Ruang Keluarga by RAFAEL SARDINHA ARQUITETURA E INTERIORES

7 Ide Untuk Mendandani Hunian Mungil

KSMR KSMR

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Siapa bilang apartemen dengan luas yang terbatas tak bisa didandani secara maksimal. Lewat sebuah proyek di buku ide ini akhirnya mitos tersebut dapat dipecahkan. Nyatanya sebuah apartemen dapat tampil apik dan sempurna berkat pemilihan furnitur yang tepat, pemanfaatan ruangan yang sesuai, penggunaan cat yang netral dan penataan cahaya yang tepat. Selain itu, kombinasi material dapat pula Anda hadirkan untuk memberikan efek yang berbeda di setiap ruangan apartemen Anda. Untuk mengetahuinya secara detail, mari kita ikuti penjabaran berikut ini.

1. Furnitur yang mudah diaplikasikan

Pada bahasan pertama ini, fokus penataan ada pada pemilihan furnitur yang tepat. Seperti yang terlihat pada gambar, ruang tamu mungil berhasil tampil modern dan manis berkat penggunaan furnitur yang tak banyak macam. Semua komposisi dibuat sesimetris mungkin sehingga kesan minimalis turut hadir didalamnya. Selain itu, penggunaan partisi kaca sebagai pembatas dengan ruang dapur yang berada disebelahnya juga terbilang sangat efektif untuk memberikan kesan luas di ruang komunal tersebut.

2. Meniadakan sekat antar ruangan

Dari angle ini terlihat bahwa ruang tamu yang sebelumnya kita bahas bersebelahan dengan dapur, ternyata fungsinya juga terlihat agak menyatu dengan ruang makan yang berada disisi lainnya. Kedua fungsi ruang tersebut hanya dibedakan lewat pembatas teritori implisit berupa karpet dan lantai. Dimana karpet menjadi teritori ruang tamu dan lantai adalah teritori yang dimiliki oleh ruang makan. Selain itu, kedua ruang tersebut juga diberikan pula aksen pencahayaan sendiri-sendiri pada bagian langit-langit, agar masing-masing ruang dapat memaksimalkan pencahayaannya ketika sedang digunakan.

3. Ruang penyimpanan kreatif

Ruang penyimpanan adalah unsur yang sangat penting dari sebuah hunian. Selain sebagai pelengkap, unsur furnitur tersebut umumnya juga digunakan sebagai media estetika agar tampilan sebuah rumah atau apartemen terlihat bersih dan rapih berkat fungsinya. Berbagai model media penyimpanan dapat Anda aplikasikan di setiap ruang yang Anda miliki tak terkecuali dapur sekalipun. Seperti yang terlihat pada gambar, bahasan media penyimpanan akan terfokus pada area dapur. Demi memanfaatkan ruang media penyimpanan dirangkai pada salah satu dinding dapur melalui dua buah rak, atas dan bawah. Pada rak atas, media penyimpanan dikonsep dalam dua model, terbuka dan tertutup. Di rak terbuka, unsur penyimpanan lebih mengedepankan benda-benda yang kerap digunakan seperti bumbu-bumbuan, gelas, gula dan lain sebagainya. Sedangkan pada rak-rak tertutup umumnya digunakan sebagai media penyimpanan peralatan dapur yang jarang-jarang digunakan seperti panci, toples, penggorengan dan lainnya. Selain itu, di dapur yang mengusung konsep island ini penghuni juga dapat memanfaatkan area meja island sebagai media penyimpanan tambahan untuk meletakkan beberapa keperluan dapur yang sering diambil seperti tisu atau tempat sendok pada area meja island tersebut.

4. Menggunakan aksen atau tekstur tertentu pada furnitur

Seperti yang terlihat pada gambar, beberapa poin aksen dan tekstur tersebut terlihat pada pemilihan rak dinding, model karpet dan bentuk unik pada model kursi makan. Ketiga ide tersebut adalah cara unik yang dapat Anda aplikasikan dihunian Anda, agar tampilan apartemen Anda sedikit berbeda dengan wujud apartemen pada umumnya.

5. Menata pencahayaan ruangan

Selain furnitur, penataan cahaya adalah poin penting lain yang harus Anda perhatikan agar kesan terang dan luas dapat terasa di setiap ruang apartemen Anda. Dalam hal ini memainkan pola peletakkan sumber cahaya pada langit-langit dan menghadirkan beberapa model lampu berdiri di sudut-sudut ruangan adalah beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan dengan mudah.

6. Menghadirkan nuansa lembut pada area tidur

Untuk ruang istirahat, sebaiknya gunakan corak-corak yang lembut agar suasana istirahat di ruangan tersebut benar-benar terasa kenyamanannya. Jika sudah, aplikasikan pula beberapa sudut lampu temaram untuk menghadirkan suasana romantis saat lampu utama dimatikan. Seperti yang terlihat pada gambar, sudut lampu temaram di kamar tidur tersebut diletakkan pada bagian latar tempat tidur, sehingga pada saat lampu dimatikan cahaya tersebut akan mengeluarkan efek cahaya yang sendu.

7. Mengkombinasikan beragam material unik di kamar mandi

Jika anda bosan dengan tampilan kamar mandi khas bawaan developer, maka taka da salahnya jika Anda merombaknya dengan gaya kamar mandi keinginan Anda sendiri. Anda dapat mainkan beragam material kedalamnya, sehingga kamar mandi Anda akan terlihat lebih eksklusif dari sebelumnya.

Anda tertarik dengan ide ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!