Taman by Agence Laurent Cayron

10 Cara Memanfaatkan Ruang di Tiap Sudut Rumah

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Orang yang memiliki rumah baru, seringkali melihat ke luar, dan menemukan sebuah area kosong. Lalu muncul pertanyaan, Akan saya apakan ya area ini? 

Jika area itu luas, tidak masalah. Tapi, bagaimana jika sebaliknya? 

Well, setiap rumah memiliki solusinya masing-masing untuk menghadapi sebuah area yang tidak terlalu besar atau bahkan kecil, sempit. Ada yang membuat jalan setapak, ada pula yang membuat taman dan mulai berkebun di sana. Tapi, banyak juga yang mengklaim bisa melakukan lebih daripada itu. Apa? Mari kita lihat ke bawah, siapa tau, Anda bisa menemukan ide baru untuk diterapkan di rumah Anda.

1. Area Duduk di Sudut Rumah

Rumah pertama yang kita lihat ini, memiliki ruang yang tak begitu luas di sampingnya. Dan untuk memanfaatkannya, dibuatlah sebuah area duduk di antara rumah dan dinding pembatas tetangga sebelah. 

Atap berkisi didirikan untuk menciptakan tempat yang teduh. Lalu dibuat sebuah bangku panjang permanen dengan bahan dasar kapur, dan step berikutnya, melapisi lantai dengan bahan kayu keras. Dan agar tidak mengganggu tetangga sebelah, dinding pembatas juga ditinggikan. Hasilnya, tercipta sebuah ruang serbaguna yang sejuk dan nyaman.

2. Taman Outdoor

Salah satu pilihan yang umum. 

Untuk membuat ruang kosong menjadi taman outdoor, Anda tinggal membawa kursi-kursi ke area itu. Pilih furnitur yang tahan terhadap sinar matahari, hujan, bisa terbuat dari plastik atau rotan. Dijamin kegiatan membaca buku akan terasa lebih menyenangkan dilakukan di area terbuka seperti ini, yang juga bisa membawa udara segar masuk ke dalam rumah.

3. Taman dengan Tangga Menuju Atap Serbaguna

Area di sebelah rumah ini, dibuat mengikuti penambahan ruang bangunan. Awalnya dibuat sebuah dek kecil di bagian atap, yang berfungsi sebagai ruang serbaguna, yang dihubungkan dengan tangga ke lantai bawah, yang dibuat taman rumput kecil dengan kolam air mini yang cantik dan menyegarkan.

4. Bawa Air Terjun ke Rumah

Ya. Anda bisa membuat simulasi alam di rumah Anda. 

Contoh nyatanya rumah ini, yang memindahkan air terjun yang biasa kita temui di alam bebas – lengkap dengan stupa mini dan bebatuan alam – yang airnya terus mengalir ke kolam kecil di bawahnya. Sangat indah. Tertarik? Tinggal menyesuaikan ukurannya dengan area yang Anda miliki.

5. Tempat Penyimpanan Sepeda

 Taman by Organic Roofs
Organic Roofs

Bike and log store with green roof

Organic Roofs

Penghuni rumah ini, tampaknya senang bersepeda. Hal yang kemudian mendorongnya untuk membuat sebuah tempat penyimpanan sepeda – juga barang di sampingnya – dengan menggunakan bahan kayu daur ulang, yang uniknya, dibuat taman kecil di atasnya. Selain memberikan warna pada lingkungan, ini adalah ide yang sangat kreatif.

6. Rumah Ini Sederhana, Tapi Hijau

Selain ide-ide di atas, Anda juga bisa mengisi area dengan membuat jalan setapak di sekitar rumah, seperti contoh di atas. 

Pemilik rumah memilih untuk membuat ruang yang bisa menyegarkan suasana, dengan membuat sebuah halaman polos di antara pagar dan jalan setapak. Mengambil tema sederhana untuk keseluruhan dekorasi, dengan kehijauannya, area ini mampu mengubah suasana rumah.

7. Jacuzzi Outdoor

Sekali lagi, contoh pemanfaatan ruang yang brilian: membuat jacuzzi outdoor! 

Bukan area yang besar, antara rumah dengan pagar atau dinding belakang rumah, diubah menjadi area jacuzzi, yang juga mencakup tempat berjemur dan halaman. Sementara patio penghubung rumah dengan ruang terbuka ini ditutupi oleh papan-papan kayu, melindungi area bar di bawahnya. Semua siap untuk menyenangkan Anda!

8. Taman Ekonomis dan Sederhana

Contoh bagus untuk Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk memanfaatkan area kosong di samping rumah. Buatlah sebuah area kehidupan di tengah-tengah taman batu seperti ini. Cukup sesuaikan area, hidupkan saluran air, letakkan kursi, buat area jalan dari kayu, dan tata pot dengan indah. Keunggulan lainnya, perawatannya mudah!

9. Taman dengan Paduan Kayu dan Batu yang Baik

Jika tampilan lantai rumput Anda normal seperti rumah sebelah, coba tambahkan sisi rumah dengan tanggu kayu berjenjang, berdampingan dengan bilah-bilah kayu di dekat di aspal segi empat, lalu hiasi dengan bebatuan halus. Lantas, dekorasi pagar dengan papan-papan kayu. Ini akan membuat daerah Anda terlihat sempurna.

10. Ruang Makan Outdoor

Taman, sudah. Kolam untuk berendam, juga sudah. Lalu, apalagi? 

Pemilik rumah satu ini, menambahkan sebuah ruang kehidupan di rumahnya, dengan mengubah sisi rumah menjadi ruang makan outdoor

Ia menambahkan sedikit naungan di atas area makan dengan membuah atap papan berbaris, yang bisa diberikan kain sebagai tambahan dekorasi untuk memberikan suasana seperti di resort, atau lembaran polycarbonate biru sebagai pelindung hujan, yang bisa menciptakan suasana baru saat menikmati makanan.

Nikmati inspirasi lainnya:

26 Ide Pagar Taman Yang Akan Membuat Tetangga Anda Terkagum-Kagum!

10 Rumah Terpisah dengan Balkon dan Teras Indah

Tulis pendapat Anda di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!