10 Cara Membuat Taman Indah di Area Sempit

Dyah Mahasasi Dyah Mahasasi
Mostra de Ambientes de Sete Lagoas - Cozinha Gourmet e Área Livre de Lazer, Lider Interiores Lider Interiores Taman Modern
Loading admin actions …

Sesuatu yang terbatas justru bisa menjadi nilai lebih bagi kehidupan keseharian kita. Tidak perlu kecewa karena tinggal di rumah kecil dengan halaman yang kecil pula. Sedikit sentuhan dan penataan di sana-sini, halaman sempit Anda bisa berubah jadi taman dengan keunikan tersendiri yang tak dimiliki halaman luas. Bagaimana caranya? Ikuti terus persembahan homify yang satu ini. 

1. Warna cerah dan elemen alami

Gunakan elemen natural seperti tanah liat, batu, kayu, atau bambu untuk mempercantik teras kecil. Elemen natural ini bisa berupa pot bunga, pelapis dinding, bahkan furnitur taman. Padukan dengan tanaman bunga berwarna cerah yang serasi. 

2. Bangku di tengah halaman rumput

Tanami tepi halaman sempit dengan rumput, hias bagian tengahnya dengan batu-batu kecil untuk jalan setapak. Lalu letakkan bangku kayu di tengah jalan setapak itu. Sempurna sekali! 

3. Simpel dan ringkas

homify Balkon, Beranda & Teras Gaya Skandinavia Beton

Jika Anda tak punya banyak waktu mengurus tanaman, taman sempit ini boleh dicontek. Tanam pohon rindang di belakang rumah, lalu letakkan furnitur taman apik untuk bersantai. Jika kurang suka dengan warna putih, Anda bisa memilih warna lain seperti krem, beige, atau abu-abu. 

4. Sudut tropis

Gaya tropis juga bisa membuat taman kecil Anda menarik. Pohon palem, bambu, dan hiasan kayu adalah ciri utamanya. Namun Anda perlu melakukan pemeliharaan secara teratur, karena tanaman-tanaman ini mudah tumbuh rimbun dan menjadi sarang nyamuk. 

5. Bak tanaman

Inilah cara praktis untuk menghadirkan tanaman segar di halaman sempit sekaligus area duduk-duduk yang nyaman. Simak ide bak tanaman menarik lainnya di: 

15 Ide Media Tanaman di Rumah Kecil 

6. Jalan setapak mirip potongan kayu

Hidup di tengah suasana alami membuat jiwa terasa damai. Mengapa tidak menghadirkannya di rumah Anda? Jalan setapak yang didesain mirip kayu bisa mempertegas suasana alami di taman kecil Anda. 

Baca juga: 

10 Jalan Masuk ke Rumah yang Unik 

7. Nuansa pedesaan

Nuansa pedesaan juga bisa membuat eksterior rumah lebih menyenangkan untuk dinikmati. Caranya adalah dengan menempatkan furnitur rotan dan dekorasi berbahan kayu. 

8. Tekstur

Berikan tekstur pada dinding teras belakang untuk menonjolkan kesan natural. Ide brilian untuk teras belakang rumah yang sangat sempit. 

9. Taman vertikal

Selain dinding bertekstur, susunan tanaman gantung atau taman vertikal juga bisa menghadirkan kesegaran di teras belakang yang sangat sempit. 

Baca juga: 

34 Ide Cemerlang Menghias Dinding Dengan Tanaman Cantik 

10. Pencahayaan

Akhirnya kita sampai di bagian yang paling penting. Yaitu, pencahayaan. Selain lampu taman, spotlight juga bisa memberikan efek dramatis pada taman kecil Anda. 

Manakah desain taman di area sempit yang paling Anda suka? 

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah