Kamar Tidur by homify

7 Kesalahan Interior Ini Buat Rumah Anda Kurang Menarik

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Bukan perabot mewah menawan nan mahal yang membuat rumah kita menarik. Melainkan cara kita mengatur segala hal yang ada di dalamnya. Hal inilah yang sering tidak terpikirkan saat merancang interior hunian kita. Pada dasarnya, ada 7 kesalahan yang biasa kita lakukan saat mengatur interior rumah. Namun, menunjukkan kesalahan seseorang itu lebih gampang daripada memberikan alternatif cara untuk memperbaikinya. homify tidak hanya 'menghakimi' Anda. Ulasan berikut ini akan membahas kesalahan interior yang mengakibatkan rumah Anda kurang menarik, sekaligus solusinya. 

1. Area masuk rumah yang berantakan

Area masuk rumah adalah ruang vital yang menunjukkan suasana di dalam rumah begitu Anda melintasi pintu depan. Memang ini bukan area duduk-duduk, namun area masuk rumah adalah yang pertama kali Anda lihat saat masuk ke rumah. Biasanya ada berbagai macam barang seperti sepatu, payung, pot bunga, dsb. yang diletakkan di sini. Ini adalah sebuah kesalahan karena bisa membuat area masuk rumah terlihat berantakan. Hiasan yang terlalu ramai juga bisa membuat area masuk rumah tampak sempit. 

Sangat disarankan untuk meletakkan lemari atau tempat penyimpanan di area ini untuk menyimpan sepatu, payung, dll. agar tidak terlihat dari luar. Anda bisa juga meletakkan rak atau gantungan untuk menyimpan barang yang sering terselip (misalnya kunci kendaraan atau kunci rumah). Hiasan boleh saja diletakkan di sini, asalkan bisa membuat area ini tampak lapang. Selain itu, Anda bisa juga meletakkan pengharum ruangan atau bunga segar agar bau harum selalu menyambut Anda sepulang kerja. Anda juga perlu membersihkan area masuk rumah secara teratur. 

2. Hiasan dinding terlalu ramai

 Ruang Keluarga by tatarintsevadesign
tatarintsevadesign

Гостиная

tatarintsevadesign

Beberapa dari kita mungkin lebih mengutamakan hiasan dinding daripada hiasan jenis lainnya, karena hiasan dinding bisa dengan mudah mengubah atmosfer interior rumah kita. Namun manusia selalu mencari kesempurnaan. Apa yang sebenarnya sudah layak sering dianggap kurang. Sering kali kita menganggap sesuatu yang mahal itu pasti lebih baik. Padahal, keindahan tidak ditentukan oleh harga. Melainkan oleh apa yang kita rasakan saat melihatnya. Berbagai hiasan mahal dan menarik akan sia-sia jika tidak selaras dengan elemen lain dalam ruangan. 

Demikian juga hiasan dinding yang terlalu ramai akan membuat dinding terkesan rumit dan tidak bersih. Pilihlah hiasan dinding yang tidak berlebihan, simpel, dan tahan lama. 

3. Hiasan rumah berdebu

Perabot dan hiasan berdebu akan mengurangi keindahan rumah, juga tidak baik untuk kesehatan. Ruang tamu adalah ruangan langganan debu karena ada banyak perabot dan pernak-pernik hiasan di sini. Sesibuk-sibuknya Anda, luangkanlah waktu untuk membersihkan rumah minimal satu kali seminggu. Simak cara praktis dan singkat membersihkan rumah di: 

9 Tips Membersihkan Rumah Dadakan Dalam Lima Menit! 

4. Bau tak sedap

Ada dua ruangan di rumah yang biasa mengeluarkan bau-bauan 'aduhai', yaitu kamar mandi dan dapur. Jika kamar mandi dan atau dapur Anda terus mengeluarkan bau, waspadalah karena sangat mungkin ada bakteri yang sedang bersarang di sana. Bau kamar mandi bisa diatasi menggunakan berbagai produk pembersih yang banyak tersedia di pasaran. Bau di dapur bisa dibasmi dengan larutan baking soda dan air, bisa juga menggunakan cuka. Jika kulkas Anda berbau, letakkan secangkir bubuk kopi kering untuk mengatasinya. 

Alergi dengan produk pembersih? Gunakan saja pembersih alami. Ikuti selengkapnya di: 

8 Tips Membersihkan Rumah Dengan Bahan Alami

5. Interior kamar mandi berwarna-warni

 Kamar Mandi by 퍼스트애비뉴
퍼스트애비뉴

톡쏘는 청량감이 있는 안산 푸르지오

퍼스트애비뉴

Interior kamar mandi sebaiknya mampu menghadirkan kesan bersih dan segar. Oleh karena itu, warna putih adalah warna terbaik untuk interior kamar mandi. Alasan lainnya, kita dapat dengan mudah mengetahui bagian kamar mandi yang harus dibersihkan karena kotoran akan tampak jelas di area berwarna putih. Untuk meningkatkan estetika ruangan, Anda bisa mendekorasi satu bagian dinding dengan warna cerah lain dan meletakkan pot-pot bunga sebagai hiasan. Jika Anda menginginkan kamar mandi trendi, gunakan elemen atau asesoris yang mudah diganti. 

6. Mengikuti tren warna interior

 Kamar Tidur by homify

Pemilihan warna adalah penting dalam mengatur interior rumah. Suasana hati penghuni rumah juga bisa dipengaruhi oleh warna interior. Tren warna selalu berubah setiap tahun. Namun tidak berarti Anda harus mengikutinya. Bolak-balik mengganti cat rumah atau wallpaper itu melelahkan bukan? Pilihlah warna cat dinding atau wallpaper yang tak usang dimakan tren. Untuk mendatangkan suasana baru, gantilah warna pernak-pernik yang ada dalam ruangan. Misalnya, karpet, tirai, seprei, atau bantal kursi. Pilihlah warna pastel jika Anda suka warna cerah. 

7. Rak buku kurang rapi

Keteraturan itu lebih penting daripada hiasan interior. Anda mungkin punya banyak waktu untuk bersih-bersih rumah, namun merapikan rak buku bisa menyita waktu. Rapikan segera rak buku saat buku-buku dan kertas-kertas tampak berdesakan, jangan tunggu sampai menumpuk tinggi. Di perpustakaan pribadi, buku bisa menjadi hiasan. Dengan catatan, tiap buku mudah ditarik keluar dan dimasukkan. Judul buku harus terlihat agar siapapun tertarik untuk membacanya. 

Manakah tips memperbaiki interior rumah yang paling bermanfaat untuk Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!