Taman by JUNOR ARQUITECTOS

10 Ide Untuk Menghadirkan Suasana Rileks di Teras Anda

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Sebagai tempat untuk berteduh, rumah terkadang perlu diberikan sentuhan alami agar media relaksasi tersebut dapat terasa didalamnya. Elemen-elemen berupa taman, tanaman dalam pot atau ruang duduk ini biasanya akan terlihat pada bagian luar ruangan. Penataan ruang terbuka tersebut adalah ide yang baik untuk menjaga kesegaran rumah Anda. Jika Anda belum memilikinya, maka kini saatnya Anda wujudkan kehadiran area hijau tersebut dengan mengikuti rangkaian tips berikut ini.

1. Taman dengan aliran air

Untuk menghadirkan taman model ini, Anda dapat menggunakan beberapa model tanaman hijau dan batuan alam. Seperti yang terlihat pada gambar, Anda dapat manfaatkan salah satu sudut area dipekarangan Anda. Pagari area taman dengan bata ekspos, lalu tata batuan alam secara random sehingga tampilannya mirip dengan kontur perbukitan. Setelah batuan alam tersusun dengan baik, lalu aplikasikanlah unsur tanaman hijau atau tanaman berbunga dicelah-celah bebatuan alam yang sudah terpasang. Sebagai tambahan, buatlah sebuah aliran air dan salah satu bak penampung air di salah satu sudutnyaagar kesan segar dapat terasa di taman Anda tersebut.

2. Rak kayu untuk tanaman pot

 Garden  by ECOdECO Mobiliario
ECOdECO Mobiliario

MARBORÉ jardinera palets. 120x80cm, 3 alturas

ECOdECO Mobiliario

Tak hanya taman, media tanaman pot sebenarnya dapat Anda maksimalkan tampilannya dengan menggunakan rak alternatif yang satu ini. Tak perlu mahal rak kayu yang terlihat pada gambar adalah salah satu karya DIY yang dikreasikan dari kayu-kayu bekas yang dirangkai secara bertingkat. Aplikasi rak ini pun terbilang fleksibel, karena pada bagian bawahnya terdapat unsur roda untuk memudahkannya untuk dipindahkan kemana saja. Aplikasi rak seperti ini sangat cocok ditempatkan pada area semi outdoor di rumah Anda.

3. Teras dengan kolam berendam

Pilihan konsep teras seperti ini adalah pilihan minimalis dan ekonomis yang dapat Anda wujudkan, jika dibandingkan dengan aplikasi kolam renang yang sesungguhnya. Selain menghemat ruang, pengelolaan kolam dengan ukuran sedang tersebut tentu akan lebih mudah dilakukan sendiri, tanpa harus melibatkan jasa profesional tertentu.

4. Daur ulang rak pot

Sama halnya dengan contoh pada nomor 2 sebelumnya, rak pot yang terlihat pada gambar ini adalah contoh rak daur ulang material kayu lainnya, yang dihasilkan dari limbah meja dan rak tempat tidur yang sudah tak terpakai. Rak model ini dapat Anda tempatkan secara fleksibel, karena ukurannya tak terlalu besar jika dibandingkan dengan contoh rak pada ulasan sebelumnya.

5. Teras dengan sofa

Selain tambahan kolam renang, teras yang asri sebenarnya dapat pula Anda tambahkan elemen ruang duduk yang tak biasa, seperti halnya wujud rangkaian sofa eksklusif seperti yang terlihat pada gambar.

6. Rangkaian pot kecil pada meja

Tak hanya pada pot besar, aplikasi tanaman hijau ternyata dapat juga Anda hadirkan lewat pot-pot kecil yang dapat Anda letakkan di meja teras Anda. Seperti yang terlihat pada gambar, Anda dapat manfaatkan kaktus atau jenis tanaman unik lainnya sebagai pemanis di ruang outdoor tersebut.

7. Pot persegi

Selain jenis tanaman, permainan bentuk pot-pot besar yang simetris dapat pula Anda hadirkan di teras Anda. Tentukan pola pot unik yang ingin Anda seragamkan di salah satu sudut teras, agar pot tersebut terlihat unik dan berbeda dari jenis pot pada umumnya.

8. Aksen lilin

Jika ingin sedikit terlihat romantis, berikan aksen pencahayaan alami seperti lilin pada area duduk di teras atau taman Anda. Seperti yang terlihat pada gambar, Anda dapat gunakan beberapa toples khusus lilin atau wadah khusus sebagai penopang cahaya lilin dalam dimensi yang besar.

9. Pot berbagai bentuk

Selain menyeragamkan bentuk pot, Anda dapat juga membuatnya secara acak, sehingga semua jenis pot dengan dimensi yang kurang lebih sama dapat menghiasi teras Anda. Sekalipun berbeda bentuk, Anda dapat tetap menyeragamkan tampilannya dengan menentukan warna-warna khusus sebagai aksen pemanisnya. Seperti yang terlihat pada gambar, pot-pot beragam dimensi tersebut tertata secara apik dengan penataan khusus dengan cara berbaris zig zag dengan pemilihan warna hitam dan putih sebagai temanya.

10. Tanaman dengan dengan batuan koral

Tak hanya penataan tanaman, penggunaan batuan-batuan alam ternyata dapat pula Anda mainkan di area teras Anda. Seperti yang terlihat pada gambar, batuan alam seperti koral dapat Anda mainkan disekitar tanaman. Sedangkan pola batuan alam lain dengan warna serupa, dapat pula Anda hadirkan dalam akses jalan di area teras Anda, agar teras Anda terlihat berbeda dari konsep tema teras yang sudah ada sebelumnya.

Anda tertarik dengan ide ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!