Ruang Kerja by BoConcept Germany GmbH

10 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Tidur Agar Rumah Tetap Rapi

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Kenalkah Anda dengan orang-orang yang ketika Anda bertamu ke rumah mereka, rumah mereka selalu terlihat rapi dan semua berada pada tempatnya? Anda mungkin merasa minder sekaligus kagum akan kemampuan mereka menata dan menjaga rumah tetap rapi. Padahal, tidak semuanya seindah yang terlihat mata.

Terdapat cara mudah untuk menjamin rumah selalu rapi setiap hari. Dengan konsistensi dan menyeimbangkan jadwal dengan rutinitas menjaga kerapian dan kebersihan rumah, Anda dapat mewujudkan hal ini. Sensasi menyenangkan yang dirasakan saat terbangun di pagi hari melihat rumah yang rapi dan tertata membuat Anda lebih semangat beraktivitas. Hal ini erat kaitannya dengan kebiasaan yang dilakukan tepat sebelum tidur. Berikut 10 tips yang dapat Anda terapkan tepat sebelum tidur.

1. Jaga kerapian dapur

Memang sudah jadi hal klasik bahwa membersihkan dapur akan memakan banyak waktu, namun Anda juga tentunya tidak akan merasa lega meninggalkan dapur berantakan dan mendapatinya di pagi hari dalam keadaan tidak terurus. Siapa yang ingin memulai hari dengan kondisi dapur yang berantakan, kotor dan tumpukan piring dan gelas yang menunggu untuk dicuci? Meski sudah jelas, namun hal ini penting untuk dilakukan sebelum tidur; menjaga dapur bersih dan bebas dari kerjaan tambahan di pagi hari. Sampah dikosongkan dan piring gelas bersih siap dipakai di hari berikutnya tentu membuat awal hari Anda lebih nyaman saat sarapan.

2. Ruang tamu yang tetap rapi

 Ruang Keluarga by Arkstudio
Arkstudio

Vista da sala

Arkstudio

Ruang tamu seringkali menjadi ruangan pertama yang menyambut begitu Anda melangkah keluar dari kamar tidur, bahkan sebelum memasuki dapur. Ruang tamu yang berantakan akan langsung terlihat dan siapa saja yang masuk ke dalam rumah kita juga akan langsung menemukannya. Sebelum tidur, pastikan ruang tamu semua berada pada tempatnya dan tidak seperti kapal pecah. Masukkan buku-buku pada tempatnya, bersihkan remah-remah makanan yang mungkin tersisa pada sofa dan pastikan semua bantalan menempati posisi seharusnya.

3. Persiapkan hal-hal yang diperlukan besok

 Kitchen by ACACIA

Saran yang berikut ini juga sangat penting untuk memastikan Anda siap menjalani hari dan tidak ada sesuatu yang Anda butuhkan yang tertinggal dan membuat Anda panik. Habiskan waktu beberapa menit saja sebelum tidur untuk mempersiapkan bekal roti yang mungkin akan Anda bawa, mengatur isi tas yang perlu Anda bawa bepergian atau berangkat ke tempat kerja. Dengan demikian, Anda dapat menghindari menghabiskan terlalu banyak waktu bersiap-siap dan diburu waktu.

4. Tidak ada barang berserakan di lantai

Sebelum tidur, pastikan lantai di semua ruangan di rumah, terutama di area yang sering menjadi tempat berlalu lalang tidak menghalangi langkah orang yang melewatinya. Pastikan semua kursi dan meja ada di tempatnya dan tidak ada benda-benda seperti mainan anak-anak berserakan di lantai. Siapa yang sering menginjak barang yang tergeletak di lantai dan kesakitan karenanya? Anda bisa menghindari hal ini!

5. Ruang kerja yang bersih

 Ruang Kerja by BoConcept Germany GmbH
BoConcept Germany GmbH

Cupertino Schreibtisch

BoConcept Germany GmbH

Anda mungkin memiliki meja tempat kerja di rumah yang biasa Anda gunakan untuk aktivitas pekerjaan yang Anda lakukan. Pastikan sebelum tidur, area ini sudah rapi kembali, bebas dari kertas-kertas yang tidak terpakai, tidak berdebu dan rapi untuk menyambut Anda kembali bekerja keesokan hari. Cabut semua aliran listrik dan kabel-kabel yang bergelimpangan dan pastikan terdapat area bekerja yang nyaman untuk Anda.

6. Persiapkan pakaian yang akan Anda kenakan keesokan hari

 Household by Casa de Valentina
Casa de Valentina

LAVANDERIA ORGANIZADA

Casa de Valentina

Sebelum Anda tidur, tidak sulit rasanya untuk Anda memilih dan mempersiapkan pakaian yang akan Anda kenakan keesokan hari. Gantung pakaian di gantungan yang ada di kamar, sehingga saat Anda harus bersiap-siap, Anda tidak perlu direpotkan lagi dengan kegiatan memilih baju.

7. Merapikan cucian baju kotor

modern Bathroom by Asia Dragon
Asia Dragon

Mobel Oak Laundry Bin

Asia Dragon

Jangan pergi tidur dan meninggalkan baju kotor menumpuk dan berantakan. Satukan baju kotor dalam satu wadah untuk digunakan oleh seluruh keluarga di dalam kamar mandi atau di area yang mudah dijangkau segera setelah berganti baju. Jangan meninggalkan cucian baju kotor begitu saja di sandaran kursi atau di tempat tidur.

8. Persiapkan to do list

Tidak ada orang yang sempurna dan sanggup mengingat semua hal yang harus dilakukan tanpa ada sedikitpun yang terlewatkan. Apalagi di saat ada begitu banyak hal yang harus Anda urus dan selesaikan, Anda membutuhkan daftar hal-hal yang harus Anda lakukan. Jika Anda bisa mempersiapkan daftar hal yang perlu Anda lakukan keesokan harinya, maka Anda bisa beristirahat dengan lebih nyaman tanpa was-was akan kelupaan sesuatu. Anda dapat membuat daftar di dalam handphone Anda atau di papan tulis di rumah yang bisa dilihat.

9. Letakkan pakaian yang masih ingin dipakai lagi di tempat khusus

 Ruang Ganti by homify

Tidak semua baju yang baru saja Anda kenakan akan langsung Anda cuci. Tapi bukan berarti Anda kemudian dapat meninggalkannya di sembarang tempat seperti di sandaran kursi atau di sofa dan tempat tidur. Sebelum berganti baju tidur, letakkan baju yang masih mau Anda kenakan pada gantungan dan letakkan di area khusus di mana baju dapat dilipat dengan rapi. 

10. Hindari menatap layar apapun sebelum tidur. Saat tidur adalah saat istirahat penuh di mana Anda membutuhkan tubuh untuk dapat rileks sepenuhnya.

modern Study/office by homify

Sudah terbukti aktivitas menatap layar handphone sesaat sebelum tidur merupakan kebiasaan buruk yang membuat Anda makin sulit tidur dan membuat tubuh Anda terpapar radiasi, polusi suara atau cahaya. Jika memungkinkan, janganlah menggunakan peralatan elektronik apapun menjelang tidur, terutama saat telah berada di atas tempat tidur.

Jika Anda tidak kuasa menahan godaan memainkan handphone sebelum tidur, setidaknya hindari meletakkan handphone terlalu dekat dengan Anda menjelang tidur.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!