Dapur by Happyhomes

8 Dapur Modern yang Tepat untuk Ruang Terbatas

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Sangat umum rasanya untuk mencari dan menemukan desain interior untuk dapur dengan luas yang terbatas, terutama dapur di dalam apartemen di mana pembagain ruangan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Untuk mewujudkan dapur modern, Anda perlu fokus pada pemilihan material, warna dan furnitur yang sesuai. Dekorasi kontemporer dalam nuansa modern memiliki karakter sederhana, dengan nuansa terang dan sentuhan minimalis. 

Salah satu hal terpenting untuk diperhatikan dalam mengatur dan menata dekorasi dapur yang kecil adalah menghindari memenuhi ruangan dengan barang-barang yang tidak penting. Hal-hal mendasar yang dibutuhkan ada di dapur sudah cukup untuk memastikan area dapur tampak indah sekaligus fungsional. Berikut ini 8 dapur modern yang dipersembahkan sebagai inspirasi untuk mendesain dapur Anda sendiri.

1. Menggunakan warna cerah

Dapur kecil cenderung dianggap tidak sesuai jika menggunakan warna yang sangat mencolok. Meski demikian, dapur dengan pilihan warna mencolok merupakan ciri kepribadian pengguna dapur yang terpancar. Cara terbaik untuk menciptakan kontras antara warna mencolok dan warna netral adalah seperti yang tampak pada foto di atas, di mana warna putih menyeimbangkan warna biru mencoloknya. Apapun bentuknya, jenis warna hangat dapat digunakan sebagai penyeimbang warna mencolok dan cocok untuk menjadi warna kabinet atau permukaan konter.

2. Integrasikan dapur dengan ruang tamu atau ruang makan

Konsep integrasi yang dimaksudkan di sini cocok sekali untuk dapur yang ukurannya kecil. Hal ini dapat dilakukan dengan menghilangkan dinding dapur dan memasang pintu kaca yang memungkinkan adanya penyatuan ruangan dapur dengan ruang tamu maupun ruang makan sehingga membuat ruangan terkesan luas.

3. Pilihlah warna nude yang netral

Warna nude kini tengah naik daun dalam dunia dekorasi apapun ruangannya, termasuk di dalam dapur. Warna nude sangat sesuai untuk lingkungan apapun, dengan warna abu-abu menjadi salah satu jenis warna nude. Warna nude tampak indah dalam ruangan yang kecil seperti yang tampak pada gambar, dan memiliki kontras yang indah dengan warna terang yang hadir dalam bentuk aksesoris kecil dan elemen dekoratif.

4. Warna, cermin dan cahaya dalam ruangan yang tidak simetris

Jika bentuk dari ruangan dapur tidak mendukung, sesuaikan sehingga pas dengan kebutuhan pemakainya. Pertama, dengan warna muda, seperti putih. Kedua, dengan kaca, yang membantu memberikan efek ruangan yang lebih luas, dan yang ketiga dengan pencahayaan alami serta lampu yang secara strategis diposisikan di dalam dapur.

5. Ketika dapur malah menghalangi dan mengganggu aliran ruangan dalam rumah

Terkadang, pembagian ruangan bisa menjadi aneh dan tidak seperti biasanya, dan dalam kasus seperti ini, Anda harus kreatif. Seperti ketika dapur malah berada di jalan menuju ke ruangan lain, seperti ke taman belakang atau ke teras, Anda perlu mengatur ruangan sedemikian rupa agar tetap rapi dengan furnitur sederhana, permukaan yang selalu bersih, dan banyak kabinet untuk menyimpan dan menata barang.

6. Gaya industrial

Tren terkini di dunia dekorasi dan gaya interior adalah tren gaya industrial yang sangat modern sekaligus menciptakan efek cantik yang serba bisa dipadukan dengan furnitur yang tepat, organik dan sederhana.

7. Kitchen island yang menciptakan area tempat makan juga

Jika dapurnya kecil, maka area lain di dalam rumah kemungkinan juga berukuran terbatas dan kecil. Dengan kitchen island yang memisahkan dapur dengan ruang tamu, terciptalah area yang cukup luas, apalagi dengan memasangkan tempat duduk untuk makan sehingga memungkinkan adanya area makan.

8. Modern-nya gaya retro

Bicara soal tren, gaya ruangan retro kini kembali populer. Ide yang brilian dan dapat diaplikasikan adalah mengombinasikan furnitur modern dengan bagian-bagian retro. Dapur pada foto berikut tampak memiliki kabinet bergaya klasik dengan meja kayu dan kaki meja baha yang lebih modern.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!