Taman by FORMICA Venezuela

6 Cara Mudah dan Murah Merawat Taman di Rumah

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Lahan sempit, bukanlah hambatan bagi Anda yang ingin memiliki rumah nyaman dan asri. Kini berbagai inspirasi dapat ditemukan untuk menyiasati keterbatasan lahan, saat membangun sebuah taman. Di Indonesia yang notabene merupakan negara tropis, berbagai jenis tanaman dapat tumbuh dengan mudah. Dan dengan perencanaan yang matang, desain yang fungsional serta teknik perawatan yang tepat, taman akan menjadi unsur istimewa pada hunian Anda.

Buku Ide kali ini dapat membantu Anda dalam merencanakan pembuatan taman yang istimewa, di atas lahan yang sempit. Penasaran? Let's dig a little more!

1. Pastikan Area Mendapat Akses Matahari dengan Mudah

Hal pertama yang harus Anda lakukan, adalah menentukan tempat yang memiliki pencahayaan alami, agar tanaman-tanaman di taman terus terlihat cantik dan menyegarkan, tanpa memerlukan perhatian khusus setiap harinya. Lewat pencahayaan alami, taman dapat hidup dengan sendirinya, karena memperoleh nutrisi utama secara otomatis.

2. Pilih Jenis Tanaman yang Sesuai

Saat ini, terdapat berbagai jenis tanaman hias yang dapat Anda pilih sesuai selera. Pastikan memilih jenis tanaman yang karakteristiknya sesuai dengan area taman. Kami sarankan Anda untuk menggunakan jenis tanaman yang pertumbuhannya cenderung lambat seperti kaktus dan haworthia. Selain itu, untuk menambah keindahan taman, Anda dapat menggunakan bebatuan sebagai penutup tanah seperti yang terlihat di gambar, atau memilih rumput yang tidak tumbuh terlalu tinggi seperti rumput gajah mini.

Pemilihan jenis tanaman yang tepat dapat menghemat waktu dan tenaga saat Anda merawat keindahannya. Tanaman-tanaman di atas tidak membutuhkan perawatan khusus maupun penyiraman setiap harinya. Jadi, tak perlu lagi khawatir saat di kantor tiba-tiba Anda teringat belum menyiram si hijau kesayangan!

3. Pilih Media Tanam yang Tepat

Untuk rumah dengan lahan sempit, taman vertikal kini mulai menjadi pilihan favorit. Memanfaatkan area dinding, Anda dapat mendekorasi ruangan dengan berbagai pilihan pot bunga yang cantik. Pot merupakan media tanam paling efisien dan ekonomis karena tidak memerlukan banyak lahan, serta menyediakan beragam pilihan harga dari yang termurah sampai yang termahal, dengan berbagai pilihan model.

4. Pemberian Pupuk

Meskipun di dalam pot dengan area terbatas, tanaman tetap harus diberi pupuk secara teratur, agar dapat tumbuh dengan subur. Pastikan Anda telah memberikan pupuk utama pada dasar pot saat awal pembuatan taman, sehingga Anda tinggal memberikan pupuk kimia tambahan secara berkala di bagian atas sampai tengah tanah.

5. Membuat Jadwal Penyiraman Taman

Anda juga dapat membangun taman semi-indoor di area rumah sebagai ruang bersantai. Jika taman berada di area dalam, penting untuk membuat jadwal menyiram taman agar tanaman tidak diberi terlalu banyak air karena ia akan membusuk. Mengingat taman di dalam ruangan biasanya tidak memiliki akses matahari yang cukup banyak, maka air menjadi sumber utama kehidupannya. Kadar air yang diberikan saat menyiram harus tepat, tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit.

6. Melakukan Pemangkasan

Kebersihan taman menentukan keindahannya. Jangan lupa untuk menyapu dahan-dahan yang rontok atau ranting yang kering, serta memangkas tanaman yang sudah mulai tumbuh subur. Dalam gambar, tampak tanaman jenis Lili Paris yang perawatannya sangat mudah dan pertumbuhannya juga lambat. Tanaman jenis ini sangat mudah perawatannya, dan cocok digunakan sebagai hiasan luar rumah. Nah, jika Anda memilih jenis tanaman seperti ini, maka Anda tak perlu membersihkan taman setiap harinya. Menyenangkan, bukan?

Tulis pendapat Anda di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!