Taman by Drd

8 Inspirasi Untuk Mencerahkan Suasana Rumah Pada Musim Hujan

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Mei merupakan bulan dimana curah hujan di Indonesia bisa dikatakan mendekati puncaknya. Tidak semua dari kita menyukai musim hujan, meskipun temperatur udara yang ada menjadi lebih nyaman dan tidak terlalu panas, langit biru akan lebih jarang terlihat. Hal ini menjadikan suasana menjadi lebih gloomy dan melankolis dan pada akhirnya membawa efek yang sama pada kita.

Menanggapi keadaan ini, kami, professional Homify akan berbagi inspirasi dan ide ide sederhana yang dapat anda aplikasikan pada rumah anda untuk mencerahkan suasana. Jangan biarkan cuaca yang kurang baik membuat anda kurang bersemangat dan mari tebarkan suasana positif pada diri kita di musim hujan ini. Yuk, sekarang langsung kita lihat ide – ide kreatifnya.

1. Cerahkan Ruangan Melalui Pilihan Tirai Berbahan Transparan

Dikarenakan berkurangnya cahaya matahari pada musim hujan, salah satu tips untuk membuat ruangan lebih cerah adalah dengan menggunakan tirai yang lebih transparan. Pemilihan material ini akan membuat ruangan terlihat lebih cerah karena cahaya matahari akan bisa menembus bahan material ini. Transparansi pada tirai juga tidak selalu menggunakan bahan saja, pada gambar di bawah ini, desainer menggunakan cara yang kreatif untuk memberikan efek transparan.

 Kamar Tidur by 3Deko
3Deko

Habitacion en 3D

3Deko

2. Pilihan Warna Cerah

Bagi anda yang lebih berani bermain dengan warna, furnitur dengan warna cerah adalah pilihan yang tepat untuk anda. Dengan tambahan warna yang berani dan cerah, kami dapat menjamin suasana ruangan anda akan terlihat jauh lebih berenergi pada musim hujan yang dingin dan kelam. Pilihan dekorasi yang senada dengan tirai anda juga dapat menambah kecerahan pada ruangan anda.

 Kamar Bayi & Anak by homify

3. Tambahkan Kombinasi Detail Berwarna Cerah

Ide kreatif lain yang dapat anda aplikasikan untuk membuat rumah anda cerah di musim hujan ini adalah menambah satu perabot dengan warna yang cerah. Contohnya seperti gambar di atas maupun di bawah. Dengan penambahan satu sofa unik dengan warna cerah, instan dan langsung ruangan ada terasa lebih berenergi. Hal ini juga dapat diikuti dengan tambahan dekorasi lainnya seperti Pigura yang senada dengan warna pilihan anda.

 Ruang Keluarga by GESTION INTEGRAL DE PROYECTOS DEL NOROESTE S.L.
GESTION INTEGRAL DE PROYECTOS DEL NOROESTE S.L.

REFORMA PISO EN A CORUÑA – DISEÑO ESTILO ESCANDINAVO

GESTION INTEGRAL DE PROYECTOS DEL NOROESTE S.L.

4. Warna Baru pada Dinding

Trik lain yang cukup mudah untuk diaplikasikan adalah pilihan warna baru pada dinding. Pilihan warna dapat bervariasi dari warna segar seperti hijau muda sampai dengan warna pastel. Area aplikasi juga dapat divariasikan sesuai selera anda. Bagi anda yang lebih hati-hati dapat dimulai dengan satu sisi dinding dulu dan untuk anda yang lebih eksploratif sangat terbuka kemungkinan untuk meneruskan ide ini ke beberapa sisi dinding bahkan perabot dan langit – langit.

5. Wallpaper dengan Tema Alam

 Dinding by Rebel Walls
Rebel Walls

Bellewood

Rebel Walls

Musim hujan kerap disamakan dengan musim berseminya pohon dan tanaman. Suasana ini dapat menjadi salah satu ide untuk mencerahkan ruangan melalui aplikasi wallpaper yang bertemakan alam. Aplikasi ide pada ruang tidur seperti yang diterapkan pada gambar di atas, akan membuat kita merasa lebih dekat dengan alam.

6. Tanaman Hijau dalam Ruangan yang Menyegarkan Suasana

 Ruang Keluarga by Home Staging & Dintorni
Home Staging & Dintorni

Appartamento campione in cantiere

Home Staging & Dintorni

Bagi anda yang menyukai tanaman, tambahan tanaman indoor di dalam rumah anda dapat memberikan efek yang tidak terduga. Seperti gambar di atas, hanya dengan tambahan beberapa pot tanaman indoor, suasana ruangan menjadi jauh lebih segar. Tanaman gantung seperti gambar di bawah ini juga merupakan salah satu ide yang dapat anda buat sendiri di rumah.

 Taman by fiu jardins, lda.
fiu jardins, lda.

Instalação de plantas fiu suspensas na decoração de um evento

fiu jardins, lda.

7. Maksimalkan Potensi Area Taman di Luar Ruangan

Jika anda memiliki lahan lebih dalam ruah anda, ide tambahan tanaman yang menyegarkan suasana juga bisa diperluas ke area luar ruangan. Dengan bantuan curahan hujan yang stabil, area teras dengan penghijauan yang lebat dapat menjadi milik anda dalam waktu singkat. Pepatah mengatakan sehabis hujan selalu akan ada sinar matahari yang cerah, inilah saat yang tepat bagi anda untuk menikmati hasil kerja tangan anda di taman.

8. Dekatkan Diri anda dengan Alam melalui Sensori Suara

Masih ingat lagu kanak – kanak yang berjudul Tik Tik Tik Bunyi Hujan? Suara alam yang indah namun sering terlupakan oleh sibuknya kehidupan modern ini dapat dihidupkan kembali dengan menggunakan tali air (rain chain) yang dapat anda buat sendiri dari kaleng bekas yang kemudian dicat dengan warna pilihan anda. Alternatif lain yang dapat diaplikasikan adalah pancuran air dari bambu seperti tergambar pada ilustrasi di bawah ini

Dibalik curah hujan yang tinggi yang kadang kurang menyenangkan, sebenarnya terdapat juga sisi positif yang ramah lingkungan, yaitu tambahan sumber air. Jangan lewatkan ide – ide kreatif kami di sini untuk menadah air hujan, sekaligus menghemat tagihan air anda di musim ini. 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!