Ruang Keluarga by Studio Binnen

11 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menghindari Kesalahan dalam Penataan Rumah

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Perabotan dalam ruangan dan tata letaknya secara langsung akan mempengaruhi gaya rumah dan suasana, meskipun tata letak dan desain interior rumah tergantung pada selera dan pilihan, tetapi ada berbagai pilihan kecil terhadap produk yang dapat mempengaruhi keseluruhan kesan dan desain rumah dan menjadikannya positif ataupun kebalikannya negatif. 

Jadi, pada kesempatan kali ini Homify akan berbagi 11 tips desain rumah yang dapat membantu Anda menghindari beberapa kesalahan umum pada pengaturan dan penataan rumah. Yuk kita lihat bersama-sama!

1. Kurangi Pembagian Ruang: Fokus pada Pengaturan Perabot yang Sederhana

 Kamar Tidur by The Market Design & Build
The Market Design & Build

I could curl up here forever!

The Market Design & Build

Orang suka menggunakan berbagai jenis perabot dalam penataan ruangan, tapi terlalu banyak perabot juga akan memberi efek yang betentangan dari apa yang kita inginkan, yaitu kesan berantakan. Kita bisa perhatikan bahwa tempat tidur sebenarnya tidak perlu terlalu banyak bantal, karena akan membuat kesan yang tampak membingungkan dan juga membuat tempat tidur terlihat lebih kecil.

2. Lokasi Gantung Karya Seni: Tidak Terlalu Tinggi atau Terlalu Rendah

Banyak orang suka menempatkan seni di rumah sehingga memberikan kesan apreasi lebih pada karya seni, tapi terkadang hal itu malah membuat rumah menjadi terlihat berantakan. Pada kenyataannya, karya-karya seni dapat diapresiasi dengan baik pada ketinggian 1,5 Meter, yang adalah ketinggian rata – rata orang Indonesia. Dengan demikian, setiap orang yang berbeda akan dapat menikmati hiasan dinding rumah anda dengan baik.

3. Gunakan Produk Berkualitas Baik: Hindari Produk Online

 Kamar Tidur by homify
homify

Modern Studio Apartment in London

homify

Dalam beberapa tahun terakhir, dengan meningkatnya popularitas belanja online, banyak orang yang terbiasa membeli produk tekstil secara online, tetapi kami menyarankan agar Anda tidak melakukannya tanpa melihat bahannya secara langsung terlebih dahulu. Bijaksana Anda harus melihat dan merasakan tekstru kain terlebih dahulu sebelum membelinya. Produk dengan berkualitas baik akan memberi pengaruh secara langsung terhadap suasana dari keluarga juga.

4. Gunakan Cat Berkualitas Baik

Hindari membeli cat berkualitas rendah hanya untuk menghemat anggaran. Pastikan Anda membeli cat berkualitas baik. Dengan demikian, dinding Anda akan dapat terus dinggunakan selama bertahun-tahun serta menghemat biaya pemeliharaan yang biasanya lebih mahal.

5. Kurangi Tekanan dalam Desain Ruangan: Beri Lebih Banyak Ruang Gerak

 Ruang Keluarga by BB Interior
BB Interior

Lounge room

BB Interior

Hindari terlalu banyak tekanan dalam perabot dan tata letak. Coba seimbangkan semua elemen yang ada untuk menciptakan efek tenang dan nyaman. Dengan demikian anda sudah berhasil mencapai dasar utama yang sangat penting!

6. Jangan Terlalu Kaku: Fleksibel untuk Menyesuaikan Ide

Ketika penataan rumah terlalu terikat pada keinginan tertentu, bisa jadi sangat sulit untuk diri anda sendiri! Jika beberapa bahan bangunan atau perabot yang terlalu mahal, lebih baik coba anda buka diri anda kepada pilihan lain yang ada di pasaran. Pasti selalu akan ada pilihan alternatif lain dari apa yang anda inginkan sekarang!

7. Posisi Sofa dalam Ruangan

modern Living room by Loaf
Loaf

Pavilion sofa bed

Loaf

Banyak desainer interior muda sering menempatkan dua atau lebih sofa bersama-sama. Sofa –sofa tersebut kemudian diatur dalam area kecil, tapi sebenarnya itu akan sangat mengurangi keleluasaan ruang di rumah, dan membiarkan area pergerakan dalam rumah menjadi kurang nyaman.

8. Desain kamar yang Tahan Lama

Untuk memiliki ruang penuh dengan tema kartun kesayangan adalah impian setiap anak, tetapi desain ini tidak berlangsung lama, seiring berjalannya waktu, setelah anak-anak tumbuh, kamar kebutuhan banyak perubahan, sehingga cobalah untuk menjaga desain yang sederhana.

9. Ruang yang Luas Dipadu dengan Hal-Hal Kecil

Di dalam ruangan yang luas dapat ditempatkan benda dan perabot yang relatif besar.  Contohnya seperti ruangan ini, ruang ini akan memiliki rasio yang lebih baik jika ditempatkan sebuah sofa besar dan meja kopi kecil dengan ruang gerak yang cukup. Selebihnya anda hanya perlu menambah berbagai pernak-pernik, kesan yang tercipta akan sangat cantik dan lucu. Namun jika ruangan anda sempit, coba hindari perabot berikut ini.

10. Jumlah Aksesoris Tambahan

Banyak orang modern sangat menyukai belanja, situasi ini sering akan meningkatkan jumlah barang dalam rumah itu, bahkan kemudian aksesoris rumah yang indah juga membuat rumah menjadi terlalu membingungkan karena jumlah yang terlalu banyak.

11. Hilangkan Cermin Kecil

rustic Corridor, hallway & stairs by IUNICUM GmbH
IUNICUM GmbH

Tennisschläger-Spiegel

IUNICUM GmbH

Kesalahan umum lainnya adalah penggunaan cermin kecil yang berbeda – beda. Pada kenyataannya, seharusnya anda memilih cermin besar, karena cermin dapat menciptakan lebih banyak ruang, sehingga rumah terlihat lebih menjanjikan dan luas.

Ada tambahan ide mengenai hal - hal yang perlu dihindari dalam menata ruang? Ayo bagikan di sini.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!