by Allnatura

10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bertamu

KSMR KSMR

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Berkunjung ke rumah rekan, saudara atau sahabat adalah kegiatan yang sangat umum dilakukan oleh banyak orang, terlebih saat adanya undangan atau perayaan momen tertentu. Sebagai tamu sebaiknya Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini, agar kegiatan bertamu Anda tidak mengecewakan si pemilik rumah.

1. Membiarkan pintu terbuka

 Dapur by London Building Renovation
London Building Renovation

Single Storey Extension, Roxborough Rd II

London Building Renovation

Hal ini perlu Anda perhatikan jika situasi rumah yang Anda kunjungi ber-AC, atau terdapat pada dataran tinggi yang sangat terik atau kerap tertiup angin kencang. Tips ini harus Anda lakukan, agar pintu rumah teman atau saudara yang Anda kunjungi tersebut dapat terlindungi dari hempasan angin atau kondisi lain yang dapat membuat elemen pintu tersebut rusak.

2. Jangan mengotorinya

 Living room by Allnatura
Allnatura

Regalwürfel-System Basella

Allnatura

Sang pemilik rumah pasti memiliki standar kebersihan sendiri pada huniannya. Untuk itu, sebagai tamu baiknya Anda berhak menanyakan hal-hal seputar kebersihan seperti dimana letak tong sampah atau rak piring, agar kebersihan dan kerapihan rumah teman atau saudara Anda dapat selalu terjaga kehigienisannya.

3. Membantu membersihkan

 Walls & flooring by Bona
Bona

Bona Spray Mop, una mopa pulverizadora que permite limpiar y hacer un mantenimiento del parquet en un solo gesto.

Bona

Selain melakukan poin kedua, sebagai tamu rasanya tak salah pula jika Anda menawarkan sedikit tenaga untuk melakukan bersih-bersih seusai acara. Hal ini tentu akan sangat membantu sang pemilik rumah, terlebih lagi jika sang penghuni rumah tak memiliki asisten rumah tangga sama sekali.

4. Menjaga kebersihan toilet

 Kamar Mandi by build different
build different

Schoolmasters

build different

Selain peraturan di ruang umum, standar kebersihan lain yang harus dijaga oleh para tamu adalah ruang kamar mandi. Sebelum menggunakannya, baiknya Anda periksa dahulu keseluruhan aliran air di bagian kloset atau keran. Setelah itu, periksa pula ketersediaan tisu di toilet tersebut. Hal ini sangat perlu untuk Anda lakukan agar hal-hal yang tak diinginkan tidak terjadi saat Anda ingin menggunakan toilet tersebut.

5. Jangan datang terlalu awal

 Household by dESIGNoBJECT.it
dESIGNoBJECT.it

Nice Time Clock

dESIGNoBJECT.it

Ada banyak alasan kenapa Anda tak boleh datang sebelum jadwal yang ditentukan. Salah satu diantaranya adalah ketidaksiapan sang pemilik rumah menyambut Anda sebagai tamunya. Kenapa? Karena di jam-jam tertentu bisa saja sang empunya rumah masih terlalu sibuk dalam membenahi rumah dan keperluan dirinya. Untuk itu, baiknya Anda datang beberapa menit di atas jam yang telah ditentukan, agar si pemilik rumah tidak kewalahan saat menerima Anda sebagai tamunya. Karena di jam seperti itu biasanya kesiapan pemilik rumah sudah lebih siap dibandingkan Anda datang lebih awal dari jam sebelumnya.

6. Lupa membereskan tempat tidur

Saat Anda dipersilahkan menginap di salah satu kamar tidur rekan atau saudara Anda, sebaiknya Anda tak lupa membereskan tempat tidur yang sudah Anda pakai. Cara ini dianggap sebagai cara untuk menghormati dan berterima kasih yang sopan dibandingkan Anda tak membenahinya sama sekali.

7. Masuk ke ruang privasi pemilik rumah

 Ruang Kerja by LuxDeco
LuxDeco

SS16 Style Guide – Coastal Elegance – Home Office/Study

LuxDeco

Saat sedang bertamu, sebaiknya Anda menghindari masuk ke ruang-ruang privasi tanpa seizin sang pemilik rumah. Karena secara implisit ruang-ruang yang umumnya tertutup tersebut adalah ruang yang tak boleh sembarangan orang masuk kedalamnya.

8. Menolak makan karena tidak suka atau alergi dengan menu tertentu

  by Ghar360
Ghar360

Dining area

Ghar360

Entah bagaimana caranya, yang jelas cobalah untuk bersikap bijak saat Anda dihadapkan pada posisi seperti ini. Gunakan sikap penolakan yang halus dan sopan agar sang pemilik rumah tidak tersinggung atas penolakan Anda atas jamuan makan yang sudah dipersiapkannya.

9. Bersikap cuek

 Ruang Keluarga by Clara Bee
Clara Bee

Balham SW12 Hyde Farm Estate

Clara Bee

Menjadi tamu yang baik adalah cara yang harus Anda lakukan saat berkunjung ke rumah seseorang. Gunakanlah waktu Anda sebaik mungkin untuk bercengkrama tentang berbagai hal agar sang pemilik rumah memiliki kesan khusus kepada Anda. Tanyakan kabar atau hal lain yang menyangkut pribadi atau profesi mereka agar obrolan ringan selalu menghiasi setiap menit Anda saat berada di rumahnya.

10. Masuk ke dalam rumah tanpa melepaskan sepatu

Pada beberapa budaya, mengenakan sepatu atau alas kaki ke dalam rumah adalah suatu tindakan yang dianggap tidak sopan. Untuk itu, baiknya Anda lepaskan alas kaki Anda sebelum masuk ke dalam rumah, kecuali jika sang pemilik rumah mengizinkan Anda untuk mengenakannya. Tak hanya sekedar menjaga kesopanan, hal ini tentu berkaitan dengan tema kebersihan yang sudah dibahas dibeberapa poin sebelumnya.

Anda sudah melakukannya?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!