Rumah by 2architecten

7 Cara Membuat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Musim hujan sudah berakhir di beberapa wilayah di Indonesia. Sebagai gantinya adalah musim kemarau yang akan berlangsung beberapa bulan ke depan. Di masa seperti ini, sinar matahari akan terasa lebih menyengat dan suhu udara meningkat. Suasana di dalam rumah pun terpengaruh perubahan suhu ini. Memasang penyejuk ruangan atau kipas angin memang bisa mengusir hawa panas. Namun ini akan membuat isi dompet terkuras akibat biaya tagihan listrik bertambah. 

Agar kepala tak ikut-ikutan panas memikirkan kenaikan biaya listrik, cobalah beberapa trik berikut ini. 

1. Buka pintu dan jendela di pagi dan sore hari

Kita cenderung membuka semua pintu dan jendela saat temperatur di luar memanas. Pastikan agar hawa panas tidak masuk ke dalam rumah saat kita membuka pintu dan jendela. Sekali hawa panas masuk, sulit untuk mengeluarkannya kembali. Solusinya, cukup buka beberapa jendela dan pintu saja. Hawa yang lebih segar akan masuk ke rumah jika kita membuka semua pintu dan jendela di rumah pagi-pagi sekali atau menjelang senja. 

Baca juga: 

Jendela dan Pintu Kaca Modern Untuk Rumah Gaya Kolonial

2. Ventilasi silang

Jika memungkinkan, buatlah ventilasi silang di rumah untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk. Caranya adalah dengan membuat dua jendela atau ventilasi yang saling berhadapan. Ini dapat memperlancar sirkulasi udara dan rumah pun akan tetap sejuk di segala cuaca. 

3. Batasi penggunaan perangkat elektronik rumah tangga

Beberapa perangkat elektronik seperti mesin pencuci piring, pengering pakaian, seterika, dan water heater menghasilkan panas saat beroperasi. Hindari menggunakan perangkat-perangkat ini di siang hari agar hawa panas tidak menyebar ke dalam rumah. Lebih baik mengoperasikannya di pagi atau sore hari. 

4. Kerai bambu

Kerai bambu adalah cara sederhana untuk menangkal paparan sinar matahari. Udara yang berhembus melalui sela-selanya akan membuat temperatur dalam rumah terasa sejuk. Selain itu, kerai bambu mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau. Pasang kerai bambu di depan jendela rumah yang paling terpapar sinar matahari. 

5. Menanam pohon

Mengapa suhu Planet Bumi semakin panas? Karena pepohonan semakin berkurang. Tanam sebatang pohon di halaman belakang atau depan sekarang juga. Dengan berlalunya waktu, pohon itu akan tumbuh besar. Daun-daunnya akan membantu menghalangi paparan sinar matahari. Di siang hari pohon akan menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen, sehingga suhu udara di sekelilingnya akan menjadi sejuk. Jangan lupa memangkas dahan pohon secara teratur agar ranting keringnya tidak mengotori atap rumah. 

Baca juga: 

10 Rumah Paling Nyaman Saat Cuaca Panas 

6. Membuat kolam

 Taman by Hoveniersbedrijf Guy Wolfs
Hoveniersbedrijf Guy Wolfs

Patiogarden with steel pond and water feature

Hoveniersbedrijf Guy Wolfs

Kolam ikan akan membuat taman lebih indah. Selain itu, unsur air selalu menghasilkan suasana yang lebih sejuk dan menyegarkan bagi sekelilingnya. Menurut ilmu Feng Shui, kolam ikan koi dapat membawa keberuntungan bagi pemilik rumah. 

7. Awning Luxaflex

Fungsi awning Luxaflex sama dengan kerai bambu. Yaitu membantu menangkal paparan sinar matahari yang terlalu kuat dan panas. Perbedaannya, awning Luxaflex dipasang pada jendela bagian dalam. Kerai ini juga sesuai untuk rumah yang menerapkan desain modern minimalis

Selain AC dan kipas angin, apa sajakah yang bisa membuat rumah tetap sejuk? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!