by Gプランニングアソシエイツ

Proses Renovasi Rumah Tua Bergaya Jepang yang Hampir Hancur Dimakan Usia

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Karena adanya perubahan dalam teknologi pembangunan serta adanya teknologi produksi bahan bangunan yang juga semakin maju, rumah tradisional bergaya Jepang sudah mengalami banyak sekali penyesuaian dalam waktu singkat. Transisi dari rumah yang berubah karena zaman serta karena adanya perubahan gaya hidup kebanyakan masyarakatnya juga menjadi pengaruh besar. Dengan zaman yang sudah berubah sehingga anak-anak sekarang tumbuh di rumah bergaya modern, akan banyak sekali anak-anak yang tidak mengenali lagi rumah tradisional khas Jepang. Karena itulah, rumah-rumah bergaya tradisional seperti yang ada di dalam buku ide ini berusaha dilestarikan, dan akan tampak segar dan menjadi napak tilas ke kenangan masa lalu yang berharga.

Kali ini, rumah yang akan jadi bahan diskusi adalah rumah privat yang direnovasi oleh G Planning Associates yang akan mencoba memperindah rumah berusian 140 tahun ini. Dengan figur tradisional Jepang yang dipertahankan, proyek yang satu ini memiliki keindahan dan nilai tradisional Jepang yang kembali dihidupkan.

1. Sebelum: Penampilan yang hancur

Pada pandangan pertama, kondisi rumah Jepang tradisional yang sudah melalui beberapa transisi dalam 30 tahun terakhir ini tampak tidak terawat. Sebuah rumah dalam kondisi yang tidak dirawat dan dijaga akan tampak rusak dan tua.

2. Sesudah: Penampilan yang sudah dipulihkan dan keindahan yang dikembalikan

Dinding berbahan tanahnya sudah dipugar dan keindahan orisinil pada rumah ini dikembalikan dengan penyelesaian lapisan akhir. Pembuatan dinding otentiknya menampilkan bingkai struktur rumah yang terdiri dari pilar dan tiang yang unik dan memiliki metode konstruksi tradisional. Tampilan ini dipersembahkan oleh sejarah dan tradisi yang sudah terakumulasikan selama beberapa waktu lamanya di Jepang, dengan kemampuan sekelas master dalam penyusunan tiang-tiang, lapisan-lapisan, material bangunan yang jauh dari kata biasa. Indahnya rumah ini jelas tidak terlepas dari tangan dingin mereka yang menatanya sedemikian rupa. 

Untuk mewujudkan sisi tradisional rumah Jepang di era modern seperti ini, konstruksi dan biayanya harus mengalami pelebaran dan pastinya sulit diwujudkan. Namun, demi mempertahankan originalitasnya, segala cara dilakukan dan hasilnya pun tak mengecewakan.

3. Sebelum: Di dalam ruangan yang pesonanya pudar

Sejarah rumah ini memang lebih dari 140 tahun lamanya, namun tampak jelas usia tua yang sakit dari rumah ini karena sudah begitu lama ditinggalkan. Karena banyaknya debu dan binatang yang menjadi penghuni rumah lama ini, banyak sekali masalah yang timbul dalam renovasi ulangnya.

4. Sesudah: Pesona yang direka ulang

Kerangka struktur bangunan yang bagus dapat tetap dipertahankan di dalam rumah privat yang tua ini, dan kesesuaian yang dapat dengan mudah ditemukan di era modern seperti saat ini dengan penggunaan ruangan yang tepat. Terdapat benyak sekali bagian yang berbeda dari gaya hidup kekinian dengan penataan kuno. Dapur yang baru dibangun dengan penataan yang tersedia bersama jendelanya akan menjadi akses ke pemandangan yang dapat dilihat dari dalam rumah, sebuah mekanisme yang memperkaya kehidupan orang yang menghuni rumah tersebut.

5. Kondisi dapur dengan gaya Tatami

Dapurnya sendiri menggunakan lantai kayu dan dengan ruangan tatami yang secara tidak terduga cocok untuk tatanan modern yang baru ini. Terdapat konter dengan wastafel tempat mencuci piring dan ruangan bergaya Jepang di sebelahnya sehingga dapat menjadi area berkumpul. Jika Anda menghabiskan waktu cukup lama di area ini, Anda dapat merasakan gaya rustic-nya dan Anda akan tersentuh kembali oleh keindahan rumah ini.

6. Sebelum: Di dalam ruangan, erosi yang terjadi sangat buruk

Tanaman liar yang tumbuh di dalam bangunan dan Hakubishin yang menghuni loteng membuat kerusakan dalam rumah semakin parah. Kondisi ini juga membuat orang yang ada di dalamnya tidak betah. Meski begitu, pesonanya yang tersembunyi masih dapat dirasakan.

7. Sesudah: Kebangkitan dari rumah tua privat layaknya bangunan baru.

Siapa yang percaya bahwa reruntuhan tadinya menghuni area ini? Renovasi proyek yang sangat bermasalah ini menciptakan konstruksi baru dan menghabiskan banyak sekali energi dan tenaga, emosi dan waktu. Kayu yang mendominasi menunjukkan selera pencahayaan yang maksimum sehingga penampilan kayu pun makin unik dan indah. Kemewahan seperti ini tidak disebabkan oleh lokasi atau biaya yang dihabiskan tapi karena keberhasilan menjaga utuh keindahan masa lampau untuk masa depan.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!