersihan di rumah atau apartemen sempit. Di apartemen ini, kamar mandi dihias dengan menggunakan warna putih sehingga tampak lebih luas, bersih dan higienis. Tampak kontras dengan pola geometris di lantai yang juga telah kita lihat di ruangan lain. Dinding keramik beraksen batu bata menciptakan kesinambungan antara kamar mandi dengan seluruh bagian apartemen. 

Masih butuh ide untuk apartemen sempit? Silakan baca: 

Apartemen Satu Ruangan Praktis dan Nyaman 

Apa yang akan Anda lakukan agar hunian kecil terlihat luas? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!