Dapur by erenyan mimarlık proje&tasarım

25 Kesalahan Interior Dapur yang Sebaiknya Dihindari

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Dapur adalah salah satu bagian penting di rumah yang wajib bersih dan teratur setiap saat. Meski demikian, ada kalanya kita membuat kesalahan saat mendesain dapur. Terutama bila kita tidak didukung nasihat ahli atau memiliki pengetahuan di bidang ini. Tidak mengapa, karena kesalahan akan membuat kita berpikir lebih cerdas dan penuh perhitungan. Berikut adalah beberapa kesalahan yang wajib dihindari agar dapur impian tak berubah menjadi dapur di film horor. 

1. Furnitur kayu terlalu gelap

Kayu adalah bahan yang kokoh dan biasa digunakan sebagai bahan dasar furnitur dapur. Namun furnitur berbahan kayu berwarna gelap juga akan membuat dapur tampak lebih gelap dari seharusnya. 

2. Dapur terbuka terlalu ramai

Pemisahan area dapur ruang terbuka sebaiknya dibuat sesederhana dan tanpa detil rumit. Lupakan saja ide mendesain dapur seperti gambar. 

3. Kurang kekinian

 Dapur by dd Architects
dd Architects

Krishnakumar Residence

dd Architects

Kalau dilihat sepintas, dapur ini memang tampak baik-baik saja. Namun perhatikan, furnitur dapur tampak berasal dari era di masa lalu. Inimembuat dapur tampak kurang menarik. 

4. Hiasan berlebihan pada furnitur

Kita harus hati-hati menggunakan elemen hias gambar print di dapur. Tidak perlu semua furnitur dapur dihiasi gambar print, atau hasilnya akan tampak berlebihan seperti ini. 

5. Dapur bernuansa putih yang terlalu biasa

 Dapur by aashita modular kitchen
aashita modular kitchen

straight kithen with wall cabients

aashita modular kitchen

Dapur serba putih memang menarik. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapur monokrom menjadi menarik dan berkepribadian. Apapun desain yang Anda pilih, jangan sampai dapur putih Anda tampak tidak bernyawa. 

6. Pemilihan warna furnitur dapur kurang tepat

Ada beberapa warna yang kurang cocok digunakan di dapur. Demikian juga beberapa warna yang tampak mati saat dipadukan. Misalnya adalah paduan antara warna merah anggur, biru muda dan krem pada contoh ini. 

7. Meja dapur terlalu penuh sesak

Meja dapur sebaiknya tak luput dari perhatian saat kita mendesain dapur. Jangan sampai semua peralatan masak diletakkan di atasnya dan membuat meja dapur penuh sesak. Microwave sebaiknya 'dimasukkan' dalam dinding untuk menghemat tempat.

8. Kulkas tidak serasi dengan dapur

Furnitur dapur sudah serasi. Sayang, kulkasnya tidak matching dengan furnitur, baik warna maupun gayanya. Kesalahan kecil ini bisa membuat dapur Anda tampak kacau balau.

9. Detil yang tidak perlu

Penyedot asap dalam lemari adalah cara cerdas untuk menyamarkan simpang siur di dapur. Namun tujuan itu gagal tercapai akibat terlalu ramainya detil gambar hiasan pada lemari dapur dan backsplash.  

10. Tumpang tindih

Tempat penyimpanan memang penting untuk dapur. Namun penataannya harus diperhatikan untuk menjaga estetika. Lemari dapur yang ditata tumpang tindih seperti ini tentu tidak enak dilihat bukan? 

11. Menggunakan bahan yang sama untuk lantai, dinding dan countertop (pelapis meja dapur)

Kita tidak perlu menggunakan bahan atau warna yang sama untuk lantai, dinding dan countertop, jika kita menginginkan suasana harmonis atau serasi. Ini perlu dilakukan atau dapur tampak monoton dan tidak dinamis. 

12. Mesin cuci terpisah

Meletakkan mesin cuci di dapur akan memudahkan mobilitas dan pekerjaan rumah tangga. Akan tetapi jika penempatannya terpisah dari lemari dapur, hasilnya adalah bencana.

13. Lemari dapur terlalu tinggi

Lemari dapur yang dipasang terlalu tinggi lebih sedikit manfaatnya. Kita memerlukan tangga untuk menggapainya, sehingga tidak setiap hari membuka lemari tinggi. Ujung-ujungnya, lemari ini hanya menjadi tempat barang-barang tak berguna dan kurang indah dipandang. 

14. Meja tengah dapur terlalu jauh dari meja dapur lainnya

Apa bagusnya meja tengah dapur yang terpisah jauh dari teman-teman sesama furnitur dapur? Jarak meja yang terlalu jauh juga menyulitkan kita saat beraktivitas di dapur.

15. Stiker di atas vinyl

Vinyl adalah pilihan ideal untuk menghadirkan sentuhan berbeda di dapur Anda. Tidak perlu menghiasnya, karena ini akan mengalahkan keindahan desain aslinya. Dapur pada contoh akan terlihat lebih menarik jika tanpa stiker bunga-bunga. Benar kan? 

16. Warna gelap

Warna gelap tidak direkomendasikan sebagai warna dominan di dapur. Terlebih lagi jika dapur berbentuk sempit memanjang seperti contoh. Beralihlah menggunakan warna netral dan cerah agar ruangan tampak lebih luas dan bercahaya. 

17. Bangku panjang untuk area makan

Jika penempatan bangku panjang kurang tepat, dapur yang terintegrasi dengan ruang makan jadi tampak lebih sempit. 

18. Efek visual yang kurang nyambung

Apa hubungan antara dapur dan laut? Kurang jelas, namun kita dipaksa menatap backsplash berhias suasana akuarium di sini. Meski suka ikan dan suasana laut, pasti mata Anda lekas lelah memandang hiasan ini. 

19. Gaya yang terlalu kuno

Gaya interior klasik memang menarik. Namun, sama seperti contoh sebelumnya, apapun yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga dengan gaya yang terlalu kuno seperti contoh ini. 

20. Wallpaper terlalu ramai

 Dapur by ДизайнМастер
ДизайнМастер

2к.кв. в ЖК Черемушки 2 (70 кв.м)

ДизайнМастер

Kertas dinding memang bisa mempercantik penampilan dapur kita. Kecuali kertas dinding yang terlalu ramai seperti contoh ini. 

Lalu kertas dinding seperti apa yang harus kita pilih? Bacalah: 

7 Wallpaper Visual yang Menakjubkan

21. Meja bar yang terlalu panjang

Meja bar memang bisa berfungsi sebagai meja makan. Namun meja bar yang terlalu panjang akan membuat dapur tampak janggal, persis seperti contoh ini. 

22. Warna dinding dapur yang terlalu menyolok

Kita harus berhati-hati memilih warna dinding untuk dapur kecil. Hindari menggunakan warna yang terlalu kontras, atau Anda akan menyesal dengan hasilnya. 

Bacalah artikel ini untuk desain dinding dapur yang lebih bermartabat: 

10 Ide Renovasi Dinding Dapur Tanpa Biaya Lebih 

23. Pola psychedelic

Pola seperti contoh adalah musuh besar dapur kita. Ingat, kesederhanaan itu lebih mempesona. 

24. Lupa kita hidup di tahun 2017

Rumah Anda bukan Istana Versailles. Jadi, abaikan gaya klasik nan mewah dan berpalinglah pada gaya modern. 

25. Terlalu murahan

Setiap orang memang memiliki selera berbeda. Selera menunjukkan siapa diri kita. Oleh karena itu kita wajib berhati-hati dalam memilih agar tempat kesayangan kita di rumah tidak tampak murahan. 

Baca juga: 

13 Kesalahan Penataan Dapur Ini Sering Anda Lakukan 

Manakah kesalahan dalam menata interior dapur yang pernah Anda lakukan? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!