Rumah by atelier julien blanchard architecte dplg

Renovasi Rumah 1890-an Jadi Rumah Modern

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Sejak zaman batu, manusia memanfaatkan apa saja yang ada di sekitarnya untuk bertahan hidup. Bongkahan-bongkahan batu pun disusun menjadi tempat berteduh. Saat ini kita sudah tidak hidup di zaman batu, namun rumah bermaterial batu masih tegak berdiri. Salah satunya adalah sebuah rumah di Prancis yang didirikan pada 1890-an. Konstruksi rumah batu masih kokoh dan aman untuk ditinggali. Meski demikian, beberapa bagian perlu diperbaiki agar sesuai dengan kebutuhan hidup kekinian penghuninya. Ahli kami Atelier Julien Blanchard Architecte adalah pelaksana proyek renovasi ini. Mari kita amati seperti apa prosesnya. 

1. Fasad belakang sebelum direnovasi

  by atelier julien blanchard architecte dplg
atelier julien blanchard architecte dplg

La façade sur jardin de la maison, avant les travaux

atelier julien blanchard architecte dplg

Beginilah kondisi rumah batu ketika ahli kami pertama kali mengunjunginya. Melihat kondisinya, jelas rumah ini telah lama tak ditinggali sehingga kondisinya tidak terawat. Teras belakang rumah terdiri dari paduan antara batu kapur dan dinding beton bertekstur kasar. Balkon di lantai dua juga tampak masih kokoh. 

Fasad belakang setelah direnovasi

 Rumah by atelier julien blanchard architecte dplg
atelier julien blanchard architecte dplg

La façade sud-ouest sur jardin réhabilitée

atelier julien blanchard architecte dplg

Ahli kami menambahkan jendela dan pintu kaca geser agar cahaya dapat menerangi hingga sudut rumah. Dek kayu dihamparkan sebagai lantai teras, lengkap dengan atap rumbia modern. Bahan yang sama juga digunakan di sekeliling balkon agar privasi penghuni terjaga. Meski dinding beton dan batu tetap dibiarkan sebagaimana adanya, halaman belakang ala rumah Mediterania modern kini lebih sempurna untuk bersantai. 

2. Proses renovasi

Ahli kami menambahkan dinding beton pada beberapa titik interior rumah. Khususnya pada bagian yang akan difungsikan menjadi ruangan. 

  by atelier julien blanchard architecte dplg
atelier julien blanchard architecte dplg

Mur en béton armé décoffré : le lien vers l’étage

atelier julien blanchard architecte dplg

Sebuah dinding beton juga dibangun dekat pintu, menjadi sebuah pilar penyangga untuk menguatkan konstruksi atap. 

Rumah yang dibangun di Abad Pertengahan umumnya menggunakan lantai batu. Lantai sudah tidak bisa digunakan kembali karena kondisi yang tak memungkinkan. Oleh karena itu, ahli kami akan menggunakan lantai baru.

Inilah persiapan yang dilakukan ahli kami sebelum memasang lantai baru. Melihat landasannya, kita sudah bisa menebak lantai apa yang akan dipasang. Benar, lantai kayu. 

3. Sesudah: area masuk rumah

 Ruang Makan by atelier julien blanchard architecte dplg
atelier julien blanchard architecte dplg

Cuisine vue depuis l'espace bureau au rez de chaussée

atelier julien blanchard architecte dplg

Lihat, seperti inilah wajah baru rumah Mediterania setelah direnovasi. Cantik sekali bukan? Dinding batu telah difurnish ulang sehingga tampak seperti baru dan tidak menyeramkan. Lantai kayu membuat rumah batu ini tampak lebih modern. Lantai bawah merupakan area masuk rumah di satu sisi dan dapur, ruang makan, ruang keluarga serta ruang kerja di sis lainnya. Kedua area ini dihubungkan oleh lorong beratap rendah. 

4. Ruang kerja

Ruangan ini terletak di sekitar area masuk rumah, dikelilingi panel yang juga berfungsi sebagai rak buku dan tempat menggantungkan sketsa. Sebuah meja panjang dipasang sebagai meja kerja yang bisa digunakan dua orang bersamaan. Sebuah boks di samping meja difungsikan sebagai tempat menyimpan televisi kecil, sekaligus lemari dan meja saat diperlukan meja tambahan. Yang menarik di sini adalah balok-balok kayu bawaan rumah yang masih digunakan sebagai penyangga atap. 

5. Dapur dan ruang makan

Ahli kami menambahkan plafon modern dan panel di sekitar area dapur dan ruang makan untuk menciptakan suasana bersih. Countertop vertikal digunakan agar area dapur lebih lapang dan tersedia cukup tempat untuk meja makan. Lemari dapur modern menjadi tempat penyimpanan serbaguna di area ini. Kap lampu berbentuk spiral membuat area ini tampil modern, meski berada di dalam sebuah gedung tua. 

6. Ruang keluarga

Ruang keluarga terletak tepat di seberang dapur dan ruang makan, dikelilingi dinding batu yang telah halus dan difurnish ulang. Sofa besar gaya modern tampak menggoda untuk bersantai di atasnya, sambil berbincang bersama keluarga atau menonton acara televisi kesayangan. 

7. Lantai dua

Sebelum direnovasi, lantai dua adalah ruangan lapang dengan lantai berornamen klasik. Ahli kami membuat ruangan-ruangan baru dengan cara menempatkan kamar-kamar tidur knock down. Dalam gambar ini kotak besar berwarna putih dan hijau adalah kamar tidur atau ruangan knock down yang dipisahkan dek kayu. Sisa ruang dimanfaatkan sebagai ruang belajar untuk anak-anak. 

8. Kamar anak

Kamar knock down ini begitu mungil dan cerah, cocok untuk anak agar hari-harinya tetap ceria. Uniknya, roda-roda di bawah kamar knock down membuatnya mudah digeser kesana kemari. 

Baca juga:

10 Inspirasi Kamar Anak Perempuan Bak Negeri Dongeng

9. Kamar bayi

Tak jauh dari kamar anak ada kamar untuk adiknya yang masih bayi, sama-sama merupakan kamar knock down. Namun, orang tua harus menambahkan tangga atau pengaman lain jika bayi sudah bisa merangkak ke luar dari boksnya. 

10. Kamar orang tua

Berbeda dengan ruangan di lantai satu, hampir semua ruangan di lantai dua menonjolkan gaya minimalis modern. Lemari dan meja rias dipisahkan sebuah dinding dengan tempat tidur. Dinding bercat hitam sekaligus berfungsi sebagai hiasan ruangan yang tidak membutuhkan banyak detil. 

11. Kamar mandi

Sulit dipercaya bahwa kamar mandi ini berada di dalam sebuah rumah berdinding batu yang lama tak berpenghuni. Paduan warna hitam putih membuat siapapun tertarik untuk mandi berendam lama-lama di dalam bathtubnya. Boks-boks kayu sebagai wadah bathtub, meja wastafel dan tempat penyimpanan adalah inspirasi bagi Anda yang sedang mencari cara memanfaatkan boks kayu bekas.  

Tertarikkah Anda menggunakan elemen batu alam untuk rumah Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!