Ruang Makan by Boite Maison

6 Trik Desain Ulang Agar Rumah Lekas Terjual

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Desain ulang rumah (home staging) biasa dilakukan para pemilik rumah yang hendak menjual rumah mereka. Tujuannya agar rumah mereka tampil lebih menarik bagi para calon pembeli dan lekas terjual. Bisnis desain ulang rumah yang mulai berkembang sejak 1980an telah merambah hampir di seluruh dunia. Para arsitek, desainer, dan agen real estate juga menggunakan trik ini untuk menyulap penampilan gedung atau fasilitas yang hendak dijual atau disewakan. Statistik menunjukkan bahwa desain ulang rumah juga mampu mendongkrak nilai properti Anda. Namun ini sangat tergantung dari estetika dan fungsionalitas desain ulang rumah yang Anda terapkan. 

Apa sih rahasia desain ulang rumah yang paling mujarab? Artikel berikut akan mengungkapnya untuk Anda. 

1. Catat empat kata kunci

Saat mendesain ulang atau mendekorasi ulang sebuah rumah, penting untuk mengingat empat hal berikut: 

1. Ruang/ Keteraturan. 

Agar suatu ruangan tampak lebih lapang, keteraturan harus diciptakan. Suatu hal remeh? Coba atur rapi semua perabot Anda, dan rasakan bedanya! 

2. Warna 

Warna adalah senjata andalan dalam desain ulang rumah. Dengan menggunakan berbagai nada dan kombinasi warna, kita dapat meningkatkan kedalaman dan persepsi ruang. 

3. Pencahayaan 

Cahaya selalu menjadi bahan pertimbangan saat seseorang memutuskan membeli rumah. Pemilihan tirai juga perlu diperhatikan. Tirai sebaiknya bisa melindungi privasi, namun tidak membuat suasana di dalam rumah menjadi gelap. 

4. Tekstil 

Tekstil berwarna cerah besar pengaruhnya bagi ruangan Anda. Nuansa hangat dan stylish bisa didapatkan dengan menggunakan sofa, bantal kursi, tirai, dan karpet yang serasi satu sama lain. 

2. Daur ulang barang bekas atau furnitur lama

rustic Bedroom by Biogibson
Biogibson

Recamara con madera ecológica

Biogibson

Kita semua tahu pentingnya membersihkan rumah dari perabotan yang telah kuno dan usang, yaitu agar rumah terasa lebih lapang. Namun, beberapa desainer justru memanfaatkan perabotan usang ini untuk mendesain ulang rumah. Dengan mencat atau memfurnish ulang, barang-barang tak terpakai bisa kembali berguna. 

Palet kayu yang telah didaur ulang, misalnya, menjadi elemen dekorasi yang bisa membuat rumah tampak lebih menawan. 

Baca juga: 

10 Ide Daur Ulang Barang Bekas Untuk Taman Anda

3. Memadukan beberapa gaya interior

 Ruang Makan by Boite Maison
Boite Maison

Home staging villa sul lago – La sala da pranzo

Boite Maison

Melakukan desain ulang rumah tidak memerlukan furnitur baru yang mahal harganya. Keberhasilan desain ulang rumah terletak pada kemampuan memanfaatkan elemen yang tersedia, agar tercipta suasana dan atmosfer modern dan menyenangkan. 

Pada contoh ini ada beberapa elemen yang dipilih secara teliti agar tercipta gaya ekletik sempurna. Jangan ragu untuk memadukan unsur lama dan baru. 

4. Cermat biaya

Seperti yang telah disebutkan di atas, desain ulang rumah bisa meningkatkan nilai rumah atau properti yang hendak dijual atau disewakan. Secara umu bisa kami jelaskan bahwa desain ulang rumah bisa meningkatkan 1% sampai 3% dari total nilai properti atau 1% sampai 2% dari biaya sewa bulanan. 

Selain properti akan lebih cepat dilirik orang, desain ulang rumah juga meningkatkan keuntungan dalam jangka panjang. 

5. Tidak berlebihan

Tujuan desain ulang rumah adalah untuk menarik calon pembeli sebanyak mungkin. Lebih baik pilih nuansa netral dan gaya yang bisa diterima masyarakat. Hindari terlalu banyak detil yang membuat rumah tampil rustic atau kontemporer. 

6. Memasang foto terbaik

Saat memasang foto rumah dalam iklan di koran atau internet, kita ingin calon pembeli datang untuk melihatnya sendiri. Saran kami: 

1. Pasang foto ruang keluarga agar calon pembeli tahu seperti apa suasana di dalam rumah
2. Tata meja makan di ruang makan agar rumah tampak hangat dan mengundang untuk bersantai
3. Fokus pada detil kamar mandi seperti wastafel, keran, dan cermin
4. Jangan lupa menonjolkan keunikan rumah, misalnya kolam, taman, atau halaman belakang. 

Baca juga: 

Ide Jitu Untuk Menambah Nilai Jual Rumah Berukuran Kecil

Apakah Anda melakukan desain ulang sebelum menjual rumah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!