Ini dia 13 Rumah Nyaman yang Bisa Dibangun dengan Dana Terbatas | homify Ini dia 13 Rumah Nyaman yang Bisa Dibangun dengan Dana Terbatas

Ini dia 13 Rumah Nyaman yang Bisa Dibangun dengan Dana Terbatas

Rachel Audrey Rachel Audrey
HOUSE HABITAT
Loading admin actions …

Mungkinkah membangun sebuah rumah sesuai dengan selera tapi dana yang ada terbatas? Mungkin saja, dan rumah mungil pastinya jadi pilihan yang terbaik untuk Anda. Mengapa? Pertama, Anda tidak perlu lahan yang luas, material yang dipakai juga akan lebih hemat dengan begini.Lalu, waktu konstruksi juga lebih pendek sehingga biaya yang dikeluarkan pasti cenderung hemat. Tak cuma itu, rumah mungil juga cantik dalam hal penampilan dan membuat orang jadi secara emosional lebih dekat dan akrab. 

Buku ide ini akan memperkenalkan Anda 13 rumah mungil yang nyaman tapi ramah budget. Dengan gaya yang berbeda-beda, mulai dari gaya country, modern, Eropa hingga Jepang, bisa Anda temukan dan sesuaikan dengan selera Anda. Sudah siap untuk melihat-lihat seperti apa saja rumahnya?

1. Rumah modular

Biaya untuk membuat rumah modular relatif murah, tapi bukan berarti tipe rumah ini tidak cantik. Rumah mungil seperti dalam gambar memiliki tangga kayu, tapi kental dengan atmosfer gaya country. Sangat cocok jika Anda ingin merasakan hawa pedesaan.

2. Ubin Genteng ala Jepang

Rumah selanjutnya memiliki genteng ubin yang khas sekali seperti tradisional Jepang, dengan pintu geser yang menawan yang pasti mencuri perhatian. Di tambah lagi, ruangan di atas jendela terbuka hingga ventilasi dan pencahayaannya sangat bagus. Semua orang rasanya bisa tinggal dengan nyaman di sini.

3. Rumah yang bisa Berpindah

Para ahli di Taiwan membangun rumah bergerak ini menjadi sangat kecil, hanya 700meter persegi. Cocok untuk orang yang suka berkelana.

4. Pondok ajaib

Aksen kayu dan pintu geser kaca pada rumah ini membuat orang jatuh cinta. Desainnya tidak memakan banyak tempat, cocok untuk Anda yang ingin tinggal berdua saja dengan pasangan.

5. Ruang kecil cantik ala Portugal

Ketika Anda melewati rumah ini, Anda pasti tidak menyangka kalau rumah ini punya dua lantai. Dengan gaya interior terang dan dominan putih juga makin membuat rumah mungil jadi terasa lega.

6. Pondok kayu yang bisa berpindah

Para ahli di Taiwan ini juga membangun rumah kayu yang bisa berpindah yang nampak seperti dongeng, seperti dalam mimpi. Ada dua desain kabin yang bisa ANda pilih, mana yang jadi favorit Anda?

7. Gabungan semen dan kayu

Rumah ini memiliki atap segitiga 3 dimensi, makin indah dengan beton dan kayu. Lebihnya, cuma sekitar 400jutaan untuk rumah sefungsional dan mewah ini. Mahal?

8. Rumah kecil ala Korea

Ini mirip sekali dengan inspirasi rumah kecil gaya pedesaan di Korea. Meski cuma sekecil ini tapi perlengkapan dalam ruangannya cukup lengkap. Anda juga bisa merasakan dominan tekstur kayu di dalam rumah mungil ini.

9. Rumah mungil kuning terang

Yang paling menarik dari rumah mungil ini tak cuma warnanya yang lembut tapi juga dapur terbukanya. Nilai tambah yang tak boleh dilewatkan nih.

10. Rumah kontainer mini

Kontainer biru ini bisa jadi rumah mungil yang indah, dan cuma butuh biaya 100 jutaan saja untuk mewujudkannya. Tertarik untuk membangunnya?

11. Rumah tradisional Korea

Lucia’s earth studio_GAON Rumah: Ide desain interior, inspirasi & gambar
studio_GAON

Lucia’s earth

studio_GAON

Menggabungkan tradisional dan modern adalah konsep dari rumah ini. Meski tidak terlalu luas tapi atapnya yang tinggi memberi kesan yang luas dan terang.

12. Rumah atrium

Atrium ini adalah desain terbaik jika kita membicarakan rumah mungil. Setiap sudut yang mendapat pencahayaan pun membuat siapa saja di dalamnya merasakan sejuk dan kehijauan dari dalam rumah.

13. Rumah pedesaan

Rumah kecil di pedesaan ini memang sangat tradisional tapi desainnya yang menawan membuat orang merasa bahwa rumah ini memang buatan para ahli. 

Tips bangun rumah pedesaan nyaman murah

1. Hal pertama tips membangun rumah dengan dana terbatas adalah mendirikan fondasi, lalu dilanjutkan memasang sloof, mendirikan batu bata, memasang kuda kuda atap, memasang kusen pintu dan jendela. Untuk sampai ke tahap ini Anda telah menghemat pengeluaran, dan ini menjadi cara membangun rumah dengan dana minim. Pada tahap ini Anda sudah mengeluarkan budget kurang lebih 30 juta untuk ukuran rumah 6 x 6 meter. Dan tahap ini tidak melakukan proses pangacian atau pengeramikan ya, dan Anda sudah bisa menempati rumah tersebut.

2.Lakukan finishing berkala

Setelah dana Anda cukup, langkah selanjutnya melakukan finishing secara berkala. Anda bisa memilih bagian mana yang mau diselesaikan terlebih dahulu, dan hal ini akan membuat harga bangunan menjadi lebih terjangkau.


Biaya membangun rumah semi permanen

RYN House - Desain Interior Rumah Bapak Ryan - Sleman, D. I. Yogyakarta Rancang Reka Ruang Dapur kecil White
Rancang Reka Ruang

RYN House – Desain Interior Rumah Bapak Ryan – Sleman, D. I. Yogyakarta

Rancang Reka Ruang

Untuk contoh, kami memakai bangunan rumah berukuran 4x5meter. Rumah semi permanen ini menggunakan 1 meter kebawah pake bata, dan ke atasnya pake triplek Grc, yaitu triplek yang tahan panas dan hujan.

Biaya pembangunan rumah seperti ini dengan anggaran sekitar Rp23 juta sudah siap dihuni.

Rumah terdiri dari:

-1 kamar tidur

-Ruang tamu atau ruang keluarga

-Dapur dan ruang makan

-Kamar mandi

-Teras


Berikut rincian dari denah rumah semi permanen 4x5 meter:

-Kamar tidur berukuran 2,5x2,5m

-Ruang tamu atau ruang keluarga berukuran 4x2,5m

-Dapur atau ruang makan berukuran 1,5x25m

-Kamar mandi berukuran 1,5x1,5 m


Atapnya memakai seng putih yang harganya lebih murah, dibandingkan seng merah atau atap lainnya.


Bangun rumah minimalis murah

Untuk contoh rumah minimalis satu ini, arsitek merasa tertantang untuk mendesain rumah yang tidak hanya ‘segar’ secara visual, namun memperhitungkan secara cermat setiap jengkal lahan yang tidak terlalu besar ini, menjadi ruang-ruang fungsional yang memberikan dampak positif bagi penghuninya kelak.


Penggunaan kayu sebagai bagian dari konsep desain terlihat pada tampilan bangunan; Trap tangga utama beton cor yang dilapis dengan multipleks; Lantai parket kayu pada kamar tidur utama ; Deck kayu pada lantai teras-foyer dan balkon lantai atas ; serta pada hampir semua custom furniture-nya.


Dan berikut hitung-hitungan biaya bangun rumah minimalis:

1. Biaya tenaga kerja tukang

Pertama hitung dulu berapa biaya tukang yang akan bekerja.  Sistem harian, biayanya per hari sekitar Rp100-150 ribu per hari. Biaya borongan sekitar Rp600-800 ribu per meter persegi.

2. Luas tanah dan bangunan

Untuk contoh jika ingin membangun rumah 21/60, Anda membutuhkan tanah seluas 60 meter persegi dan harga tanah di di Jakarta sekitar Rp2.000.000/m². Jadi, biaya yang perlu disediakan untuk membeli tanah= Rp2.000.000 x 60 = Rp120.000.000.


Perkiraan biaya untuk pembelian material, seperti pasir, batu bata, semen, genteng, keramik, dan sebagainya, bisa Anda komunikasikan dengan arsitek atau kepala pekerja, material apa saja yang dibutuhkan dan berapa harganya.

Dari ke-13 rumah mungil yang ada di atas, mana yang membuat Anda makin terinspirasi untuk segera dimiliki?

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian