Ruang Keluarga by Clara Bee

11 Larangan Saat Bertamu ke Rumah Orang!

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Merasa nyaman saat berada di rumah orang lain adalah hal yang penting, tetapi lebih penting lagi jika pemilik rumah juga merasa nyaman dengan kehadiran kita dan kita pun tidak menciptakan kekisruhan yang membuat rutinitas atau kehidupan sehari-hari mereka terasa terganggu. Terutama, jika Anda akan tinggal selama beberapa hari di tempat mereka.

Terkadang, kita pun sering melakukan hal-hal yang kurang menyenangkan tanpa menyadarinya. Namun, ada beberapa tindakan atau perilaku yang benar-benar tidak boleh kita lakukan ketika akan bertamu. Untuk itu, homify hadirkan 11 larangan saat bertam ke rumah orang sebagai panduan bagi Anda yang akan bertamu ke tempat orang lain. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Membiarkan pintu terbuka begitu saja

 Dapur by London Building Renovation
London Building Renovation

Single Storey Extension, Roxborough Rd II

London Building Renovation

Saat musim hujan tiba, udara dingin dan juga rembesan air hujan akan dengan mudahnya masuk ke dalam rumah. Untuk itu, selalu menutup pintu belakang untuk menghindarinya adalah hal tepat yang dapat Anda lakukan ketika bertamu ke rumah orang. Tentunya, hal ini menunjukkan kesopanan dan menjaga suhu ruangan tetap nyaman. Anda pun tidak perlu mengorbankan biaya apa pun kan?

2. Mengotori dan membiarkan rumah berserakan

modern Living room by Allnatura
Allnatura

Regalwürfel-System Basella

Allnatura

Ketika kita menghabiskan waktu di rumah teman atau keluarga, merasa terlalu nyaman dapat membuat Anda terlalu mengabaikan hal tertentu yang mengganggu orang pemilik rumah. Terutama, jika Anda lupa jika Anda tidak sedang berada di rumah sendiri, sehingga Anda pun membuat rumah berantakan dan menganggap kamar seperti milik sendiri.  Beberapa contoh hal yang membuat rumah tempat Anda bertamu kacau seperti menggunakan selimut dan tidak merapikannya atau meninggalkan barang-barang pribadi Anda berserakan dimana-mana. Maka dari itu, menjaga kebersihan kamar dan rumah adalah hal yang perlu Anda perhatikan!

3. Tidak menawarkan diri untuk membantu membersihkan rumah

 Walls & flooring by Bona
Bona

Bona Spray Mop, una mopa pulverizadora que permite limpiar y hacer un mantenimiento del parquet en un solo gesto.

Bona

Ketika Anda selesai makan, setidaknya tawarkan diri Anda untuk membantu beberes atau mengumpulkan piring kotor di satu tempat. Anda juga dapat menawarkan diri untuk menyapu remah-remah makanan yang jatuh ke tanah. Namun, jangan melakukan hal yang berlawanan dengan instruksi dari pemilik. Jika tidak, mereka akan berpikir Anda hanya membuat rumah bertambah kotor.

4. Tidak mematuhi peraturan yang diterapkan pemilik rumah

Setiap keluarga tentunya memiliki aturan atau cara dalam melakukan sesuatu, sesuai dengan gaya hidup yang mereka jalani. Untuk itu, menghormati mereka selama Anda menginap di rumahnya adalah cara terbaik untuk menunjukkan rasa terimakasih. Jangan pernah sekali-kali melanggar aturan tersebut, agar semua pihak merasa nyaman

5. Tidak tepat waktu, terlambat, atau terlalu cepat datang!

.Ada alasan mengapa sebagai tamu, Anda disarankan untuk datang tepat waktu atau tidak terlalu cepat, yaitu pemilik membutuhkan waktu untuk merapikan rumah secara menyeluruh. Sehingga, datang tepat waktu adalah kuncinya, tidak kurang ataupun tidak lebih.

6. Tidak membantu merapikan tempat tidur

Anda mungkin adalah seorang tamu, tapi Anda tidak sedang berada di hotel. Jika Anda selesai menggunakan tempat tidur, jangan biarkan kamar tidur tersebut dalam kondisi berantakan. Hal ini adalah kesalahan utama yang sering dilakukan oleh orang yang sedang bertamu ke rumah lain. Selalu ingat, karena kamar itu bukanlah kamar milik Anda, selalu rapikan sprei, bantal, dan juga selimut yang berantakan sebelum Anda pergi. Kalau perlu, lipat semua perlengkapan tidur Anda untuk dicuci, jika memang sudah waktunya untuk dicuci.

Jika perlu, Anda pun dapat memanggil pembersih kamar personal kalau memang tidak memiliki waktu untuk membersihkannya.

7. Asal masuk ke dalam ruangan pribadi

 Ruang Kerja by LuxDeco
LuxDeco

SS16 Style Guide – Coastal Elegance – Home Office/Study

LuxDeco

Tentunya kita semua sering penasaran jika sedang menginap di rumah teman atau keluarga, apalagi jika ada ruangan pribadi yang sering tertutup. Namun, tahan diri Anda untuk mengintip hal pribadi yang dilakukan oleh pemilik rumah, karena hal ini sangatlah tidak sopan! Jangan pula sekali-sekali masuk ke dalamnya, khususnya jika Anda tidak diizinkan untuk masuk ke bagian dalam ruangan. Selain itu, Anda juga tidak diperkenankan untuk mengacak-acak kertas, buku, atau album foto tanpa persetujuan pemilik. Jaga privasi pemilik sebisa mungkin, dengan maksud untuk menghormati pemilik yang sudah mengizinkan Anda untuk menginap atau singgah.

8. Tidak mengingatkan pemilik rumah mengenai alergi atau pantangan yang Anda miliki

  by Ghar360
Ghar360

Dining area

Ghar360

Tidak menjelaskan mengenai diet yang Anda jalani, alergi, atau juga pantangan tertentu adalah hal yang dapat mempermalukan kedua belah pihak. Mungkin Anda alergi dengan krim atau kacang-kacangan? Jangan malu untuk mengatakannya kepada pemilik rumah. Yang terbaik bisa Anda lakukan adalah memberikan peringatan dari awal mengenai alergi atau pantangan yang Anda miliki. Entah itu berupa makanan vegetarian atau diet yang lainnya, Anda harus mengingatkannya. Jika Anda mengkonsumsi bahan tertentu atau langka, membawa bahan sendiri dapat menjadi pilihan Anda. Tentunya, hal ini dapat mencegah hal yang tidak diinginkan bagi kedua belah pihak.

9. Menjadi anti sosial

 Ruang Keluarga by Clara Bee
Clara Bee

Balham SW12 Hyde Farm Estate

Clara Bee

Jika seseorang mengundang Anda untuk menginap beberapa hari di rumahnya, sebisa mungkin hindari terlalu sering mendekam di dalam kamar. Berbagi momen ramah saat siang hari selagi menikmati ruangan seperti dapur atau ruang tamu perlu dilakukan. Jika tidak ingin melakukannya, minta izin kepada pemilik rumah dengan sopan.

10. Diminta ataupun tidak, berikan privasi kepada pemilik

 Dapur by Clara Bee
Clara Bee

Balham SW12 Hyde Farm Estate

Clara Bee

Di sisi lain, memberikan tamu sebuah privasi adalah hal yang perlu dilakukan. Tentunya, beberapa saat tanpa adanya gangguan dari siapa pun sangat dibutuhkan. Hal ini berlaku untuk kedua belah pihak. Jika sudah adanya kepercayaan, pertanyaan seperti ini akan tumbuh secara sendirinya.

11. Mengabaikan peraturan sepatu dilepaskan di dalam rumah

Jika terdapat sepatu di depan pintu masuk, maka bisa dipastikan jika rumah tersebut memberlakukan peraturan tanpa adanya sepatu di dalam rumah. Tentunya, Anda perlu menanyakan terlebih dahulu mengenai hal ini, sehingga Anda dianggap lebih sopan dan mengikuti aturan pemilik rumah dan keluarganya.

Ingin ide lainnya yang tak kalah pentingnya? Simak artikel berikut ini!

7 cara ekonomis hadirkan kamar tidur indah

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!