Taman by  Sophie Durin | Empreinte Paysagère

8 Desain Kebun yang Cantik!

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Kita semua, tentu ingin memiliki sebuah kebun atau halaman yang dapat benar-benar kita nikmati. Dan untuk mewujudkannya, dekorasi eksterior serta perencanaan taman, merupakan elemen penting untuk bisa memberikan kehidupan pada sebuah ruang yang menyenangkan dan juga indah, di mana Anda dapat benar-benar merasa nyaman. 

Dan dalam merancang sebuah taman atau teras, Anda juga harus memikirkan mengenai pendistribusian dari berbagai ruang yang ada di luar rumah Anda. Menambahkan tanaman yang eksotis, misalnya, bisa menjadi ide yang bagus untuk menciptakan taman dengan sentuhan tropis. 

Dan dalam Buku Ide kali ini, kami menyodorkan beberapa ide serta saran tentang bagaimana membuat sebuah kebun dengan benar. Silahkan simak baik-baik, pilih yang Anda suka, lalu praktekkan, ciptakan! 

1. Nyaman Seperti di Dalam Rumah

Untuk menghasilkan sebuah taman modern dengan gaya mediterania seperti ini, perancang proyek ini telah menciptakan sebuah area luar ruangan yang megah, dengan kolam renang dan area lounge-nya, yang menawarkan segala bentuk kenyamanan. Ia juga menyelesaikan karyanya dengan menciptakan ruang untuk bunga-bunga, dan hiasan eksterior rumah. 

Gagasan di balik proyek ini, adalah menciptakan taman yang bagus seperti ruang keluarga atau ruang makan di dalam rumah. Tidak ada detil yang terbuang, perabotan, pencahayaan, kolam renang dan desain keseluruhannya, benar-benar memanfaatkan semua keuntungan yang bisa diambil dari ruang luar rumah.

2. Desain Teras dengan Tamannya

Saat Anda ingin menata kebun, Anda bisa memulainya dari merencanakan terasnya, lalu memilih jenis lantai yang akan memberikan gambaran keseluruhan untuk kebun Anda. Dan sebagai contoh, Anda dapat mengambil inspirasi dari budaya-budaya lain seperti oriental, mediterania dan lain sebagainya.

Pada kebun ini sendiri, perancangnya menempatkan sebuah pohon zaitun di tengah-tengah teras, pada dek kayunya. Piihan ini diambil karena pohon zaitun memiliki tampilan yang modis, dan dapat menghias kebun Anda dengan cara yang unik. Selain itu pertumbuhannya lambat – sehingga tidak merepotkan untuk memeliharanya – dan tidak merusak ruang.

3. Penuh Hiasan Eksterior

Jika Anda ingin menciptakan suasana atau nuansa tropis pada ruang hijau Anda, maka Anda dapat memilih tanaman yang eksotis, yang dapat memperkaya rancangan kebun Anda. 

Pada contoh ini, kita dapat melihat warna putih menyoroti semua detil yang pada taman seperti kayu, pencahayaan dan juga tanaman. Sedangkan jalan setapaknya yang terbuat dari kayu dan kontras dengan bebatuan hitam di sekelilingnya, akan menarik Anda untuk menjelajahi area ini.

4. Kebun Alami

 Taman by JARDIN GECKO
JARDIN GECKO

Une allée comme un chemin à la campagne

JARDIN GECKO

Untuk menghindari desain yang dipaksakan dan akhirnya malah membuat tidak nyaman, kami menyarankan untuk membuat area yang lebih alami. Perhatikan contoh ini, di mana perancangnya telah menciptakan sebuah kebun kering yang alami, seperti yang biasa kita temui di daerah-daerah pedesaan. 

Kita juga dapat melihat keindahan dari akses menuju rumah yang juga natural, dengan berbagai bunga di sisi-sisinya. Ide ini sangat fantastis untuk mempercantik rumah dengan gaya rural atau rustic. Idenya adalah menciptakan pemandangan sealami dan seliar mungkin, seolah-olah tidak ada hasil pekerjaan tangan manusia di baliknya.

5. Air Mancur di Tengah-tengah Taman

Untuk menyempurnakan perencanaan kebun Anda dan membuatnya tampil benar-benar luar biasa, kami menyarankan untuk memasang sebuah air mancur. Gaya dan bahannya silahkan disesuaikan dengan keinginan Anda, untuk menjaga keharmonisan dengan keseluruhan tampilan taman dan teras Anda.

6. Desain Taman yang Ramping

Salah satu trik untuk menciptakan pergerakan pada kebun Anda, adalah dengan memainkan ukuran garis dan bentuk furnitur, serta semak-semak yang dapat membentuk lingkungan luar Anda. Alih-alih ukuran yang benar-benar simetris dan dengan perabotan yang sama, Anda bisa membawa kedinamisan dengan bentuk dan bahan perabotan yang berbeda antara satu dengan lainnya.

7. Sebuah Kebun untuk Mempercantik Rumah

Taman yang paling indah, adalah taman yang bisa menghargai rumah Anda. Dan untuk mewujudkan hal ini, Anda harus memastikan bahwa layout taman Anda, tidak terlalu berlawan dengan pembawaan rumah Anda. 

Baik dari bentuk dan warnanya, pilihlah tanaman dan semak-semak yang mengacu pada sebuah gaya kebun tertentu. Dan untuk furnitur outdoor dan desain-desainnya seperti pergola atau teras, pastikan Anda memilih struktur yang sama dan sesuai dengan gaya rumah Anda.

8. Hubungan Antara Bahan-bahan Mineral dan Tumbuhan

 Taman by Meero
Meero

Photo immobilière

Meero

Dan terakhir, untuk benar-benar memberi bentuk tubuh pada kebun Anda, Anda bisa dengan hati-hati menyelingi berbagai zona Anda dengan berbagai bahan mineral dan tumbuhan seperti beton, kayu, batu, rumput dan keramik. 

Idenya adalah membuat sebuah desain yang memungkinkan Anda menikmati kebun Anda dengan nyaman, tanpa melupakan lingkungan yang alami. 

Desain mana yang paling menarik perhatian Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!