Dapur by 제이앤예림design

​14 Pintu Geser Yang Sempurna untuk Hunian Mungil Anda!

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Saat ini keberadaan pintu geser semakin populer di kalangan desainer serta pemilik rumah. Hal ini dikarenakan pintu geser tidak hanya menawarkan pemanfaatan ruang yang lebih baik namun mampu memberikan nilai lebih. Dengan perencanaan yang benar, pintu geser dapat memberikan efek visual yang cantik secara keseluruhan pada ruang. 

Pintu geser biasanya rel pintu geser digantung  atas atau dipasang rel dibagikan bawah pintu. Dengan kemajuan teknologi, banyak dari hardware pintu geser menjadi semakin ramping dan mampu menopang beban lebih berat, faktor yang telah menyebabkan desain pintu geser lebih baru dan lebih baik.

Jika Anda ingin meningkatkan daya tarik keseluruhan ruang Anda, menempatkan pintu geser di tempat  yang pas adalah sebuah tantangan. Buku ide kali ini kami akan memberikan beberapa contoh bagaimana menempatkan pintu geser di dalam rumah beserta fungsinya. Semoga terinspirasi.

1. Untuk meningkatkan pemanfaatan ruang

Dalam kasus ruang seperti dapur yang kadang-kadang perlu ditutup untuk menghindari bau atau tampilan yang berantakan, pintu geser bisa menjadi pilihan yang sempurna. 

2. Sebagai pemisah ruang

Salah satu fungsi utama dari pintu geser adalah pemisahan ruang. Tergantung pada sifat ruang, Anda dapat memilih untuk pintu yang buram atau seperti dalam kasus ini, transparan sehingga memungkinkan dilewati cahaya antar ruang.

3. Pintu geser tersembunyi

Untuk ruang yang sempit namun terkadang  Anda butuh untuk menyatukan dua ruang tersebut, atau ingin membuat pintu terlihat lega. Anda bisa pilih pintu geser tersembunyi ini.

4. Pintu geser dengan sentuhan minimalis

Pintu geser, ketika dirancang dengan presisi yang diperlukan, dengan bahan baku yang pas dan sesuai dengan lingkungan sekitarnya, pasti dapat meningkatkan daya tarik visual ruangan secara keseluruhan. Dalam kasus ruang ini, jendela ramping berwarna putih menambahkan sentuhan minimalis yang indah pada penampilan seluruh kamar. 

5. Pintu geser dengan tampilan panel

Panel kecil ini berguna jika Anda menginginkan privasi tapi pada saat yang sama membutuhkan konektivitas dengan ruang lain. Pintu geser dengan jendela/panel yang sangat berguna untuk kantor atau klinik.

6. Pintu geser lipat untuk pintu masuk

 Teras by 제이앤예림design
제이앤예림design

발코니 폴딩도어

제이앤예림design

Mekanisme pintu geser lipat seringkali memakan ruang ketika semua pintu dibuka. Namun dalam ruangan besar, pintu geser lipat bisa menjadi solusi untuk memperluas ruang dan menyekat ruang ketika dibutuhkan.

7. Pintu geser gaya jepang (tertutup)

 Koridor dan lorong by 제이앤예림design

Di Jepang, pintu geser adalah sebuah tradisi dan selalu ada dalam setiap rumah tradisional di Jepang. Pintu geser ini mengambil inspirasi dari pintu Jepang untuk bentuk visualnya. Pola simetris sederhana dari frame dan panel kaca hitam terlihat mengesankan serta menanamkan sentuhan kontemporer yang bagus untuk ruang.

Pintu geser gaya Jepang, setelah dibuka

 Koridor dan lorong by 제이앤예림design

8. Pintu geser untuk lemari

 Ruang Makan by 제이앤예림design

Pintu geser bisa bisa menjadi elemen yang penting dan efektif untuk lemari karena tidak memakan ruang saat dibuka.

9. Pintu geser dengan bingkai solid dan kaca tembus

 Koridor dan lorong by 제이앤예림design

Jenis pintu geser seperti yang terlihat dalam gambar ini adalah salah satu jenis desain yang paling umum yang ada saat ini. Bingkai aluminium tebal dengan kaca menawarkan keamanan yang diperlukan dan isolasi serta memungkinkan banyak cahaya alami masuk.

10. Pintu geser untuk koridor masuk

Jika Anda memiliki elemen furnitur yang posisinya sangat dekat dengan pintu masuk,  seperti lemari yang terlihat di sini, pintu geser bisa sangat bermanfaat dan dapat menawarkan fleksibilitas lebih dari pintu normal.

Pintu geser untuk koridor masuk (tampak luar)

Seperti yang kita lihat dalam gambar ini, pintu geser bisa cocok nyaman dalam ukuran pembukaan pintu sementara pada saat yang sama yang mudah dioperasikan. 

11. Pintu geser untuk kamar mandi

 Kamar Mandi by 퍼스트애비뉴
퍼스트애비뉴

가족들에게 꼭 맞춰진 아이템들로 채워진 새집같은 우리집 리모델링

퍼스트애비뉴

Pintu geser untuk kamar mandi bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Kamar mandi biasanya adalah ruang kecil sehingga pintu geser dapat menawarkan pemanfaatan ruang yang sangat baik.

12. Pintu geser kupu tarung

 Ruang Keluarga by 퍼스트애비뉴
퍼스트애비뉴

세아이들이 뛰어노는 유니크한 다락방과 다섯식구를 위한 보금자리

퍼스트애비뉴

Anda dapat menginstal pintu geser dengan arah yang berlawanan, bukan tumpang tindih (kupu tarung). Sisi positifnya adalah pengaturan ruang terlihat jauh lebih bersih dan ramping, sementara di sisi negatifnya jika Anda adalah Anda membutuhkan ruang lebih untuk menyembunyikan pintu pada dua sisi.

13. Pintu geser untuk ruang kecil

Seperti dijelaskan sebelumnya, pintu geser karena gerakan pesawat tunggal mereka mengkonsumsi ruang operasi sangat sedikit dan karena itu Membuktikan menjadi solusi yang sangat baik untuk ruangan kecil seperti yang terlihat di sini. 

14. Pintu geser dengan pesona kayu ala Jepang

 Ruang Keluarga by obrick

Pintu geser dapat dibuat dari bahan yang berbeda, kayu bisa menjadi salah satu bahan konstruksi terbaik. Kayu jendela tidak hanya terlihat berkelas, tapi juga memberikan daya tarik pedesaan ala Jepang ke keseluruhan ruang.

Bagaimana, inspiratif bukan?

Jangan lewatkan buku ide lainnya:

26 Ide Pagar Taman Yang Akan Membuat Tetangga Anda Terkagum-Kagum!

7 Rumah Di Pinggiran Kota Dengan Gaya Yang Unik

Pintu geser mana yang cocok dipasang di rumah Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!