Dapur by Estudio .m

8 Tips Miliki Dapur Menarik Dengan Biaya Terbatas

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Merenovasi atau mendekorasi ulang dapur bisa memakan banyak biaya. Kita perlu memutuskan bahan terbaik untuk countertop, lantai, dinding, bahkan perangkat dapur, namun tidak menguras bujet. Ini bukan masalah besar karena homify selalu memiliki solusi untuk segala hal yang berkaitan dengan renovasi rumah, termasuk dapur. 

Berikut ini adalah beberapa alternatif untuk mendesain ulang dapur secara hemat biaya. 

1. Meja dapur keramik

Bukan rahasia lagi kalau material granit atau marmer tidak murah. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan material keramik untuk dapur Anda. Pilih meja dapur keramik atau countertop keramik yang serasi dengan backsplash atau dinding keramik di dapur Anda. 

2. Pilih granit paling ekonomis untuk dapur secara keseluruhan

Bagaimanapun juga, granit adalah alternatif terbaik untuk dapur. Jika Anda menginginkan material ini untuk dapur, lakukan survei harga secara seksama sebelum membeli. 

3. Gunakan kembali lemari dan kabinet lama

Kondisi lemari dapur dan kabinet lama masih layak, mengapa tidak digunakan saja? Anda bisa memfurnish ulang atau mencat ulang lemari dapur yang terbuat dari kayu agar tampak seperti baru. 

4. Pilih material kayu ekonomis

 Dapur by dd Architects
dd Architects

Krishnakumar Residence

dd Architects

Material kayu memang mahal. Namun tidak jika kita pandai memilah dan memilih. Di Indonesia tersedia beraneka ragam jenis kayu yang cocok sebagai bahan dasar furnitur. Ada kayu jati yang telah terkenal mahal harganya. Ada juga kayu sungkal yang cocok untuk furnitur indoor dan harganya lebih murah daripada kayu jati. 

5. Memanfaatkan MDF

MDF (Medium Density Fibreboard) merupakan material yang terbuat dari serbuk kayu halus dan resin yang dipadatkan dengan suhu dan tekanan tinggi. Bahan ini umum digunakan sebagai furnitur yang diproduksi secara massal dan lebih ramah lingkungan. Furnitur MDF harganya lebih terjangkau daripada furnitur kayu. 

6. Gunakan material batu

Alternatif lainnya, gunakan countertop atau pelapis meja dapur dari batu. Jangan lupa menyelaraskannya dengan warna dinding dan backsplash ya. 

Baca juga: 

10 Ide Countertop Luar Biasa Untuk Dapur Anda

7. Ubin mosaik

Ini pilhan yang bisa Anda terapkan jika ingin menerapkan gaya edgy yang serba mengilap di dapur. Gunakan ubin berpola mosaik seperti contoh. Gunakan pula kabinet atau lemari dapur yang dilengkapi kaca agar dapur Anda tampak berkilau. 

Baca juga: 

10 Ide Renovasi Dinding Dapur Tanpa Biaya Lebih

8. Microcement yang menakjubkan

Microcemento telah menjadi solusi ekonomis dan berdaya tahan lama yang disukai banyak orang. Teknik ini juga cocok diaplikasikan dalam pembuatan meja dapur dan lemari dapur, meski belum terlalu populer di Indonesia. 

Baca juga: 

15 Inspirasi Dapur Indah yang Hemat Biaya 

Apakah yang Anda lakukan agar furnitur dapur lama tampak seperti baru?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!