Taman by RVB PAYSAGE

10 Ide Sederhana Agar Taman Lebih Mempesona

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Ingin jalan-jalan di akhir pekan tapi malas menghadapi kemacetan? Berakhir pekan di rumah juga asyik kok. Lakukan banyak aktivitas agar saat-saat di rumah jadi menyenangkan. Salah satu yang sangat kami rekomendasikan adalah memelihara dan mempercantik taman Anda. Berikut adalah beberapa ide simpel yang mudah diterapkan agar taman Anda semakin mempesona.  

1. Membuat jalan setapak dari pagar sampai ke teras

Musim kemarau telah tiba. Ini saat yang tepat untuk memperindah taman dengan membuat jalan setapak tanpa terganggu hujan deras. Jalan setapak simpel dari pagar sampai teras atau bak tanaman bisa jadi pilihan. 

2. Membuat pembatas tanaman di sepanjang jalan setapak

Pembatas tanaman akan membuat taman tampak lebih rapi. Anda bisa membuatnya dari batu, batu bata, kayu, atau plastik. 

3. Membuat bak tanaman di sepanjang pagar

Pagar taman akan lebih indah dengan bak tanaman. Jika pagar Anda terbuat dari kayu, pilih jenis tanaman yang tidak memerlukan banyak air. Air bisa membuat pagar kayu cepat lapuk. 

Baca juga: 

16 Pagar Taman yang Membuat Tetangga Anda Ingin Meniru

4. Bak tanaman di tengah teras

 Taman by RVB PAYSAGE
RVB PAYSAGE

jardin après travaux

RVB PAYSAGE

Membongkar lantai teras untuk membuat bak tanaman di tengahnya memang akan menguras waktu dan tenaga. Namun Anda bisa menerapkan ide ini pada saat renovasi teras atau membuat teras baru. 

Baca juga: 

15 Ide Menawan Untuk Teras Rumah Anda

5. Membuat jalan setapak dari papan kayu

Jalan setapak dari papan kayu sudah umum diterapkan. Namun bagaimana kalau ruang di sela-sela papan kayu ditanami rumput? Pasti hasilnya mengagumkan, seperti gambar ini. 

Temukan ide jalan setapak menarik lainnya di: 

11 Ide Menawan Untuk Jalan Taman Anda 

6. Memperbaiki halaman di samping rumah

 Taman by RVB PAYSAGE
RVB PAYSAGE

jardin après travaux

RVB PAYSAGE

Halaman di samping rumah sering terlewat dari perhatian kita. Sering kali area ini menjadi timbunan barang-barang tak terpakai dan tanaman di sekitarnya jadi tak terawat. Akhir minggu ini coba tengok halaman samping rumah dan tata kembali agar lebih sedap dipandang. 

7. Meletakkan patung

Satu atau beberapa patung akan membuat taman tampil jauh berbeda. Idealnya, letakkan patung di titik yang bisa terlihat dari tiga arah. Misalnya, dari area masuk rumah, dari teras, dan dari jendela. 

8. Pergola tanaman merambat

Pergola kayu cocok untuk Anda yang ingin mengubah penampilan halaman belakang. Apalagi pergola dililit oleh tanaman merambat di tiang dan bagian atasnya. Pastikan pergola kayu dibangun dengan pondasi untuk menjamin kekuatannya. 

9. Air mancur kecil

Suara gemericik air bisa menenangkan jiwa yang gelisah. Jika tidak punya kolam, bisa gunakan pot tanaman air. Kemudian pasang mesin air mancur mini. Siaplah kolam air mancur buat menghibur hati Anda setiap hari. 

10. Tebaran kulit kayu

 Taman by homify
homify

Massif entrée

homify

Bingung hendak ke mana membuang limbah kayu? Buang saja ke halaman Anda. Tata sedemikian rupa sehingga limbah kayu bisa tampil seperti batu-batu kecil penghias taman seperti contoh. Limbah kayu juga bisa mengurangi kelembaban tanah. Cocok disebarkan di sekitar tanaman yang tidak memerlukan banyak air. Menarik bukan? 

Manakah cara memperindah taman yang akan segera Anda terapkan? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!