Garasi by Reinaldo Pampolha Arquitetura

Renovasi Pekarangan Menjadi Ruang Cuci dan Teras yang Asri

KSMR KSMR

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ruang terbuka disebuah rumah adalah ruang yang kerap dinomorduakan penataannya. Area tersebut umumnya dibiarkan lusuh dan tak terawat dibandingkan ruang lainnya. Bahkan saking tak terawatnya, sang pemilik rumah pun terkadang merasa bosan melihat atau mengunjunginya. Ada banyak hal yang menyebabkan ruang terbuka dipandang sebelah mata. Selain tidak ditata, jarangnya ruang tersebut dijadikan area berkumpul juga menjadi faktor lain, kenapa area tersebut dibiarkan tampil apa adanya. Berkaitan dengan hal itu, maka dalam buku ide kali ini kami ingin membagi ide bagaimana seharusnya ruang outdoor tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ruang yang multifungsi, sehingga keberadaannya tak lagi hanya sebagai pelengkap, namun bisa dijadikan sebagai tempat favorit. Sebagai contoh, kami akan menggunakan sebuah proyek pemugaran ruang outdoor sebuah rumah. Dari segi kelayakan, ruang outdoor ini terbilang lusuh, lembab dan sedikit menyeramkan. Namun berkat tangan-tangan dingin para profesional, akhirnya ruang outdoor yang sudah lama dianaktirikan tersebut kini dapat tersenyum kembali dengan fungsi barunya sebagai ruang cuci dan dapur yang lebih layak untuk dikunjungi. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita ikuti penjabaran list berikut ini.

Sebelum renovasi dilakukan

Kacau balau adalah istilah yang pantas untuk menggambarkan situasi ruang outdoor di atas. Fungsi dan penataan ruang benar-benar tak terlihat di area ini. Semua dibiarkan tampil apa adanya. Seperti yang terlihat pada gambar, area menjemur dibiarkan membelintang dari satu dinding ke dinding yang lain dengan mengandalkan kawat-kawat seadanya.

Dan pada bagian teras terlihatlah area mencuci dan dapur yang menyatu tanpa sekat. Teras sederhana tersebut dibiarkan terbuka tanpa pembatas, sehingga jika hujan atau panas hawanya akan langsung terasa disekitarnya. Area tersebut terasa sangat sempit diantara area yang luas. Padahal jika ruang berjendela dan berpintu tanpa atap disamping teras mungil tersebut dimanfaatkan, maka ruang terbuka di rumah tersebut akan terasa sangat luas. Dan hal itulah yang menjadi pusat perhatian utama dalam renovasi area terbuka ini. Para profesional hanya memperbaiki tatanan yang sudah ada menjadi lebih rapih dari sebelumnya.

Renovasi pada ruang cuci

Setelah renovasi, terciptalah ruang cuci yang stylish. Hadir dengan nuansa modern, ruang cuci yang sebelumnya dibiarkan terbuka dan menyatu dengan dapur kini dibatasi secara permanen dengan material dinding berongga dan pintu geser kaca. Desainnya terlihat semakin eksklusif berkat dukungan corak kombinasi warna orange dan abu-abu yang mendominasi. Selain itu, kombinasi dua warna dan material serupa juga terlihat memenuhi area lain, seperti yang terlihat pada tiga deret pintu yang berada disebelahnya.

Area teras tertata rapih

Selain ruang cuci, area teras pun kini terlihat sangat apik dari sebelumnya. Area duduk terbagi kedalam beberapa ruang. Selain ruang makan, area duduk lain juga terdapat pada salah satu sudut di area dalam dan luar teras. Dan yang menariknya lagi, pada area duduk yang berada di luar, diaplikasikan pula sebuah sudut hijau dengan aksen pergola kayu untuk menghadirkan kesan alami didalamnya. Sekilas terlihat teras tersebut dibiarkan terbuka dengan topangan dua tiang kayu dan bukaan langit-langit yang cukup tinggi. Dan sebagai penerang tambahan, dibekali pula tiga lampu gantung pada area meja makan untuk menerangi area teras pada saat malam hari.

Taman di area pergola

Jika Anda melihat sedikit area hijau melalui pot-pot kecil pada gambar awal, maka hal tersebutlah yang menginspirasi hadirnya area hijau nan asri ini. Area yang diposisikan pada area pergola ini terlihat cukup memberikan kesan sejuk dan teduh di area terbuka tersebut. Pada sudut tersebut para profesional berusaha menghijaukannya lewat tanaman-tanaman hias dalam pot, dan tanaman rambat yang merambat pada sela-sela kerangka pergola. Efek alami itulah yang membuat pandangan mata selalu terasa teduh dibuatnya.

Dapur outdoor

Dan tak jauh dari meja makan, terdapatlah sebuah dapur mungil yang sebelumnya dibiarkan menyatu dengan area mencuci. Meskipun tak begitu luas,  namun keberadaan dapur ini sudah sangat membantu pemilik rumah untuk menyajikan beragam hidangan lezat untuk teman atau keluarga yang berkunjung ke area tersebut.

Anda suka dengan ide ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!