Ruang Keluarga by 윤홍디자인

7 Inovasi Dekorasi Interior Apartemen yang Menyegarkan Mata

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Salah satu persepsi umum mengenai apartemen sebagai tempat tinggal adalah dengan tampak luar yang modern dan serupa untuk semua unit, semua orang yang tinggal dalam bangunan apartemen juga akan memiliki unit yang mirip satu sama lainnya. Namun, persepsi ini tidaklah benar. Meski pemilik apartemen tidak memiliki kebebasan untuk menata tampak luar atau eksterior dari apartemen, pemilik apartemen mempunyai kesempatan yang besar dan otoritas penuh untuk mengekspresikan diri dan kepribadiannya dalam penataan interior apartemen.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengunjungi salah satu contoh proyek apartemen di Korea Selatan, tepatnya di apartemen Hwagok – Dong. Nuansa modern dan kepribadian pemilik terpancar dengan jelas melalui desain yang ada. Yoonhong Design, salah satu desainer interior kami, berhasil menciptakan suasana cerah dan segar yang dapat  dirasakan pada berbagai sudut ruangan.

Sudah makin penasaran dengan desain apartemen ini? Mari kita langsung lihat detailnya dengan lebih terperinci dalam artikel di bawah ini.

1. Kombinasi Kepribadian Pemilik yang Modern dan Nuansa Alami sebagai Konsep Dasar

Kepercayaan penuh pada desainer interior yang menangani proyek merupakan salah satu hal yang penting dalam proyek renovasi. Namun, tidak ada salahnya bagi para pemilik apartemen untuk memahami batasan struktur yang ada serta atmosfer atau suasana akhir yang anda ingin dapatkan melalui proyek renovasi. 

Pada dasarnya penentuan konsep desain interior adalah langkah yang sangat penting. Khusus dalam proyek ini, pemilik menginginkan desain yang modern yang sesuai dengan konteks Urban masa kini. Desainer kemudian menyiasatinya dengan mengajukan ide desain industrial modern yang disertai dengan pengelolaan ruang yang hati –hati untuk menghasilkan ruang interior yang cerah dan segar.

2. Ruang Keluarga yang Penuh Cerita

Dinding putih dan pemilihan material lantai dengan warna putih dan efek berkilau disertai dengan langit – langit yang berwarna senada menciptakan latar yang menarik bagi ruangan keluarga. Sofa yang berwarna krem lembut, yang tidak menyimpang jauh dari warna dasar putih, menempati salah satu sisi ruang tamu. Sedikit ruangan dibiarkan kosong pada bagian depannya agar pemilik dapat menempatkan meja kecil kelak ketika ia menemukan desain yang cocok. Hal yang menarik dalam desain ini adalah upaya yang dicoba oleh desainer untuk menggabungkan gaya Industri. Kombinasi warna putih, hitam dan abu-abu gelap disertai dengan pemilihan perabot dari material kayu dan tekstur yang berani dan kasar menambahkan ekspresi tersendiri yang unik bagi ruangan.

3. Keseimbangan pada berbagai sudut ruangan

Desainer pada project ini mencoba untuk membawa suasana Outdoor ke dalam dekorasi interior. Untuk menyeimbangkan suasana taman interior, salah satu sudut lain pada ruangan ini didesain dengan suasana kafe kecil. Dengan memanfaatkan dinding abu-abu dan pertimbangan akan keseimbangan ruang, tercipta nuansa menarik nan sejuk dimana pada ruangan yang sama dapat dirasakan suasana yang berbeda.

4. Ruang Special untuk Anda

Ruang keluarga pada apartemen ini tidak berakhir pada taman dalam ruangan dan kafe kecil yang telah kita bahas di atas. Jika dilihat lebih lanjut lagi, di belakang dinding kecil berwarna abu- abu gelap, terdapat ruangan kecil yang dapat diisi dengan rak buku. Sudut ruangan yang mendapatkan akses penuh sinar matahari ini kemudian dapat digunakan sebagai perluasan dari taman kecil maupun ruang kafe.

5. Desain Ruang Interior yang Terbuka yang Hanya Dipisahkan oleh Setengah Dinding

Hal lain yang menarik pada proyek ini adalah ide penggunaan setengah dinding untuk memisahkan ruangan. Foto ini diambil saat kita duduk di sofa ruang keluarga dan menatap lurus ke depan. Dinding yang tidak menyentuh langit – langit ini menggunakan warna dan bahan yang sama seperti dinding dan langit-langit. Dengan demikian, efek keseragaman tercipta untuk menghubungkan ruang indoor pada bagian depan dan belakang. Pada salah satu sisi dinding terpasang TV yang kemudian meminimalkan penggunaan ruang lantai. Pastinya sekarang anda sedang penasaran ruangan apa yang tersembunyi dibelakangnya. Yuk kita lihat bersama pada gambar selanjutnya.

6. Ruang Tersembunyi di Belakang Setengah Dinding: Kamar Tidur

Ruang yang tersembunyi di belakang dinding ruang keluarga tadi tenyata adalah adalah ruang tidur. Kombinasi desain yang modern dan bersih terpancar dari pemilihan tempat tidur dengan selimut abu-abu disertai dengan rak kecil yang terpasang di dinding. Rak ini kemudian dapat digunakan untuk dekorasi pribadi anda seperti foto anda atau orang – orang terdekat anda. Dengan penataan yang terbuka seperti ini, ruang tidur juga mendapatkan keuntungan dengan akses visual langsung ke taman interior yang penuh dengan sentuhan alam dan sinar matahari yang mencerahkan hati.

7. Dapur: Campuran Nuansa Modern Hitam dan Putih

Sekarang mari kita lihat ruang dapur. Lokasi yang berdampingan dengan ruang tamu direncanakan dengan tujuan meningkatkan efisiensi dalam pergerakan penghuni dalam ruang. Area dapur ini didominasi dengan perabot dengan material berwarna putih yang menutupi bagian bawah dan atas dinding. Area dinding yang tersisa kemudian dilapisi dengan ubin hitam bermotif bata yang membarikan perasaan nyaman untuk seluruh ruangan. Pada area tengah dapur terdapat sebuah meja persiapan makanan yang secara langsung menarik perhatian jika dilihat dari ruang keluarga.

Jangan lewatkan ide kreatif lain dari Professional kami yang dapat merubah persepsi anda mengenai apartemen sebagai tempat tinggal di sini.

Bagaimana persepsi Anda mengenai tinggal di apartemen sekarang? Tinggalkan tanggapan Anda di bawah ini!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!