Rumah by ONE!CONTACT - Planungsbüro GmbH

8 Renovasi Jendela dan Pintu Terbaik Agar Rumah Tampil Menarik

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Renovasi rumah bisa dilakukan dengan cara sederhana. Tidak harus dengan melakukan perbaikan besar-besaran, atau mengubah bangunan asli rumah sama sekali. Jika rumah adalah tubuh manusia, maka jendela adalah matanya. Agar dapat hidup damai sejahtera, cara pandang kita sebaiknya diperbaiki sesuai jaman. Agar rumah lebih nyaman, ada baiknya jendela mendapat perhatian lebih. Dengan mata kita menangkap dan memahami segala hal di sekitar kita. Seperti jendela yang menjadi jalan untuk udara dan sinar matahari yang kita butuhkan setiap hari. 

Inilah beberapa rumah yang berubah menjadi luar biasa mempesona setelah renovasi jendela dan pintu. 

1. Sebelum: suram dan seram

Sulit dipercaya ada yang berani tinggal di rumah seram ini. Bangunannya masih kokoh. Namun teras yang kurang cahaya membuat rumah ini tampak suram. 

Sesudah: wow!

Saya pun masih sangsi ini adalah rumah yang sama. Atap teras diruntuhkan. Kemudian jendela di lantai satu dan dua digeser dari tempat semula. Pintu yang awalnya ada di sebelah kanan digeser ke sebelah kiri. Pagar batu diganti dengan pintu gerbang beton berlapis kayu yang sekaligus berfungsi sebagai pintu garasi. 

2. Sebelum: pucat dan kusam

Rumah ini tampak terlantar dan tak terawat. Pasti Anda setuju kalau rumah ini sempurna untuk lokasi syuting film horor. 

Sesudah: cerah dan modern

Hasil renovasi rumah yang mengagumkan! Jendela gaya lama digantikan pintu geser kaca di lantai satu dan dua. Solusi praktis untuk memperlancar sirkulasi cahaya dan udara. 

3. Sebelum: mengkhawatirkan

Kondisi rumah yang seperti ini membuat orang khawatir akan keselamatannya. Dinding rumah tampak rapuh dan warna abu-abu membuat rumah terlihat tua. 

Sesudah: lebih cerah dan mempesona

Setelah direnovasi, rumah ini tetap menggunakan warna abu-abu. Hanya kali ini lebih cerah dan mendekati warna putih. Selain itu, jumlah jendela juga ditambah dan diubah menjadi jendela kaca panjang. 

Baca juga: 

Renovasi Hunian Rusak Menjadi Tempat yang Nyaman 

4. Sebelum dan sesudah: menghilangkan detil yang terlalu rumit

Rumah ini sebenarnya tampak baik-baik saja, meski cat hijau muda membuatnya terlihat pucat. Desainer mengubah fasad rumah menjadi lebih klasik dan menghilangkan detil pada jendela yang terlalu rumit. 

5. Sebelum dan sesudah: dari rumah lama ke rumah abad 21

Sebelumnya, rumah ini tampak tidak istimewa dan ketinggalan jaman. Para arsitek telah merenovasinya dengan mengganti bentuk atap menjadi atap datar dan mengubah bentuk jendela di lantai satu dan dua. 

6. Sebelum dan sesudah: dari atap pelana ke atap datar

Sama seperti contoh sebelumnya, arsitek memberikan penampilan dari ke rumah gaya kolonial ini dengan mengganti bentuk atap dan jendela. Atap pelana diganti dengan atap datar, sedangkan jendela dan pintu juga disesuaikan. Hasilnya adalah sebuah rumah modern minimalis yang kekinian. 

7. Sebelum dan sesudah: proses menjadi rumah modern

Tidak selesai dibangun dan terbengkalai adalah suatu kesia-siaan bukan? Arsitek yang meneruskan proyek pembangunan mengubah fasad rumah dengan aksen dinding berlapis kayu, sehingga pintu tampak megah. Jumlah jendela juga ditambah dan tampak lebih simpel. 

8. Sebelum: biasa-biasa saja

Mirip seperti contoh-contoh sebelumnya, bangunan rumah ini tampak masih kokoh. Namun gaya yang digunakan sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman. 

Sesudah: lebih menarik dengan pintu kaca

Arsitek membuat dek kayu untuk menggantikan tangga di depan pintu rumah. Sedangkan pintu kaca dan jendela-jendela baru membuat rumah ini lebih kaya cahaya di pagi dan siang hari. 

Butuh ide desain jendela yang menarik untuk rumah Anda? Silakan baca: 

12 Desain Jendela yang Menakjubkan 

11 Desain Jendela Untuk Berbagai Gaya Rumah 

Manakah proyek renovasi rumah yang paling Anda sukai? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!