Kamar Tidur by blackStones

9 Kesalahan dalam Interior Kamar Tidur Anda

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Kamar tidur merupakan tempat untuk memulihkan pikiran dan tubuh dengan tidur yang nyenyak dan nyaman, mempersiapkan energi untuk hari esok. Dengan pertimbangan seperti itulah, interior kamar tidur merupakan sesuatu yang penting dalam desain interior rumah Anda. Interior yang dapat menimbulkan rasa nyaman dan rileks, dengan nuansa menenangkan serta harmonis, kamar tidur haruslah menjadi tempat untuk mengakhiri hari dengan tenang.

Dalam buku ide kali ini, akan ditunjukkan ide interior kamar tidur yang selangkah lagi menjadi bencana dan harus Anda hindari.

1. Jangan berlebihan dalam pencahayaan

Waktu menjelang tidur merupakan waktu penentu yang akan membantu Anda memiliki istirahat yang maksimal dan memulihkan kondisi mental maupun fisik Anda atau tidak. Atur pencahayaan kamar dalam rupa cahaya tidak langsung dari lampur berdiri dan lampu pada lantai, lampu malam dan lampu baca di sisi tempat tidur yang dapat diatur kelembutannya. Jangan sampai memberikan terlalu banyak pencahayaan yang tidak dapat Anda minimalisir.

2. Tidak memperhatikan kualitas tempat tidur

Jika Anda tidak memilih tempat tidur, matras serta bahan sprai yang digunakan untuk tidur dan hanya memilih yang harganya murah menurut Anda, hal tersebut juga dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Jangan membeli tempat tidur yang tidak nyaman karena harganya murah dan menghabiskan waktu istirahat Anda berusaha tidur dengan nyenyak di kasur yang tidak nyaman sampai kasur ruask. Investasikanlah uang Anda ke tempat tidur yang memaksimalkan istirahat serta menjaga kesehatan Anda.

3. Ruang sempit di kamar tidur

Kamar tidur seringkali disepelekan hingga ruangan yang diberikan pun adalah ruangan terkecil di dalam rumah. Pemikiran semacam ini merupakan kesalahan besar bagi kenyamanan istirahat Anda. Berada di dalam ruangan yang terlalu sempit untuk tidur dapat menambah tekanan terhadap tubuh dan pikiran Anda yang perlu beristirahat. Pastikan kamar tidur mengambil ruangan dengan luas yang cukup dan mudah bergerak, tanpa ada penghalang atau rasa sesak. Anda dapat mengakali ruangan yang terbatas dengan menempatkan tempat tidur di sebelah jendela besar jika memungkinkan.

4. Kamar tidur yang tidak memiliki fungsi lain selain untuk tidur

 Kamar Tidur by dmesure

Kamar tidur harusnya hanya menjadi ruangan untuk beristirahat, entah itu tidur maupun untuk menyendiri. Anda dapat membaca buku atau menikmati pemandangan langit malam, memulihkan diri sebelum tidur. Alangkah baiknya jika kamar tidur Anda pun dapat mengakomodasi kegiatan bersantai Anda lainnya.

5. Interior tanpa karakteristik

Tidak peduli seberapa modern-nya interior kamar, jika desainnya tidak sesuai dengan kepribadian Anda, maka Anda dapat dengan mudah merasa tidak nyaman. Pastikan interior yang diwujudkan dalam kamar tidur Anda tidak hanya membuat Anda merasa nyaman, namun juga sesuai dengan karakter Anda.

6. Tidak menggunakan tirai

Agar harmonis dengan seluruh interior dalam kamar tidur, memilih warna dan bahan tirai haruslah senada dan kompak dengan kesan netral dan tidak berlebihn. Tirai juga sebaiknya mampu memblokir pemandangan dari luar, terutama di malam hari. Rajinlah membersihkan tirai dari debu dan bau.

7. Kamar tanpa dekorasi

 Kamar Tidur by Skéa Designer
Skéa Designer

Une séparation végétale et originale

Skéa Designer

Meski kamar sebaiknya tidak memiliki terlalu banyak furnitur, namun bukan berarti kamar Anda boleh dibiarkan tanpa dekorasi sama sekali. Tambahkanlah setidaknya sedikit sentuhan dekorasi seperti tanaman mungil, lilin, bingkai foto dan lain sebagainya. Lilin aroma dan pewangi ruangan juga dapat menambah semarak ruangan.

8. Pola atau warna norak dalam kamar

Menggunakan warna atau pola norak dengan kontras yang keras dalam kamar dapat membuat Anda yang menghuni kamar tidur merasa tidak nyaman dan membuat saraf tidak bisa santai. Selain tidak sedap dilihat, warna dan pola yang salah mengganggu keseimbangan dalam kamar.

9. Ruang penyimpanan yang tidak cukup memadai

Saat tempat penyimpanan di dalam kamar tidak memadai dan barang-barang menjadi berantakan karenanya, kamar Anda lama-kelamaan akan penuh sesak dan atmosfer di kamar menjadi tidak mengalir bebas. Gunakanlah furnitur multifungsi yang bisa memuat banyak barang dan tidak memakan banyak tempat.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!