Ruang Penyimpanan Wine by Space Alchemy Ltd

10 Ide Interior Rumah Kreatif dan Tak Terduga!

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Pada artikel kali ini, homify akan menyajikan kepada Anda mengenai 10 ide interior rumah kreatif dan tak terduga, dengan konsep minimalis dan juga fungsional. Tentunya, ide interior ini akan memperkaya rumah, dengan memanfaatkan seluruh bagian ruangan yang ada. Mulai dari ruang tamu yang dilengkapi banyak laci, koridor yang dialihfungsikan menjadi ruang penyimpanan, hingga dinding yang dipenuhi dengan foto-foto memorabilia keluarga.

Ternyata, solusi kreatif seperti ini dapat membuat rumah Anda lebih fungsional dan juga lebih maksimal. Manakah yang kira-kira menjadi favorit Anda? Siap-siap terpukau dan contek beberapa ide mengagumkan berikut ini!

1. Ruang dari kayu dengan struktur fungsional

modern Corridor, hallway & stairs by Möhring Architekten
Möhring Architekten

Galeriehaus im Dünenwald – Garderobe

Möhring Architekten

Homify mulai ide pertama ini dengan memperlihatkan Anda sebuah ruangan dengan struktur dari kayu yang memisahkan ruangan penyimpanan ini dengan ruangan lainnya. Selain muat untuk menyimpan banyak pakaian favorit Anda, ruangan ini juga terlihat sangat dekoratif berkat penggunaan kayu bertekstur halus berwarna cerah.

Jika Anda melihat dengan lebih seksama, terlihat rak dan bar bagian bawah yang didesain dengan sangat manis dengan kemungkinan yang tidak terbatas. Anda juga bisa memilih furnitur lainnya, tetapi yang satu ini pastinya tidak ingin Anda lewatkan begitu saja!

2. Pemanfaatan dinding menjadi ruang gantung

Pada gambar berikut ini kita dapat melihat betapa sempurnanya dinding yang dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan jaket dan topi, yang terletak berdekatan dengan pintu masuk rumah. Walaupun sederhana, ternyata rak penyimpanan muat untuk menggantu banyak jaket, lho! Praktis sekali bukan?

Selain itu, rak tempet yang digunakan sebagai tempat menaruh topi juga bisa Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan lainnya, mulai dari tas, jas hujan, hingga sepatu. Atau mungkin Anda mau memajang koleksi kesukaan Anda di situ? Ide yang cukup bagus! Sentuhan personal pada pintu masuk tidak akan pernah salah untuk dicoba.

3. Rak besar di koridor masuk

 Ruang Kerja by Fables de murs
Fables de murs

Une bibliothèque à la porte de la cuisine

Fables de murs

Tentunya kita semua setuju jika ruang penyimpanan di setiap bagian rumah sangatlah penting, terutama jika Anda memiliki banyak ruangan yang berbeda. Tetapi, Anda perlu memperhatikan peletakan rak penyimpanan ini. Apalagi jika rak tersebut terlampau besar. Untuk itu, dalam rangka mengakali ruangan yang terbatas di rumah, coba buat rak yang menyesuaikan dengan sudut ruangan rumah Anda. Dengan begitu, Anda pun dapat memanfaatkan sudut ruangan yang kosong dengan lebih maksimal. Tidak mau kan salah pilih furnitur dan berinvestasi pada rak yang salah?

4. Gudang penyimpanan di bawah tangga

 Ruang Penyimpanan Wine by Space Alchemy Ltd
Space Alchemy Ltd

Wine cellar beneath contemporary staircase

Space Alchemy Ltd

Ide berikut ini memadukan ruang tangga dengan bagian bawah tangga yang seringkali terlupakan. Alih-alih didiamkan begitu saja, desainer interior rumah ini malah mendesain ruangan penyimpanan anggur berbahan kayu yang terlihat modern dan juga eklektik. Jangan lupakan pula penempatan sudut lampu yang memanfaatkan celah di bawah anak tangga yang membuat ruang penyimpanan lebih hidup. Fungsional dan sangat sempurna untuk penikmat anggur sejati!

5. Koridor yang dilengkapi lemari penyimpanan

 Koridor dan lorong by MIROarchitetti
MIROarchitetti

la libreria passante

MIROarchitetti

Pada gambar berikut, Anda dapat melihat bagaimana dinding di ruang tengah dimanfaatkan sebagai lemari penyimpanan yang bentuknya menjorok ke dalam dinding. Secara khusus, lemari penyimpanan ini didesain agar lebih fungsional dan ideal bagi Anda yang sangat suka membaca buku. Sehingga, Anda tidak perlu kerepotan lagi untuk menyimpan koleksi buku favorit. Anda pun dapat dengan lebih mudah mencari buku sambil jalan. Begitu indah dan juga tidak mungkin terpikirkan sebelumnya!

6. Rak furnishing yang memenuhi seluruh dinding

 Koridor dan lorong by MON OEIL DANS LA DECO
MON OEIL DANS LA DECO

Le couloir a une vraie fonction

MON OEIL DANS LA DECO

Pada desain berikut ini, kita dapat melihat sebuah desain menaggumkan yang memanfaatkan seluruh bagian dinding menjadi rak furnishing yang rapi dan juga indah. Di rak ini, Anda dapat menyimpan berbagai koleksi buku, foto, hingga koleksi benda dan aksesoris favorit Anda. Dari sebuah struktur rak yang sederhana ini seperti ini, seluruh koleksi Anda dapat tertata dengan sempurna!

Tentunya, rak ini juga dapat menciptakan kesinambungan dengan ruangan lain seperti dapur dan ruang tungah, sehingga terasa sangat orisinil dan juga memukau!

7. Lemari dan bangku nyaman untuk melengkapi tangga

 Rumah by Residence Interior Design Ltd
Residence Interior Design Ltd

Townhouse Interior Design, Putney Bridge, London

Residence Interior Design Ltd

Pada ide nomor 7 ini, Anda akan diperlihatkan sebuah solusi kreatif untuk memanfaatkan ruang tak terpakai di rumah Anda. Solusi tersebut berupa sebuah ruangan kecil yang dilengkapi lemari dan juga bangku nyaman yang terletak di bawah tangga. Layaknya sebuah perpustakaan, ruangan ini dapat menjadi tempat bersembunyi dari rutinitas yang berat sambil menghabiskan buku yang belum sempat Anda selesaikan. Selain itu, ide ini adalah salah satu ide favorit homify! Kalau Anda?

8. Kantor kecil dilengkapi banyak rak

Bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk menciptakan kantor atau ruang belajar di rumah, desain berikut sangat sempurna untuk Anda pertimbangkan! Dengan menempatkan struktur kayu modular berukuran kecil di sebelah pintu, Anda dapat menempatkan meja kayu minimalis yang dilengkapi kursi untuk mengerjakan seluruh pekerjaan rumah Anda. Di sekelilingnya, Anda dapat menempatkan beberapa laca yang menempel pada dinding. Efektif dan juga menarik untuk dicoba sendiri!

9. Dinding sebagai tempat pajangan foto

Jika Anda mulai kehabisan akal menghiasi dinding rumah, jadikan saja dinding tersebut menjadi sebuah dinding pajangan foto atau lukisan yang menakjubkan! Dengan begitu, Anda seakan-akan memiliki sebuah galeri seni pribadi di rumah. Tempatkan pula beberapa frame berwarna kontras dengan warna dinding, sehingga efek visual yang dihasilkan sangat indah dan santai. Tidak perlu lagi susah susah mencari tempat untuk memajang seluruh koleksi seni Anda bukan?

Ingin ide lainnya yang tak kalah mengagumkannya? Yuk simak '7 cara ekonomis hadirkan gaya rustic di rumah' berikut ini!

10. Rak rendah memanjang yang miniimalis

Pada ide terakhir ini, Anda akan disajikan sebuah solusi kreatif dan juga fungsional untuk ruang penyimpanan. Dengan memanfaatkan dinding panjangan foto dan lukisan, Anda dapat menambah rak rendah yang dipasang di bawah berbagai frame yang menghiasi dinding. Di dalamnya, Anda dapat menyimpan berbagai koleksi buku dan juga objek dekoratif yang membuat tamu terpesona. Di atasnya, desainer interior juga telah memasang titik lampu tersembunyi yang membuat rak tersebut lebih hidup dan menyala. Objek dekoratif yang dipajang di sana juga menjadi lebih cantik dan juga elegan.

Itulah beberapa ide kreatif untuk memanfaatkan ruangan tidak terpakai di rumah Anda, yang secara khusus disusun oleh tim homify. Selamat mencoba!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!