8 Tips Membersihkan Rumah Dengan Bahan Alami

Dyah Mahasasi Dyah Mahasasi
INTERIOR DESIGN FOR IMAR INSAAT, ROAS ARCHITECTURE 3D DESIGN AGENCY ROAS ARCHITECTURE 3D DESIGN AGENCY Dapur Gaya Mediteran
Loading admin actions …

Siapa sih yang tak ingin punya rumah nyaman untuk tinggal seumur hidup? Namun, bukan besar atau kecil yang membuat sebuah rumah menjadi nyaman dan menentramkan. Rumah bersih, sehat dan rapi itulah rumah idaman. Sayangnya, beberapa produk pembersih di pasaran mengandung bahan kimia yang tidak ramah lingkungan dan menimbulkan alergi pada sebagian orang. Bagaimana kalau kita beralih menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan rumah? Bahan-bahan alami muah didapatkan di sekitar kita dan harganya pun tidak mahal. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan rumah. 

1. Air

Masukkan kain lap dalam air, peras dan gunakan untuk membersihkan perabotan rumah yang sangat kotor dan berdebu. ana juga bisa membersihkan langit-langit menggunakan kaos bekas yang telah dibasahi sedikit. Sedangkan untuk membersihkan kaca jendela atau pintu bisa menggunakan beberapa lembar kertas koran yang dikepal-kepalkan dan dibasahi air. 

2. Manfaat jeruk lemon

Punya perabotan kuningan yang mulai kusam? Bersihkan menggunakan air perasan jeruk lemon. Selain itu, air jeruk lemon juga ampuh membersihkan noda membandel pada microwave dan kain linen. Jika sulit mencari jeruk lemon segar, Anda bisa juga menggunakan lemon bubuk. Ini juga menguntungkan karena lemon bubuk bisa membantu mengatasi noda dan karat pada wastafel atau bak cuci piring aluminium. 

3. Baking soda

Larutkan satu sendok makan baking soda dengan air hangat. Kemudian percikkan atau tuangkan larutan itu pada bak cuci piring atau meja dapur. Efektif untuk mengangkat noda atau kotoran yang susah dibersihkan. 

4. Kenari

Furnitur antik kesayangan jadi kurang menarik akibat tergores. Jangan buru-buru membuang furnitur itu, karena buah kenari ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan goresan pada furnitur kayu.

Baca juga: 

DIY: Cara Mudah Memperbaharui Furnitur Kayu Antik

5. Kecap

Perabot atau peralatan makan dari tembaga akan tampak lebih mengkilap jika Anda mencampurkan sedikit kecap pada kain lap. Bisa juga digunakan untuk mengkilapkan mobil lho. 

6. Garam meja

Kini Anda tak perlu lagi menggerutu saat membersihkan ketel atau wajan dari noda hitam. Bubuhkan garam meja pada bagian yang kotor, lalu gosok lembut. Ketel dan wajan Anda akan bersih sempurna. Buktikan segera! 

Baca juga: 

5 Cara Ampuh Membersihkan Dapur Kecil

7. Beras

Pernak-pernik keramik tak lupa kita lap saat membersihkan rumah. Namun bagaimana dengan bagian dalamnya? Ambil satu sendok makan beras, lalu campur dengan air hangat dan deterjen. Larutan ini cukup handal membersihkan bagian hiasan keramik yang sulit dijangkau. 

8. Cuka putih

Cuka putih adalah salah satu pembersih alami yang cukup kuat. Sedikit cuka putih dalam larutan pembersih bisa membuat karpet Anda bersih total, mengatasi bau apek pada cucian, dan menjernihkan kaca jendela. 

Tak punya banyak waktu buat bersih-bersih rumah? Bacalah: 

7 Kebiasaan yang Menjaga Rumah Anda Selalu Bersih

Manakah bahan pembersih alami yang paling sering Anda gunakan? 

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah