by The New English

10 Cara Murah Menghias Dapur Anda!

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Sekali lagi, kami menyajikan tips untuk menghias ruangan dengan murah – juga cepat. Dan kali ini, fokus kami adalah dapur. 

Ya. Pada dasarnya, kami ingin Anda merasa nyaman di dapur Anda sendiri. Tidak masalah apakah dapur itu besar atau kecil, modern atau rustic, cara-cara yang kami sarankan di sini, bisa diaplikasikan ke berbagai gaya, bentuk dan ukuran dapur. Di sini, Anda akan melihat bahwa dengan ide-ide yang sederhana dan ekonomis, Anda bisa mendapatkan sebuah dapur baru yang cantik dan fungsional, tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Ehem. Menarik, kan? 

Silahkan dibaca, dan dipraktekkan!

1. Gunakan Keramik

 Dapur by Dittrich Hudson Vasetti Architects
Dittrich Hudson Vasetti Architects

Kitchen remodelling in South Bristol

Dittrich Hudson Vasetti Architects

Ya. Keramik, adalah wallpaper alternatif yang hebat, dengan efek yang sama. 

Sisi baik keramik, terutama pada dapur, adalah mereka dapat dibersihkan, dicuci, dengan mudah. Anda hanya perlu menyekanya dengan kain lembab dan sedikit deterjen, untuk menghilangkan noda minyak dan kotoran. 

Saat ini, ada banyak keramik cantik dengan berbagai corak unik, dan Anda bisa mencampurkannya antara satu motif dengan motif lainnya, untuk menciptakan pola dan desain unik, sesuai keinginan Anda.

2. Kalimat-kalimat Motivasi

 Kitchen by Maria Tigela
Maria Tigela

Ilustração

Maria Tigela

Tidak ada yang bisa menaikkan semangat dengan lebih baik, selain kalimat-kalimat motivasi. Termasuk saat Anda sedang mengeluarkan piring dari mesin cuci, mengupas bawang untuk makan malam, atau menyapu lantai dapur. Contohnya, seperti ilustrasi di atas yang dibuat oleh brand Portugal, Maria Tigela, atau kalimat Maria Tigela lainnya seperti, ’Cooking with love, for those we like best, with those we like best.’ Selain ilustrasi kalimat-kalimat motivasi, Maria Tigela juga memiliki mangkuk-mangkuk indah dan sendok-sendok dengan berbagai bentuk. Silahkan lihat situsnya untuk info detilnya.

3. Atur Lemari dan Laci Anda

modern Kitchen by Aura Cocinas
Aura Cocinas

Cocina en PVC Gris Mare con combinación de Cristal Amarillo

Aura Cocinas

Dan Anda mendapati kondisi dapur yang berantakan! Barang-barang di mana-mana: piring, cangkir, panci, mangkok dan lain-lain! Tenang. Tarik nafas dalam-dalam, hembuskan… Tarik lagi, hembuskan… Sekali lagi, hembuskan. Bagaimana? Sudah merasa lebih baik?

Well. Sebelum memikirkan rencana dekorasi baru yang mendalam, akan lebih baik jika kita memulai dari hal-hal yang mendasar. Misalnya, tempat penyimpanan barang Anda di dapur. 

Pikirkan dan putuskan baik-baik, peralatan apa yang ingin Anda simpan, dan apa yang harus Anda lakukan dengan piring yang tidak pernah digunakan lagi, atau benda-benda lain yang tidak Anda sukai. Singkirkan yang tidak Anda sukai atau tidak Anda gunakan lagi, tanpa merasa sayang, apalagi bersalah. Anda bisa menawarkan barang-barang itu ke institusi-institusi atau teman-teman yang lebih membutuhkannya. Ingat, the rubbish of some, is the treasure of others! 

Lalu, luangkan waktu untuk membersihkan lemari dan rak, dan tempatkan semua barang di tempatnya yang benar. Atur dapur Anda secara efisien, dan lihat bagaimana ke depannya, hal ini akan lebih memudahkan Anda untuk melakukan banyak hal di dapur. Setelah langkah pertama ini dilakukan, pekerjaan mendekorasi ulang akan lebih mudah dikerjakan, dan jauh lebih menyenangkan!

4. Kebun Sayur di Dapur

Kini, sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak bisa membuat kebun di dalam rumah. Termasuk, di dalam dapur. 

Ya. Untuk mendapatkan ruang hijau itu, Anda selalu bisa membuat sebuah kebun vertikal atau menggunakan rak buku, untuk meletakkan semua tanaman Anda di sana. Sebarkan pot di area dapur Anda, atau letakkan rak baru khusus untuk tanaman, dan lihat sendiri bagaimana hal itu, akan membuat sebuah efek yang indah – fyi, menurut para ahli tanaman, budidaya dan berkebun, bersifat terapi dan anti stres. Warna hijau sendiri sering digunakan untuk mengatasi kasus-kasus depresi, dan menjadi warna yang penuh dengan energi positif. 

Bahkan jika kami tidak bisa meyakinkan Anda dengan alasan ini, pikirkan dari sisi sehat berikut ini: dengan membuat kebun di dapur, Anda bisa menghasilkan sebagian bahan makanan, dan memberi makan keluarga Anda dengan cara yang sehat.

5. Think Outside the Box!

modern Kitchen by Alaris London Ltd
Alaris London Ltd

Happiest when the skies are blue

Alaris London Ltd

Keluarlah dari zona nyaman Anda, thinking outside the box, dan eksplorasilah segala potensi dan kemungkinan! Contohnya, seperti yang diperlihatkan oleh dapur rancangan Alaris London Ltd ini. 

Di dapur ini mereka merobohkan pintu yang menjadi pembatas antara dapur dengan ruang keluarga, lalu memasang lemari yang sebenarnya bukan untuk dapur, dengan penempatan yang kreatif, dan diiringi satu-dua highlight pada rak yang didesain terbuka dan diberikan warna biru tua sebagai penekanan ide kreatif mereka – hal-hal yang memberikan keriangan dan juga kesegaran pada dapur ini!

6. Perbarui Furnitur Lama Anda

Kita semua menyukai hal baru, bukan? Tapi, tidak semua dari kita bisa selalu membeli barang-barang baru. Tapi kalau hanya sekedar amplas dan seember cat baru, tentu bisa dijangkau semua orang. 

Entah setelah mengeksplorasi gudang orang tua atau setelah berjalan-jalan melewati kawasan yang menjual perabotan antik – atau bahkan setelah Anda menemukan barang antik di jalan! – tidak ada salahnya untuk menempatkannya di dapur Anda. 

Investasikan waktu, perhatian dan usaha Anda untuk mendapatkan sebuah karya baru dan unik dari perabotan antik. Perlu Anda ketahui barang-barang antik selalu bisa tampil menarik, dan belum pernah tren DIY (Do It Yourself) sebegitu in-nya seperti sekarang ini. Kami yakin betul, Anda akan bersenang-senang melakukan hal ini. Just give it a try!

7. Gunakan Cahaya

 Dapur by sreda

Cahaya alami, memiliki efek yang luar biasa baik untuk suasana hati kita. Dan belajar bagaimana memanfaatkannya dengan benar dan maksimal, adalah cara yang bagus untuk menghemat energi. Dan tidak hanya dompet Anda saja yang akan berterima kasih, tapi juga lingkungan sekitar Anda. 

Buka jendela Anda dan biarkan sinar matahari masuk. Gunakan tirai tipis dan pilihlah warna-warna terang yang bukan menghisap cahaya, tapi menyaringnya untuk menerangi ruangan. 

Satu hal lagi: lampu listrik juga penting. Dan jika Anda belum melakukannya, maka ini adalah saatnya untuk mengganti lampu dapur (dan rumah) Anda dengan lampu rendah-energi. Memang harganya lebih mahal dari yang biasa, tapi ingat, lampu jenis ini akan membuat Anda berhemat sekitar 70%, karena mereka mengonsumsi energi antara tiga sampai lima kali lebih sedikit. Apalagi lampu ini juga lebih tahan lama – enam hingga 10 kali lebih lama dari bola lampu pijar tradisional.

8. Wallpaper untuk Menguatkan Karakter Furnitur

Pilihlah pola yang Anda sukai, lalu ambil lem, renggangkan kertas dengan baik, tempelkan, dan voila!, Anda bahkan tidak perlu menutupi keseluruhan dapur Anda! 

Ya. Gunakanlah wallpaper hanya sebagai hiasan atau dekorasi, untuk lebih menonjolkan furnitur Anda seperti bangku, laci, atau untuk memberikan sentuhan intim pada, misalnya, meja dapur.

9. Perhatikan Peralatan Rumah Anda

 Dapur by Hallwood Furniture
Hallwood Furniture

Small kitchen, big bold colour!

Hallwood Furniture

Pernahkah Anda berpikir untuk melapisi bagian luar microwave

Atau memberikan hiasan pada mesin cuci Anda? 

Atau, Anda juga bisa menghias kulkas dengan gambar, foto, atau tempelan magnet cenderamata dari perjalanan wisata Anda. 

Yup. Semua ide sederhana dan ekonomis itu, bisa memberikan tampilan baru pada dapur Anda. Terlebih jika peralatan rumah Anda sudah berumur, di mana catnya sudah rusak, atau muncul noda karat atau lemak. Lakukanlah saran kami ini untuk meremajakan lagi peralatan elektronik Anda.

10. Piring juga Penting!

 Kitchen by The New English
The New English

Lepidoptera

The New English

Piring, tidak semuanya harus putih. Begitu juga cangkir dan alat makan lainnya, juga tidak perlu dengan model yang sama. 

Sesuaikan barang-barang Anda dengan keinginan atau kesukaan masing-masing anggota keluarga, dan biarkan warna dan pola baru dari sendok, garpu, peralatan masak dan lain-lainnya, mewarnai kehidupan Anda. 

Langgar aturan lama, dan nikmati rasanya bersenang-senang dengan pilihan Anda sendiri! 

Mana dari ide-ide di atas yang akan Anda lakukan terlebih dulu?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!