Ruang Makan by ESTUDIO GEYA

6 Kesalahan Saat Mendekorasi Rumah dan Solusinya

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Sering kali kita melakukan kesalahan yang begitu kecil, sehingga kita hampir tidak menyadarinya. Namun itu bukanlah akhir dunia, karena kita bisa memperbaikinya. Mari temukan berbagai kesalahan kecil yang sering kita lakukan saat mendekorasi rumah, berikut cara mengatasinya.       

1. Hanya ada satu sumber cahaya

Satu lampu di langit-langit tiap kamar, ini tidak cukup. Coba tambahkan pencahayaan tak langsung sesuai dengan fungsi ruangan. Misalnya, spotlight di langit-langit dapur, lampu meja atau lampu lantai di dekat sofa ruang keluarga, atau lampu belajar di kamar anak. Jangan letakkan lampu lantai di kamar anak, karena ini bisa mencederai mereka. 

2. Ukuran furnitur kurang tepat

Furnitur yang dipajang di toko atau showroom selalu terlihat menawan. Namun setelah Anda membeli dan membawanya pulang, ternyata furnitur itu tidak cocok untuk ruangan Anda. Ukurannya terlalu besar sehingga membuat ruang tamu atau ruang keluarga terlihat lebih sempit. Ini wajar karena furnitur dipajang di showroom yang luas, sehingga ukurannya tampak proporsional dengan ruangan. Agar hal ini tidak terjadi, ukurlah panjang dan lebar ruangan Anda sebelum membeli furnitur apapun.   

Baca juga: 

10 Desain Furnitur yang Diperlukan di Rumah Indonesia

3. Kombinasi warna tidak serasi

Warna bisa mempengaruhi suasana dalam ruangan. Daripada asal memilih warna sesuka hati, Anda bisa membuat ruangan lebih nyaman dengan menggunakan efek psikologis yang ditimbulkan tiap warna. Jika Anda ingin menggunakan warna yang berbeda, gunakanlah tone atau nada warna yang sama. Bingung mau pilih warna apa? Gunakan saja warna netral seperti putih tulang, beige, coklat muda atau abu-abu muda. 

Baca juga: 

Apa Warna Dinding Terbaik Sesuai Zodiak Anda?

4. Hiasan beda gaya

 Ruang Keluarga by estudio 60/75
estudio 60/75

Proyectos de interiorismo varios

estudio 60/75

Memadukan beberapa hiasan dari berbagai gaya berbeda akan membuat suasana ruangan terlalu ramai dan kurang harmonis. Pilih satu gaya saja dan beberapa hiasan yang serasi satu sama lain. Hasilnya adalah tampilan yang lebih rapi dan harmonis. 

5. Dekorasi yang sama di semua ruangan

Ubahlah gaya dekorasi masing-masing ruangan yang fungsinya berbeda. Misalnya, dekorasi kamar tidur sebagai tempat beristirahat berbeda dengan dekorasi di area sosial (ruang makan, ruang keluarga). Dengan demikian, tiap ruangan tidak hanya nyaman namun juga lebih menarik.  

6. Pernak-pernik yang tidak sesuai dengan kebutuhan

Furnitur kaca modern memang menarik, namun berbahaya untuk bayi dan balita. Ruang keluarga open plan bisa membuat rumah terkesan lebih luas. Akan tetapi, mereka yang bekerja di rumah dan butuh ketenangan mungkin akan terganggu konsentrasinya. Ini bisa diatasi dengan membuat ruang kerja kecil di area ruang keluarga/ ruang tamu. 

Interior modern dan keren belum tentu cocok untuk kita. Pilihlah gaya interior yang benar-benar sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan kita. 

Baca juga: 

10 Kesalahan Menata Rumah yang Sebaiknya Dihindari 

Manakah dari kesalahan di atas yang pernah Anda lakukan? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!