Koridor dan lorong by Cássia Lignéa

7 Ide Cantik dan Ekonomis Untuk Area Masuk Rumah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kadang kala rutinitas sehari-hari membuat kita mengabaikan hal-hal kecil di sekitar kita. Kita melewati area masuk rumah setiap hari dan tidak sadar betapa berantakannya area penting ini. Ibarat tubuh, area masuk rumah adalah wajah kita. Anda tak mau kan wajah kita tampak kusam dan tak terawat? Agar area masuk rumah menampakkan keanggunan dan kepribadian kita, segera atur ulanglah sekarang juga. Penataan atau dekorasi ulang tidak harus membutuhkan biaya besar. Inilah beberapa ide ekonomis dari homify untuk menata ulang area masuk rumah Anda. 

1. Ide untuk area masuk rumah bersudut

Apakah area masuk rumah Anda merupakan koridor yang berkelok seperti contoh? Manfaatkan tepi koridor untuk dua fungsi berbeda. Di sini kita lihat ada meja di koridor untuk meletakkan kunci kendaraan dan hiasan. Sedangkan di sudut lainnya ada bangku kayu yang bisa digunakan untuk duduk saat mengenakan atau mengganti alas kaki. 

2. Cermin untuk efek lebih lapang

Koridor ini menarik namun simpel. Dinding dicat dengan warna dan motif berwarna kontras, lalu sebuah cermin diletakkan tepat di area lalu lalang. Dua solusi yang mudah diterapkan dan dapat meningkatkan karisma dan nilai ruang. Agar lebih nyaman, Anda bisa meletakkan meja di samping dan karpet yang empuk. 

3. Furnitur antik

Furnitur antik selalu bisa menghadirkan nuansa berbeda di rumah kita, tergantung bagaimana cara kita memadu padankannya. Di sini meja antik berlaci ditempatkan di sudut koridor bersama lampu meja dan hiasan gaya kontemporer. papan tulis yang diletakkan di belakangnya berisi pesan pembangkit motivasi bagi siapa saja yang melintasinya. 

4. Agar area masuk rumah monokrom tidak terkesan pucat

Gaya monokrom mungkin jadi pilihan Anda yang jatuh cinta dengan warna putih. Penggunaan warna ini memang bisa membuat rumah tampak cerah dan bersinar. Namun jika tidak berhati-hati, justru kesan pucat dan membosankan yang akan muncul. Cegah hal ini dengan meletakkan tanaman hias segar di sekitar koridor. Gunakan juga warna-warna cerah yang senada untuk elemen hias lainnya. 

Baca juga: 

Apartemen 43 m² Menawan Dalam Balutan Monokrom 

5. Furnitur bermotif

Meletakkan sofa dan meja kopi di dekat area masuk rumah umum dilakukan masyarakat Indonesia. Kali ini coba buat perbedaan dengan menggunakan furnitur bermotif untuk area masuk rumah. Jika Anda sudah menggunakan furnitur bermotif, tambahkan bantal kursi polos warna cerah dan karpet empuk senada. 

6. Rak buku

Ide ini bisa diterapkan jika jarak antara pintu depan dan ruang tamu tidak besar. Rak buku bisa tampil sebagai sekat antara koridor dan ruang tamu yang hampir tak kentara. Cat rak buku dengan warna putih atau warna cerah dan pajang buku-buku bertema ringan di sana agar bisa dibaca para tamu untuk melewatkan waktu. 

7. Ganti warna pintu depan

Mengganti warna pintu depan sisi dalam bisa menghadirkan nuansa yang lebih meriah di area masuk rumah. Pilih warna yang kontras dengan dinding. Jangan lupa untuk mengharmoniskannya dengan elemen lain di sekitar area ini. 

Baca juga: 

15 Trik Untuk Mempercantik Area Masuk Rumah Anda

Apakah Anda memiliki area masuk rumah yang terpisah atau terintegrasi dengan ruang tamu? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!