by homify

10 Ide Daur Ulang Barang Bekas Untuk Taman Anda

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Jumlah manusia semakin bertambah, demikian juga dengan sampah. Apa jadinya jika suatu hari nanti tanah dan lautan di Bumi ini tertutup sampah seluruhnya? Agar hal mengerikan ini tidak terjadi, mengurangi jumlah sampah mutlak kita lakukan. Coba lihat barang-barang bekas di gudang, apakah masih ada yang bisa digunakan kembali? Beberapa barang yang tampak sudah usang dan rusak bisa dimanfaatkan untuk mempercantik taman Anda. Coba lihat beberapa ide daur ulang barang bekas berikut ini. 

1. Pot bunga dan bunga berwarna senada

Jika memiliki tanaman hias berbunga, coba tanam dalam pot yang warnanya sama dengan warna bunga. Anda bahkan dapat mencat ulang furnitur taman yang sudah usang dengan warna itu. Lihat bagaimana hasilnya. Indah bukan? 

2. Tempat sampah buatan sendiri

  by homify

Palet kayu bekas bisa dicat ulang dengan warna kesayangan. Kemudian gunakan sebagai wadah untuk mengumpulkan daun-daun kering, ranting, akar dan sampah kebun lainnya. Biarkan sampai membusuk dan Anda bisa menggunakannya sebagai pupuk alami untuk menyuburkan tanaman. 

Baca juga:

43 Ide Daur Ulang Palet Kayu yang Wajib Anda Coba 

3. Menghias dinding dengan pot dinding

  by homify

Area depan rumah butuh dihias tapi tidak tersedia cukup lahan untuk taman? Hias dinding depan rumah dengan pot dinding berisi tanaman hias cantik. Anda juga bisa mencat ulang pot dinding agar tampak lebih menarik. 

Baca juga: 

37 Contoh Desain Taman Vertikal 

4. Sangkar burung bekas

  by homify

Akan ada pesta kecil di rumah dan Anda ingin suasana yang berbeda dari biasanya. Sangkar burung bekas bisa dicat ulang agar tampak seperti baru. Kemudian letakkan bunga-bunga warna-warni dan berbau harum di dalamnya. 

5. Vas bunga buatan sendiri

  by homify

Botol atau gelas yang bocor atau telah pecah tepinya masih bisa dimanfaatkan kembali. Lilit dengan tali jerami (bisa didapatkan di toko bahan kerajinan atau toko online) atau sejenisnya. Anda juga bisa memilih bahan lain yang pas dengan ukuran botol atau gelas bekas. 

6. Hiasan pintu

  by homify

Apakah Anda memiliki bunga-bunga yang masih segar setelah beberapa saat dipetik dari pohonnya? Atau tanaman yang memiliki bentuk dan tekstur unik saat telah mengering? Kumpulkan dan tatalah menjadi hiasan dinding atau pintu depan. 

7. Ban bekas

  by homify

Ban mobil bekas bisa dimanfaatkan sebagai pot atau petak tanaman. Jangan lupa mencatnya dengan warna cerah kesayangan Anda. 

8. Kayu bekas

  by homify

Adakah kayu bekas bahan bangunan atau bongkaran di sekitar Anda? Potong jadi beberapa bagian dan bentuklah menjadi gantungan untuk pot bunga semacam ini. 

9. Kaleng biskuit atau cetakan kue bekas

  by homify

Tanaman sukulen sedang jadi tren belakangan ini. Jika tak ada punya lahan luas Anda bisa menanam beberapa jenis tanaman sukulen dalam cetakan-cetakan kue yang telah berkarat atau tak bisa dipakai lagi. Kemudian tata tanaman-tanaman itu dalam kaleng biskuit bekas seperti contoh. 

10. Lampu bohlam bekas

  by homify

Lampu bohlam yang sudah mati bisa digunakan kembali sebagai pot untuk tanaman air berukuran kecil. Cukup lubangi dan lepaskan isi lampu bohlam, lalu isi dengan air dan tanaman pilihan Anda. 

Baca juga: 

20 Ide Taman DIY Sederhana dan Terjangkau yang Memukau! 

Apa barang bekas yang paling mudah ditemukan di sekitar Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!