Kamar Tidur by Denise Barretto Arquitetura

10 Desain Kamar Tidur Ala Kamar Hotel

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Tak ada yang lebih menyenangkan selain merebahkan diri di tempat tidur yang empuk berlapis seprei bersih dan lembut. Udara segar berhembus dari jendela, kedamaian ada di sekeliling kita. 

Faktanya, kamar tidur adalah tempat terakhir di mana kita dapat bersembunyi dari keriuhan dunia. Sehingga tidak berlebihan kalau kami beranggapan kamar tidur sebaiknya tenang, rapi dan bersih setiap saat. Sentuhan kemewahan dan sepercik warna layak dimiliki kamar tidur sesuai karakter pemiliknya. 

Coba bayangkan ketika Anda bepergian dan menginap di kamar hotel. Pasti Anda langsung terlena dan jatuh cinta dengan kenyamanan yang ditawarkannya. Apakah Anda ingin punya kamar tidur yang seperti ini? Kami juga. 

Kali ini kami akan mengulas 10 desain kamar tidur yang mirip seperti kamar hotel. Lengkap dengan cara untuk menghadirkan nuansa kamar hotel di rumah Anda. Inilah selengkapnya. 

1. Suite mewah

Kamar tidur ini kental dengan atmosfer bersih dan menenangkan. Tempat tidur sebaiknya berada dalam kondisi sempurna dan menjadi lambang kenyamanan dan relaksasi. 

Langkah pertama untuk mengubah kamar tidur Anda menjadi kamar hotel adalah dengan memodifikasi dinding. Warna netral adalah pilihan tepat. Demikian juga detil seperti cermin dan pencahayaan akan meninggalkan kesan mewah sebagai sentuhan akhir. Pantulan cahaya lampu pada cermin membuat kamar hotel pribadi Anda lebih terang dan lapang bagaikan suite mewah. 

2. Nyaman di segala cuaca

Kamar hotel biasanya didesain sesuai dengan iklim di lokasi. Kamar hotel telah dilengkapi dengan berbagai perangkat dari tekstil agar kenyamanan tamu terjamin di segala cuaca. 

Misalnya, hotel di tepi pantai akan menggunakan kelambu berbahan lembut dan seprei berbahan katun agar suasana kamar tetap sejuk dan privasi tamu tetap terjaga. Sedangkan kamar hotel di pegunungan akan dilengkapi dengan selimut tebal serta selimut dan bantal tambahan, agar tamu bisa tidur nyenyak tanpa kedinginan. 

Oleh karena itu, sesuaikan bahan kelambu, seprei, sarung bantal guling dan selimut dengan cuaca di tempat tinggal Anda. Gunakan kelambu, karpet dan tekstil untuk menciptakan atmosfer nyaman. 

3. Kamar tidur romantis

Kamar tidur romantis bukan hanya milik pasangan yang tengah berbulan madu. istilah ini juga ditujukan bagi sebuah tempat di mana Anda bisa menikmati saat-saat terbaik seorang diri. Agar Anda merasa nyaman di tengah kesendirian, tata cahaya memiliki peranan penting. 

Jika Anda menyukai suasana tenang, cahaya kekuningan dan menyebar adalah ide sempurna untuk menyamankan diri sendiri. Kamar tidur pecinta kebebasan dan petualangan sebaiknya diterangi cahaya putih, agar Anda semakin bebas untuk bermimpi. 

4. Tempat tidur terbaik

 Kamar Tidur by Hinson Design Group
Hinson Design Group

Georgetown Master Bedroom Lighting

Hinson Design Group

Hal pertama yang kita lakukan saat masuk ke kamar hotel adalah memeriksa empuk atau tidakkah tempat tidurnya. Sepulang liburan kita tidak bisa tidur nyenyak karena tempat tidur kita tak seempuk tempat tidur kamar hotel. 

Jangan ragu mengganti kasur lama jika Anda merasa tidak nyaman tidur di atasnya. Segera beli kasur baru yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingat, kualitas kasur bisa mempengaruhi kesehatan, kualitas tidur, dan kesehatan pikiran kita. 

5. Asesoris ekstra

Meski fungsi utama kamar tidur adalah sebagai tempat beristirahat, ruangan ini juga menjadi tempat bagi hal lainnya. Kita menghabiskan waktu berjam-jam di kamar tidur untuk berbincang dengan pasangan, merencanakan liburan berikutnya, membicarakan hal-hal penting, atau sekedar menonton film bersama. Kamar hotel memang dirancang untuk itu. 

Penting kiranya untuk menyesuaikan kamar tidur dengan fungsi lain. Tambahkan sepasang kursi berlengan untuk bercakap-cakap di sore hari, bantal tambahan untuk berbaring sambil menonton televisi, atau minibar plus minuman dingin. 

Baca juga: 

7 Inspirasi Kamar Tidur yang Indah dan Hemat Biaya

6. Dekorasi menarik

Dekorasi kamar hotel biasanya mengandung nilai artistik tinggi, baik desain furnitur maupun hiasan dinding. Ini membuat suasana kamar hotel terkesan modern, eksklusif dan unik. 

Kita bisa menghadirkan nuansa yang sama di rumah dengan memasang satu lukisan besar, atau beberapa lukisan kecil. Anda bisa memilih lukisan karya seniman lokal, atau replika lukisan karya seniman terkenal. Cobalah dan rasakan bedanya! 

7. Penuh warna

Bahkan hotel untuk para pebisnis dirancang unik dan spesial. Ada perpaduan warna memikat yang membuat kamar hotel berhasil mencuri hati Anda. 

Jika ingin kamar tidur Anda tampil seperti suite kelas satu, gunakan warna netral dengan detil warna gelap. Misalnya, padukan warna putih atau beige dengan warna hitam atau merah tua. Kalau Anda menghendaki kamar yang penuh energi, ganti warna gelap dengan warna cerah. 

Baca juga: 

8 Kamar Tidur Warna-Warni yang Sensasional 

8. Sesuatu yang berbeda

 Kamar Tidur by care4home
care4home

Big open bedrooms

care4home

Salah satu hal terbaik saat menginap di hotel adalah, kita dapat menikmati sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang bisa membuat kita melupakan rutinitas dan kesibukan sehari-hari. 

Jadi, bagaimana kalau Anda menghadirkan sesuatu yang berbeda di rumah? Carilah pernak-pernik menarik agar suasana kamar tidur bisa membuat Anda sejenak melupakan kehidupan sehari-hari. 

9. Panorama

Panorama sekitar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tarif kamar hotel. Saat mengunjungi pantai, pegunungan, atau kota, kita memilih kamar hotel dengan balkon agar bisa menikmati pemandangan sekitar. 

Tak perlu berkecil hati jika kamar tidur Anda tidak memiliki balkon. Anda bisa mengatasi hal ini dengan menambahkan tanaman hias di sekitar jendela. Atau bisa juga dengan menata ulang taman di luar jendela kamar tidur, agar Anda punya sesuatu yang menarik untuk dilihat saat membuka jendela di awal hari. 

10. Tampilan sempurna

Tampilan kamar tidur cenderung ditentukan oleh penampakan tempat tidur dan bed cover yang digunakan. Di hotel, inilah hal yang selalu dinilai oleh para tamu. Itulah sebabnya kamar tidur harus selalu rapi dan bersih, sesibuk apapun kita. Selalu rapikan tempat tidur begitu Anda bangun. Cucilah seprei dan sarung bantal guling secara teratur. Tambahkan bantal-bantal kecil agar kamar tidur menjadi tempat paling nyaman di rumah Anda. 

Ketahui desain kamar tidur menarik lainnya di: 

42 Kamar Tidur Karya Arsitek Terbaik 

Manakah desain kamar tidur ala hotel yang paling Anda inginkan? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!